Minggu, 01 Oktober 2017

Bagaimana Mengenal Potensi Anak Usia Dini ?





Sudah tentu saat melahirkan dan menemui buah hati yang dinanti sangatlah moment yang sakral dan berharga. Apalagi saat pengalaman pertama kali melahirkan dengan penuh kecemasan, bercampur rasa senang dan juga tak sabar ingin melihat buah hati



Begitu juga hal bahagia brcampur banyak kekhawatiran yanga ada di benak mamih pada saat mmenggendong Babam, tappi mamih berusaha postif sampai akhirnya bisa menyusui Babam. 

Sampai sekarang Babam 4 tahun mammih masih terus berusaha mngerti anak mamih ini, hahaha. 

Perbedaan Babam dari anak lainnya memang sangat menonjol terlebih klau anak pada dasarnya berbeda-beda perkembangannganya, tetapi sebagai orang tua mamih berusaha untuk mengupayakan pertumbuhan dan perkembangan Babam optimal. 

Saat awal menikah memang sih harus ada seperti perencanaan bagaimana nanti saat mendidik Babam dengan baik dan memberikan bekal untuk bisa hidup tanggu, berahklak dan bernilai. Mamih dan Papaih pernah mengikuti kelass untuk orang tua baru nih, bagaimana menjaga kesehatan sat kehamilan juga setelah melahirkan dan membesarkan buah hati. 

Tapi ya namanya pendidikan dan ilmu nyata harus terus dipelajari terus menerus juga update selalu yah karena pendidikan parenting dan anak juga terus berkembang sesuai jamannya. Selain iku kelas mamih aktif mengikuti artikel dan live chat di media online, harus hati-hati ya moms karena media online juga banyak yang menyebarkan isu tidk benar dan justru memberikan efek terlalu cemas. jadi harus dipilah-pilah lagi nih media online yang beredar dan bertebaran di dunia maya. 

Mamih ikut mengambil informasi dari situs web terpercaya salah satunya Parentingclub.co.id kenapa terpercaya, mulai dari artikel yang seimbang, ahli dan pakar yang jelass kredibilitasnya serta data yang valid. Kebetuln nih kegiatannya juga banyak loh jadi keuntungannya kita bisa konsultasi dan bertemu ahli langsung, contohnya saat kemarin mamih hadir di acara Parenting Club dengan tema mengenal anak usia dini.




 Acaranya jujur membuat mamih sangat antusia apa saja sih kelebihannya mengikuti dan kegiatan yang dihadirkan Parenting Club :


  1. Tempatnya mudah dijangkau 
  2. Ada Playground yang sangat menarik juga dalam playground ada kakak yang mendampingi plus kegiatan untuk ank selama diarea playground, seperti gerak dan lagu, aktifitas fisik dengan bermain, membaca dongeng, dan anak-anak bisa berinteraksi sosial dengan anak lainnya
  3. Materi acaranya menarik 
  4. Makanannya mudah diberikan juga untuk anak-anak 
  5. Gudibeknya membuat orang tua makin kreatif
  6. Dekorasinya tidak menggaggu aktifitas 

 Dalam sebuah acara memang hal-hal diatas penting sih, itu yang terkadang embuat mamih datang ke sebuah acara atau tidak, dalam hal ini materi yang disuguhkan bermanfaat sekali nih terlebih yang memiliki batita atau yang akan meremcanakan memiliki anak juga sedang hamil.




 Apa saja sih ilmu yang dibagikan ??



 1000 hari pertama Kualitas nutrisi dan kesehatan ibu dan anak sejak masa pra kehamilan, masa kehamilan, dan masa menyusui adalah sangat kritis. Siklus 1000 hari dimulai sejak masa kehamilan selama 9 bulan (270 hari) hingga masa kehidupan pertama bayi selama 2 tahun (730 hari).


 Asupan Nutrisi 1000 Hari Pertama Kehidupan Lalu langkah-langkah apa saja yang dapat kita lakukan untuk memenuhi nutrisi 1000 hari pertama kehidupan ini?



 Pada masa pra kehamilan dan kehamilan


1. Berusaha mencapai dan mempertahankan berat badan yang ideal

2. Mengkonsumsi makanan yang cukup dan seimbang
3. Mengkonsumsi makanan sumber asam folat dan suplemen asam folat selama 3 bulan prakehamilan 4. Olahraga teratur
5. Menghindari rokok, kafein dan minuman beralkohol
6. Menikmati masa kehamilan dan berfikir positif


 Pada Masa Melahirkan dan Menyusui


1. lakukan IMD dan Asi Ekslusif

2. Saat 6 bulan berikan MPASI
3. Stimulasi bayi sesuai usianya

 Kemudian materi dilanjutkan bagaimana mengenali prilaku anak usia dini dan membangun potensinya. "Tumbuh kembang si kecil sudah maksimal belum ya?" Pertanyaan ini pastinya sering muncul dalam benak Mam.


