Rabu, 24 Januari 2018

Kurangi Pengangguran Lintas Usia Melalui Program Gratis BBPLK Bekasi



Meningkatkan Keterampilan

Kejar paket A, B, C yang mamih ucapkan semangat ketika mengerahui ada beberapa remaja yang sering main kerumah ternyata banyak yang belum tamat SMA bahkan SMP. Ironi mendengarnya apalagi mamih kadang suka menyepelekan pekerjaan rumah, melihat tumpukan pakaian setrikaan yang baru membukit saja sudah lesu lengan terasa lemas.





Kumpulan remaja yang masih sangat produktif, berusia 17-22 tahun memang memiliki kendala ekonomi, jadi mereka tidak menyelesaikan sekolah dan memilih untuk langsung bekerja.

Tapiiiiii.....

Tanpa sertifikasi atau keterampilan yang memadai bagaimana bisa mendapatkan sebuah pekerjaan yang sejahtera ?? Jujur mamih yang mengenyam pendidikan hingga bangku kuliah merasa kurang banget untuk bersaing dalam dunia global. Jangankan berbicara pekerjaan, ilmu dan keterampilan saja belum banyak terlihat, kalau ada 9 kecerdasan dalam setiap manusia entah mamih bagaimana mengukur kecerdasan ini salam diri mamih.


Bosan yang membuka kekurangan pribadi, balik kemasalah anak muda atau remaja tadi, mamih merasa bagaimana yah sudah mengetahui hal ini ada di depan mata tapi tidak bisa melakjukan sesuatu untuk menolong mereka. Mamih hanya takut mereka terjerumus ke dalam perilaku "mengerikan", karena faktor ekonomi menjadi alasan kuat untuk menyeret mereka, jangan sampai Ya Allah.

Ya mereka memang mayoritas "penonton bayaran" tapi bukan berarti mereka miskin keterampilan, pelan-pelan mamih mengajak mengobrol dan kepo haha. Ternyata ada yang bisa memperbaiki listrik, utak-atik motor juga komputet yang setipe hobinya sama kaya papih bongkar pasang, asal bisa di pasangnya lagi bukan bongkar aja hahaha.

Untuk meningkatkan pendapatan, dimulai meningkatkan keterampilan dan perlahan anak-anak tersebut mamih manfaatkan kalau ada "campaign" untuk belajar membuat caption dan posting di sosial media hehe.

Tapi seleksi alam dan persaingan sengit akan melibas bagi mereka yang tertinggal dalam teknologi atau pendidikan kurang, mau tidak mau harus never ending learning (apa sih gaya banget ini).

Itu yang masih muda, bagaimana kalau sudah berumur ??? Ada beberapa orang yang mamih kenal dan memiliki umur matang hanya mengandalkan pekerjaan yang tidak pasti dan lagi-lagi tergerus karena tidak memiliki sertifikasi keahlian dan minim  keterampilan. Ada yang bilang juga pendidikkan adalah sebuah senjata, kalau kamu memiliki ilmu, keterampilan akan tetap bisa bertahan dengan terus belajar.


Apa solusinya ????

Salah satu ruang praktek yanh sudah modern dan fasilitasnya lengkap


BBPLK Bekasi dari Kementerian Ketenagakerjaan

Kabar baik dan berfaedah datang dari WAG atau Whatsapp Grup (kekinian kan), tidak melulu WAG itu negatif dan share hoax, WAG ini selalu update berita positif dan informatif.


Salah satunya mengenai informasi pembukaan pelatihan kerja gratis untuk masyarakat. Mamih mendapatkan kesempatan dari WAG Blogger Depok City untuk menghadiri pembukaan dan blogger gathering untuk menyebarluaskan informasi menarik ini.


Bagian depan BLK Bekasi


Ketika mamih datang sungguh sangat terpesona dengan tampilan gedung, tata ruang, dekorasi modern cantik, yang pasti nyaman dan sangat instagramable, kalau ruang pelatihannya dan suasananya nyaman tentu peserra tang berlatih juga semakin tekun.

Kita harus berubah atau kalah

Sangat masuk logika, apalagi pemerintah semakin bersinergu memberika fasilitas dan ruang yang modern untuk pelatihan.


