Rabu, 07 Juni 2017

Persiapan Mental Bunda dan Informasi Penting untuk Mudik Bersama Sikecil




“Investasi dalam perjalanan adalah investasi pada diri sendiri. Inilah yang akan kamu dapat. Investasi pengalaman dan pengetahuan”.
Quote dari Matthew Karsten yang dalam bahasa inggris Investment in travel is an investment in yourself.



Sama halnya dengan melakukan sebuah perjalanan yang panjang dan dengan jarak tempuh dalam berbagai kondisi untuk meningkatkan karakter diri menjadi lebih mapan secara mental. Itu pula ketika mamih memiliki anak ingin sekali bersamanya mengajak berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam mengenal medan juga tekstur daerah agar ia lebih peka, mandiri dan tahan banting.


Wahh jauh banget yah padahal waktu perjalanan jauh bersama Babam dengan naik transportasi umum itu tepat saat Babam berusia 6 bulan dan bagaimana rasanya campur aduk, apalagi ketika kami berada dalam bus dengan AC alam dan penuh sesak. Kasihan sih sama Babam apalagi sampai keringetnya itu basah ke baju-baju. Tetapi pengalaman berkesan tentu saja di dapat dan mamih papih selaku orang tua jadi bisa lebih mensiasati jika akan melakukan perjalanan bersama kembali.


Ternyata ketika mamih berharap usia Babam bertambah akan semakin mudah untuk diajak pergi, tetapi memang keadaan berbicara lain, sehingga kami bisa lebih memutar otak agar selama perjalanan bersama keluarga dirassa nyaman dinikmati dengan senyuman.

Sudah sering sih akhirnya kita berpergian melalui jalan darat, dan yang paling lama itu waktu tempuh sekitar 18 jam, dan itu memang kita melakukan beberapa kali istirahat. Ketika memasuki liburan panjang apalagi akan mendekati hari raya lebaran tentunya semakin deg-degan juga orang tua yang berjibaku untuk mempersiapkan ketika akan melakukan perjalanan mudik.

Perjalanan mudik biasa rutin dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang ingin berkumpul dikampung halaman ketika hari raya tiba, paling memuncak dan klimak sih saat menjelang hari raya Idul Fitri.

Sikap sebagai orang tua yang harus dipersiapkan selama nanti perjalanan, sebagai orangtua harus bisa lebih mawas diri, sabar dan mengerti akan kondisi angota keluarga dan selama di perjalanan. Bisa dipahami ketika dalam kondisi hamil atau meiliki balita dan memiliki anak-anak kondisi selama perjalanan akan lebih merepotkan. Untuk sedikit menenangkan sebaiknya yuk tark nafas panjang dulu dan persiapkan mental serta fisik sebelum melakukan perjalanan mudik.

Sudah belommm nafasnya???

Yak yak yakbiasanya yang dilakukan mamih saat akan melakukan perjalanan itu yang sangat disayangkan adalah packing mendadak hahaha itu jangan ditiru karena akan menimbulkan kepikunan dan beberapa barang yang harusnya dibawa jadi tertinggal. Apalagi mengandalkan minimarket dan sekali masuk minimarket apa yang di belii???Macam-macam cemilan ditambah minuman yang membuat kantong semakin bocor alus.

Karena kesian kalinya banyak hal yang malah bikin ribet akhirnya mamih memutuskan untuk mengikuti undangan yang dilayangkan oleh SGM. Bersama SGM Bunda dan SGM Eksplor memberikan nih persiapan mental yang harus dilakukan oleh para orang tua dalam menyikapi perjalanan mudik.




Kegiatan acara
Serangkaian acara dengan dominasi warna merah ini menambah aura-aura antusias dari para teman-teman blogger juga undangan lainnya untuk mengikuti seluruh kegiatan hingga waktu berbuka puasa.

