Jumat, 11 Agustus 2017

Sysnthesis Ramaikan HUT RI dengan Flasmob Ribuan Penari dan Kolaborasi Seni Nusantara dalam Indonesia Is Me





Warna merah putih memasuki bulan agustus begitu tersebar keseluruh penjuru Indonesia, disetiap rumah juga telah di pasang bendara merah putih. Mamih mulai sibuk mencari pakaian atau kostum yang akan dipakai Babam untuk karnaval nanti memeriahkan perayaan 17 Agutus kemerdakaan RI di sekolah. Kalau tahun lalu Babam menggunakan pakaian profesi pilot mungkin akan berganti di tahun ini.


Mamih jadi ingat pernah mengikuti pawai menggunakan pakaian daerah ketika mengandung Babam, bahkan mamih masih ikut memeriahkan dengan tampil menari Tari Kreasi Betawi yang koreografinya mamih buat bersama teman-teman. Ketika itu mamih masih aktif sekali menari dari pagi hingga malam bahkan kadang tengah malam mamih masih berlatih menari. 

Begitu cinta akan kesenian daerah yang memiliki arti penting untuk membantu memotivasi dan meningkatkan keselarasan hidup bagi mamih. Karena karya dan budaya di Indonesia tidak hanya untuk hiburan semata yang digelar dan dipertontonkan dengan keindahan warnawarna dan aksesoris kostum. Tetapi tari tradisonal segala lingkup nilai estetis didalamnya memiliki arti, makna, pesan yang menjadi media seniman kepada penikmat.

Semasa kuliah juga selalu aktif dalam dunia tari, walaupun sudah lama tidak menari mamih selalu mendukung kegiatan kesenian tradisional dan selalu bangga akan kekayaan budaya nusantara. Hal ini mennjadi sebuah kebanggaan dan senangnya luar biasa ketika mendapatkan undangan untuk berpartisipasi mengikuti semarak acara yang akan digelar mulai dari 13-20 agustus, selain aka nada ribuan orang yang menari serempak, akan ada berbagai rangkaian pertunjukan seni persembahan dari Synthesis.



Indonesia Is Me : Kriya Nagri

Indonesia Is Me atau bisa disebut juga Indonesiaisme kembali diadakan oleh Synthesis Development pada Agustus 2017. Tema yang diangkat tahun ini adalah Kriya Nagri yang dilatari kondisi bahwa masih minimmya pendidikan dan informasi tentang budaya Indonesia, masih kurangnya apresiasi terhadap budaya dan kreativitas lokal, adanya krisis identitas dari beberapa kalangan, lalu banyak juga yang belum tahu bahwa ada beberapa tokoh Indonesia yang karyanya lebih mendapat apresiasi dari mancanegara padahal karyanya terinspirasi oleh kekayaan Indonesia dan memberikan perubahan positif bagi masyarakat di Indonesia.


Mamih sangat antusias dan tertarik mendengarkan serangkaian penjelasan mulai dari latar belakang, pengisi acara hingga detail acaranya, mamih  juga bertanya dalam pertemuan kemarin, memang dari Synthesis telah memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat Indonesia, selain acara yang digelar setiap tahun, Synthesis menggulurkan bantuan untuk beberapa petani kopi juga peternak babi.

Tahun 2017 adalah tahun ke 3 Synthesis Development menggelar Indonesia Is Me. Latar belakang rangkaian acara Indonesia Is Me, terkait dengan tema Kriya Nagri yang dipilih. “Berbeda dari Indonesia Is Me di tahun 2015 dan 2016 yang bertema aktivitas olahraga dan kesehatan, tahun 2017 kami ingin mengangkat aktivitas budaya, seni dan tokoh – tokoh inspiratif yang sudah menjadi agen perubahan positif di Indonesia ini dari beberapa sektor,” kata Budi.

Tujuan

Tujuan menggelar sebuah kampanye Indonesia Is Me adalah Synthesis Development ingin menghadirkan informasi tentang warisan Indonesia dan karya bangsa melalui permainan augmented reality, penampilan seni, dan beragam aktivitas kreatif lainnya. Synthesis Development juga ingin berperan dalam berbagi informasi tentang kekayaan Indonesia melalui beragam aktivitas dan para tokoh inspiratif yang dihadirkan.
“Selain itu objektif kami menggelar Indonesia Is Me adalah, Synthesis Development ingin makin mendapat kepercayaan publik sebagai pengembang yang tidak sekedar membuat bangunan. Tetapi kami menciptakan ruang. Ruang untuk berkarya, berinovasi, serta ruang untuk membantu menciptakan kualitas hidup yang lebih baik bagi semua orang. 
Kami juga ingin dikenal sebagai developer yang tidak hanya memadukan beragam keahlian terbaik, untuk menciptakan produk yang berkualitas, tetapi kami membangun kepercayaan, untuk bersama-sama tumbuh dan berkembang, berpadu dengan nilai-nilai kebajikan yang tumbuh dan menjadi besar, bersama publik,” papar Budi.
Bersamangat nara sumber menyambaikan paparan acara yang akan di gelar ada berbagai penampilah dari para aktris khus untuk acara ini, selain itu juga aka nada peragaan busa juga pameran foto yang di garap layaknya editorial dalam mengungkap arti kemerdekaan dari lintas profesi.