BBPLK Bekasi sendiri memiliki tantangan yang harus dapat dilalui, Biaya, SDM, Publikasi BLK.

Biaya sendiri termasuk operasional, perawatan dan kepentingan dalam pengelola seluruh program kegiatan yang harus diatur agar dapat sesuai target yang dicapai.

SDM meliputi tenaga untuk pengajar atau instruktur, juga ahli yang bisa selalu update untuk meningkatkan kompetensi para peserta. Ditambah pula perangkat kerjanyang bernaung di bawahbtanggung jawab BBPLK harus terus ditingkatkan kapasitas setiap pegawai.

Publikasi BLK , Sudah semenjak lama BLK ini berdiri, tapi masih banyak masyarakat yang belum paham dan mengenal mengenaik BBPLK Bekasi. Mungkin sudah ada yang pernah ikut berlatih tetapi di daerah yang bukan merupakan binaan langsung dari Kementerian. Untuk itu diperlukan partisipasi masyarakat, blogger dan netizen untuk bersama menyebarkan informasi bermanfaat ini.

Media sosial yang penuh dengan informasi bisa dimanfaatkan sebagai media dalam meninternalisasi sebuah pemberitahuan yang menjadi kesempatan bagi masyarakat yang ingin berlatih dan meningkatkan kompetensi serta.kesejahteraan hidupnya.

Program BLK

Re-Orientasi __ Re-Vitalisasi__ Re-Branding


Dengan adanya 3 R dari BLK diharapkan pembinaan kejuruan, instruktur, kualitas dan peningkatan image akan lebih terarah dann mudah.

Blogger melakukan live tweet : menyebarkan langsung informasi hingga trending topic


BBPLK Bekasi atau dulu mamih tahunya BLK yang merupakan wadah pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan kinerja SDM di Indonesia yang di sediakan Pemerintah kini tampil makin modern.

Lebih dari 600 peserta yang bisa ikut pelatihan di tempat dengan fasilitas memadai ini. Mulai dari ilmu peningkatan keterampilan, sertifikat, makan, transport, asrama juga ruang belajar serta ruang praktek yang selalu update.

Sayang kan kalau informasi ini tidak disebarluaskan. Syaratnya apa saja ??? 

Foto kopi KTP, Ijasah Terakhir, Pas Photo, sehat jasmani dan rohani, lulus tes seleksi. Pendaftarannya bisa di hari dan jam kerja loh.

Calon peserta dan pelatihan bisa mendaftar di Kios 3in1 BBPLK Bekasi : 08159171717 dan 085711070057. Bisa langsunh datang juga ke BLK Bekasi di Jl. Guntur Raya no 1 kayuringin jaya, Bekasi Selatan. Tidak jauh dari stasiun Bekasi dan bisa loh jalan kaki, karena mamih praktekin sendiri berjalan dari BLK ke stasiun Bekasi, dapat sehatnya juga kan.

Keuntungannya 

Salah satu kamar hotel yang merupakan media untuk peserta pelatihan Perhotelan


Jika kamu berhasil menjadi peserta akan mendapatkan fasilitas transport, asrama (bagi yang boarding), makan, pakaian kerja, asuransi juga sertifikat.  Termasuk ilmu dan keterampilan yang yang terus bisa dipupuk di BLK Bekasi. 

Karena ruang kelas dan prakter sudah sangat memadai jadi diharapkan setiap peserta bisa fokus menuntaskan pelatihan.

Ada 4 program pelatihan
1. Teknologi Informasi (12 jurusan)
2. Teknik Elektronika (7 jurusan)
3. Refrigeration (3 jurusan)
4. Perhotelan (3 jurusan)


Kepala BBPLK Bekasi Helmiati Basri mengatakan pelatihan kerja ini merupakan wujud nyata program perluasan kesempatan kerja melalui pembinaan pelatihan keterampilan kerja pada masyarakat sekaligus upaya mempercepat pengurangan pengangguran.