 Bahkan, ada orang tua yang sangat cemas saat melihat perkembangan anak 5 tahun lainnya lebih aktif. Perlu Mam ketahui, pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini memang berbeda-beda pada setiap anak. Namun, Mam bisa kok memberikan yang terbaik untuk tumbuh kembang si kecil. Kasih sayang adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak akan berjalan optimal. Anak yang mendapat perhatian serta kasih sayang lebih dari orang tuanya dapat tubuh lebih baik. Perhatian, sentuhan, dan bonding antara orang tua dan anak harus terjalin baik. Ini agar si kecil dapat tumbuh menjadi anak yang penuh percaya diri dan akal pintar. Sebuah konsep kepintaran yang meliputi sinergi Akal, Fisik dan Sosial.





Sinergi kepintaran ini dapat dikembangkan secara optimal dalam periode emas si Kecil dengan memberikan stimulasi dan asupan nutrisi yang tepat untuk dukung sinergi kepintaran yang dimiliki si kecil yaitu:


 1) Akal - meliputi Word smart, Number smart, Picture smart dan Music smart

 2) Fisik - meliputi Body smart dan Nature smart
 3) Sosial - meliputi Self smart dan People smart


 Penting bagi Mam dan Pap untuk mensinergikan 3 kepintaran si Kecil pada periode emasnya. Karena periode emas adalah periode kritis di mana otak si Kecil tumbuh dengan pesat yang hanya terjadi satu kali dalam kehidupannya. Dukung sinergi kepintaran Akal, Fisik dan Sosial si Kecil untuk jadikan pintarnya beda.


 Keberhasilan anak secara garis besar ditopang tiga pilar kepintaran: Akal, Fisik, dan Sosial. Demi lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu.


 Akal Kepintaran akal disebut juga kepintaran mental. Untuk mengembangkannya ada 4 pilar utama, yaitu:




  • bahasa (word smart), 
  • logika-matematika (number smart), 
  • visual (picture smart), dan 
  • alam (nature smart).


Empat pilar itu menopang kemampuan anak berkomunikasi, memecahkan masalah, berpikir jernih, dan kritis. Cara efektif untuk mengembangkan kemampuan bahasa adalah membacakan buku, mengajaknya menceritakan pengalaman.




  • Untuk mengembangkan kemampuan logika matematika, lakukan permainan yang berhubungan dengan bentuk geometri. 
  • Untuk visual, dorong anak mengeksplorasi jiwa seninya, misalnya mengenal dan mencampur warna.
  • Untuk kepintaran alam, ajak si Kecil melihat dan mengenal lingkungannya.



Fisik Kepintaran fisik erat kaitannya dengan body smart anak. Hal ini meliputi melatih perkembangan motorik dan stimulasi pancaindra.


 Cara yang paling efektif adalah lewat permainan. Kenapa permainan? Karena lewat permainan, orang tua membantu anak memiliki rasa percaya diri, lebih kreatif, dan imajinatif. Anak-anak pun akan belajar memahami dan menginterpretasi lingkungan sekelilingnya. Untuk pengembangan fisik yang prima, perhatikan pula asupan gizi dan istirahat seimbang.


 Sosial Pengembangan emosi meliputi pengenalan dan kemampuan mengelola emosi, juga pengembangan karakter dan rasa percaya diri. Pengembangan sosial berarti mengembangkan kemampuan si kecil berinteraksi dengan orang di lingkungannya. Anak yang percaya diri dan punya kesadaran emosi baik mampu berelasi dengan baik pula. Bagaimana cara mengembangkan semua itu? Ajak anak bermain, bergaul dengan teman-teman sebaya. Perlahan-lahan ajari si Kecil mengenai konsep berbagi dan gantian. Jika si Kecil bertengkar dengan temannya, minta dia mengungkapkan perasaan. Ajari dia peka terhadap orang lain serta ajari si Kecil mengenal tanda-tanda saat dia senang atau sedih. Untuk mengembangkan emosi dan sosialnya, si kecil bisa diasah music smart, people smart, dan self smart nya.


Ketiga pilar itu perlu distimulasi dan dikembangkan bersama-sama sejak dini. Tak cukup hanya memberi gizi terbaik kepada si Kecil. Begitu pula, tak cukup kita hanya memperbanyak bacaan untuk si Kecil tetapi mengabaikan kepintaran sosial.



Kenapa demikian? 


Mengembangkan setiap aspek hidup si Kecil agar dia tumbuh utuh ibarat mendirikan fondasi. Fondasi itu dibangun selapis demi selapis agar tak ada lubang. Caranya: lakukan interaksi yang berkualitas dengan si Kecil sesuai tahap perkembangannya. Lakukan stimulasi yang interaktif untuk membentuk jalur utama di otak. Perlu kita ketahui, otak kita bersifat plastis, artinya mudah dibentuk. Kondisi otak paling plastis adalah ketika si Kecil berusia balita. Semua yang dia alami akan mempengaruhi proses berpikir, emosi, dan perilakunya.



 Jadi, stimulasi yang kita berikan akan membentuk struktur otak dan jaringannya. Kini Mam dan Pap memiliki “peta” pegangan untuk membesarkan si Kecil, bukan? Berikan stimulasi untuk ketiga bidang itu agar si kecil menjadi orang dewasa yang utuh. Orang dewasa yang utuh ibarat rumah yang kokoh, mampu menghadapi berbagai tantangan. Selamat bertumbuh bersama si Kecil!