Rangkaian Acara
Indonesia Is Me ke 3 ini akan berlangsung dengan 2 program besar yaitu :
Tunjukan Indonesiamu, merupakan aksi pembuka Indonesia Is Me yang akan diadakan pada 13 Agustus 2017 di Car Free Day FX Sudirman Jakarta pk.07.00 – 9.00, dijelaskan oleh Fianty R Gosal, Project and Operation Director Synthesis Development
Nantinya, dalam acara tersebut akan ada 2000 penari yang akan flashmob beragam tarian tradisional dari ujung barat sumatera sampai ujung timur Papua. cara ini merupakan aksi pembuka Indonesia Is Me.
Dilanjutkan dengan rangkaian Synthesis Kriya Nagri #PestaMerdeka pada Selasa 15 Agustus 2017 – Minggu, 20 Agustus 2017 di Grand Atrium Kota Kasablanka Jakarta, diantaranya “Loka Nusantara”yang merupakan permainanan Augmented Reality tema Indonesia, “Gending Etnik” pagelaran seni dan tarian tradisional, “Belantara Budaya” Diskusi budaya, seni dan beragam warisan Indonesia, Fashion Performance Art bertema TIRAKAT dari Lulu Lutfi Labibi dan akan hadir juga para tokoh inspiratif Indonesia yang aksinya telah membuat perubahan seperti: Diah Kusumawardani Wijayanti, Pendiri Belantara Budaya Indonesia Sekolah Tari dan Musik Gratis; Nila Tanzil, pendiri Taman Bacaan Pelangi, perpustakaan gratis untuk anak-anak di Indonesia Timur; Nezatullah Ramadhan, Pendiri Nara Kreatif yang komitmen mendorong Kemandirian Anak-Anak Jalanan dan Aling Nurnaluri, Pendiri Salam Rancage, Pendekar di Atas Koran Bekas.

“Untuk mewujudkan rangkaian acara Indonesia Is Me – Synthesis Kriya Nagri yang memiliki nilai lebih, Synthesis Development berkolaborasi dengan Yayasan Belantara Budaya Indonesia dan Lulu Lutfi Labibi,” jelas Fianty.

Yang sangat menarik selain beragam kegiatan, sebagai pengembang yang selalu ingin berbeda Synthesis Development juga menghadirkan program yang disebut Pesta Merdeka. Dalam program ini akan dihadirkan promo beli 1 apartemen gratis 1 apartemen, bebas service charge selama 3 tahun, dan bebas biaya peralihan. Beragam undian berhadiah pun bisa diikuti oleh pengunjung yang hadir dan beraktivitas di semua kegiatan Indonesia Is Me,” tambah Fianty.

Ayo tunjukkan Indonesia mu dengan berpartisipasi mengikuti berbagai acara yang begitu semarak, menghibur, juga sangat bermanfaat untuk melestarikan hasil kekayaan dan budaya Indonesia.
Sampai jumpa yah di venue acara nanti



Jadwal acara :
Jumat, 11 Agustus 2017
Press Conference 'Indonesia Is Me"
Minggu, 13 Agustus 2017
Tunjukkan Indonesiamu!
Selasa, 15 Agustus 2017
Pesona Kopi dan Cokelat Indonesia
Pagelaran Tari
Rabu, 16 Agustus 2017
Rumahku Budayaku
Pagelaran Tari
Kamis, 17 Agustus 2017
Pagelaran Wayang Kulit dan Tembang Jawa Kuno Dalang Cilik Bayu Ananta
Pagelaran Tari
Jumat, 18 Agustus 2017
Bincang Sore "Jelita Nagri"
Pagelaran Tari
Sabtu, 19 Agustus 2017
TIRAKAT by Lulu Lutfi Labibi
Minggu, 20 Agustus 2017
Bincang Minggu Pagi : INVESTASI MASA KINI
InspirAksi bersama Andi F Noya dan rekan
Pengumuman Undian
Penampilan dari Orkesta Negeri "The Brother"
Pagelaran Tari


5 komentar:

  1. Ayoo merihkan mamih, ajak babam lelarian samabil nari-nari yuk :)

    BalasHapus
  2. Makasih infonya Mba Mira

    BalasHapus
  3. wah banyak banget kegiatannya mbak, sukses ya

    BalasHapus
  4. di jogja juga banyak sekali acara mendekati bulan agustus ini, loma lomba pun juga banyak banget ya

    BalasHapus
  5. ini sepertinya hampir tiap tahun ya Synthesis membuat program Indonesia is Me, keren ya nasionalis sejati..

    BalasHapus