“Pemerintah mempercepat pelaksanaan program pelatihan berbasis kompetensi untuk meningkatkan penguatan kualitas dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia,” kata BBPLK Bekasi Helmiati Basri saat membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Tahap I Tahun 2018 di BBPLK.


Pembukaan PBK ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Helmiati Basri secara simbolis kepada empat peserta PBK yang berasal dari empat kejuruan yaitu bidang elektronika, teknologi informasi dan Komunikasi (TIK), refrigeration (mesin pendingin), serta pariwisata.


Dalam arahannya di depan 576 peserta progran PBK, Helmiati mengatakan program ini dapat dimaknai sebagai upaya pemberian kemampuan pelatihan kerja kepada warga masyarakat yang memerlukan keterampilan sebagai bekal untuk bekerja atau berwirausaha.


Menurut Helmiati, pada era globalisasi saat ini, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat. Hampir setiap saat perubahan itu terjadi pada setiap sektor kehidupan masyarakat.
Sementara di sisi lain, disepakatinya Kawasan Perdagangan Bebas Asean atau bahkan Asia dan juga memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menjadi permasalahan sekaligus tantangan tersendiri yang harus dihadapi bersama.



"Kita optimis bahwa dengan mendapatkan pelatihan ini, para peserta nantinya akan dapat sukses dan memiliki skill untuk menjadi calon tenaga kerja terampil dan lebih dapat diterima oleh dunia industri, " ujarnya.


Helmiati menambahkan untuk membekali kalian peserta PBK, pihaknya menerapkan tidak hanya dari sisi kemampuan teknis semata (hard skill), tapi juga akan dibekali wawasan industri, etika dan motivasi atau softskill berupa kemampuan interpersonal.

Cusssss.........

Bisa kerahkan diri untuk meningkatkan kemampuan di 2018.

Informasi lengkap di Instagram @BBPLK_Kemnaker jangan lupa follow ya.




10 komentar:

  1. Kita mesti berubah. Jadi, usia berapapun kalo memang layak, hajar untuk mengenyam keterampilan apapun selagi bisa. BBPLK ini pas banget saya pikir untuk kemajuan dan mengurangi Pengangguran. Salut.

    BalasHapus
  2. Ibu Helmiati ini kesan pertama saya menilainya keren ya, bahasa sekarangnya "kekinian". Emang kalau BLK gak berubah, maka ya susah bikin org percaya kalau BLK bisa lho kasi mereka keterampilan, sertifikasi, dll
    Sukses terus buat perubahan BLK Bekasi, moga menyusul BLK lainnya.
    TFS

    BalasHapus
  3. enaknya ikut pelatihan di BBPLK Bekasi, sudah gratis dapat ilmu dan bisa disalurkan

    BalasHapus
  4. Semoga membuka mata anak-anak muda yang mimpinya terlalu tinggi tapi nggak punya kemampuan dan keahlian ya, ikutan pelatihan kompetensi dan dan dapat sertifikat buat modal kerja.

    BalasHapus
  5. Informasi ini bagus bangat Mba, semoga masyarakat banyak yang memanfaatkan kesempatan ini untuk mengasah keterampililannya untuk dapat pekerjaan impian.

    BalasHapus
  6. Setelah berkunjung ke sini ini jadi terlintas dipikiran untuk memberikan informasi berfaedah ini ke saudara yang memiliki anak usia remaja agar bisa mengarahkan anaknya menemukan bidang/bakat yang cocok sedini mungkin. Karena zman now bukan hanya cerdas semata yang dibutuhkan tapi juga memiliki keahlian tertentu untuk menciptakan peluang yang baru atau menghasilkan lapangan pekerjaan :)

    BalasHapus
  7. Beneran jadi langkah konkrit buat memangkas jumlah pengangguran ya, keren.

    BalasHapus
  8. Daripada nganggur ga jelas, lebih baik mengasah keterampilan di BBPLK. Udah ada fasilitas gratis seperti ini perlu dimanfaatkan dengan baik.

    BalasHapus
  9. alhamdulillah, di daerah saya juga sudah mulai banyak pelatihan dari BBPLK, semoga semakin banyak yang merasakan manfaatnya

    BalasHapus

Follow Us @miramiut