 Babam di Periode emas : 


 Aspek yang dijelaskan diatas tentunya mamih padu padankan dengan kenyataan yang mamih alami dengan hubungan mendidik Babam. Sekarang sudah usia 4 tahun dan memang kami mengalami masa dimana bolak balik dokter untuk konsultasi mengenai permasalahan dan gangguan yang dialami oleh Babam.


Dengan wawasan yang terbuka di jagat maya dan luas mamih menemukan tempat yang nyaman untuk berkonsultasi dalam memberikn intervensi untuk Babam agar ia bisa tumbuh kembang secara optimal. Yang pelu diperhatikan mamih dan papih tetap butuh konsultasi langsung dengan ahli walaupun mamih sudah membaca berbagai artikel dan buku tetap saja harus ada turn tangan ahli agar bisa mendapatkan diagnosa yang tepat.


Adanya berbagai artikel dan screening awal dalam website Parenting Club juga bisa membantu orang tua untuk lebih sigap dan memperhatikan tumbuh kembang si kecil.


 Kenapa ini penting ???? Karena usia awal mendeteksi selaku ahli dan orang tua bisa lebih cepat dalam menangani dan meminimalisir resiko uruk yang terjadi.


Mengetahui diagnosa tepat dan lebih cepat tentu saja bisa memberikan intervensi serta hasil yang semakin baik. terlambat menangani si kecil akan berdampak buruk untuk masa depan si kecil, biarlah anak-anak bisa merasakan nikmatnya hidup di dunia dalam bekal yang mantap diberikan orang tua yang meruupakan ladang utama dan pertama segala ilmu untuk si kecil. Teima kasih telah memberikan sebuah teknologi informasi yang lebih mudah diakses untnuk orang tua sehingga bisa lebih perhatian untuk memberikan pendidikan yang baik juga tepat untuk si kecil.

11 komentar:

  1. Menurutku memang screening awal ini penting banget untuk membantu orangtua mengawasi tumbuh kembang anak. Tapi sayangnya masih banyak juga yang tak melakukan ya mba

    BalasHapus
  2. Selalu suka bahas materi parenting. Dari 4 pilar kayaknya aku di bahasa deh. Hahaha...cocokin. Enak moms zaman now info mengedukasinya banyak banget. Tinggal aplikasiinnya mau apa nggak hehe.

    BalasHapus
  3. Bener mbak, ilmu dan akses informasi itu penting sangattt buat ibu. Apalagi dengan kebutuhan anak yang beda2 itu, ibu harus cerdas dan berilmu donggg.

    BalasHapus
  4. Kepintaran anak tuh mesti bersinergi secara akal, fisik dan sosial ya mbak Mira... Wah..siklus 1000 hari itu ternyata lama banget ya... mulai bayi ada di dalam kandungan, lahir dan menyusui. Makanya nutrisi lengkap harus tercukupi supaya ibu dan bayinya sehat. Makasih infonya mbak. Lengkap nih 😀

    BalasHapus
  5. Sebagai orang tua terutama ibu, memang hrs selalu belajar dan belajar yg tiada habisnya. Mencari info yg terpercaya demi tumbuh kembang anak yg lebih baik. Seperti acara ini, yg sangat menginspirasi dan juga mengedukasi para ibu, terima kasih infonya, semoga bahan terus tumbuh dan menjadi anak yg cerdas sesuai keinginan orang tuanya, amin

    BalasHapus
  6. Wahh Babam makin gemesin, aku juga udah gabung parenting club, harus sering-sering di lihat nih, banyak info bermanfaat

    BalasHapus
  7. Suka dengan kalimat ini, "lewat permainan, orang tua membantu anak memiliki rasa percaya diri, lebih kreatif, dan imajinatif."

    Hmm.. Jadi mau cari tau permainan yg pas buat Adek Fi

    BalasHapus
  8. Aku suka main ke website parentingclub semejak ikutan event talkshow wyeth dulu. Isinya bagus buat ibu2 yg punya bocil ya mbak.

    Iya kalau udah ngenalin potensi anak sejak dini enak ntr ngarahinnya :D

    BalasHapus
  9. Mamiiih semangat terus ya.. Iya sekarang mudah dapat info dari mana aja buat tau perkembangan anak, ya. Jadi makin cepat tau, makin baik untuk mengambil langkah apa kalau ada yang gak sesuai.. Babam semangat juga yaa..

    BalasHapus
  10. Memang butuh screening yang tepat ya buat anak sebelum sekolah. Melalui Streght Finder Tool dari Parenting Club Indonesia orang tua merasa terbantu sekali

    BalasHapus
  11. Babam memang contoh anak cerdas, buktinya kecil-kecil udah jd bintang iklan hehe.
    Thanks infonya ya mbak. Tiga pilar itu memang harus dimiliki seorang anak yg bisa diasah sejak dini

    BalasHapus