Langsung saja MC membuka acara dengan waktu tepat dan sesuai dengan jadwal, Mudik atau pulang ke kampung halaman sudah menjadi tradisi sebagian besar warga Indonesia saat libur hari raya. Setiap tahunnya, jutaan masyarakat Indonesia rela menempuh padatnya arus mudik agar bisa bersilaturahmi kepada orang tua, keluarga, dan kerabat lainnya di kampung halaman.

Di tengah padatnya arus lalu lintas saat mudik, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Bunda dan si Kecil untuk bisa menjalani tradisi mudik dengan nyaman dan menyenangkan. Untuk itu, SGM Bunda dan SGM Eksplor akan menggelar program mudik TEMAN (Tempat Mudik Nyaman) SGM Bunda dan SGM Eksplor pada periode 19 Juni hingga 2 Juli 2017 di 6 titik rest area di jalur Pantura.

TEMAN Bunda SGM Bunda dan SGM Eksplor akan menghadirkan sejumlah fasilitas yang ramah ibu dan anak serta edukatif untuk mendukung Bunda dan si Kecil menjalani perjalanan dengan nyaman dan menyenangkan.
Dalam acara ini juga mamih jadi lebih paham manfaat mdik yang bisa diperoleh untuk meningkatkan tumbuh kembang sikecil.SGM Bunda dan SGM Eksplor meyakini bahwa mudik bukan hanya sekadar tradisi, melainkan juga dapat memberikan banyak manfaat positif untuk keterampilan sosial si Kecil, antara lain :

1.  Saat mudik, orangtua bisa mengajarkan si Kecil tentang cara bersosialisasi melalui silaturahmi.
2. Mudik lebaran akan menjadi momen spesial bagi si Kecil untuk dapat mengenali lingkungan baru, serta bergaul dengan sanak saudara yang jarang ditemuinya.
3.  Ketika melakukan perjalanan kita jadi bisa mengajak si kecil bekerjasama, artinya bisa meningkatkan kemandirian si kecil



Agar silaturahmi pada saat mudik berjalan dengan lancar, pemenuhan nutrisi yang tepat penting untuk diperhatikan oleh Bunda supaya kesehatan Bunda terjaga dan si Kecil tetap sehat dan ceria. Hal tersebut merupakan salah satu upaya Bunda mendukung si Kecil untuk tumbuh menjadi Anak Generasi Maju yang supel, kreatif dan percaya diri.



Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK, mengatakan, “Sebelum melakukan perjalanan jauh, Bunda tentunya juga harus memastikan beberapa hal berikut :

1.     Kondisi kesehatan Bunda sendiri dan si Kecil. Hal ini penting karena Bunda harus menyediakan waktu dan tenaga untuk mendampingi si kecil selama perjalanan. Tidak terkecuali bagi ibu yang sedang hamil dan menyusui.

2.   Diperlukan persiapan khusus agar ibu hamil dan menyusui dapat melakukan mudik dengan aman dan nyaman.
3.   Pastikan asupan gizi untuk Bunda bisa tetap terpenuhi selama perjalanan, dan pastikan juga Bunda cukup minum untuk mencegah dehidrasi.
4.   Jika menggunakan kendaraan pribadi, usahakan berhenti dan beristirahat. Pilihlah tempat istirahat yang nyaman dan aman, seperti di rest area .”


Lebih lanjut dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK menyampaikan, “ Perlu juga diingat bahwa saat mudik, akan ada perubahan jadwal makan serta terbatasnya jenis makanan yang dapat dikonsumsi si Kecil selama perjalanan. Selain menyiapkan bekal makanan, Bunda juga bisa mencari asupan nutrisi tambahan melalui makanan dan minuman yang disediakan di sejumlah tempat peristirahatan, selama itu sehat dan mendukung pemenuhan nutrisi Bunda maupun si Kecil.

Oleh karena itu, penting bagi Bunda memastikan nutrisi si Kecil tetap tercukupi dengan baik agar ia dapat mengeksplor momen spesial saat mudik lebaran dengan nyaman dan ceria. Kurangnya asupan nutrisi selama perjalanan jauh saat mudik dapat menyebabkan beberapa perubahan di dalam tubuh, yang akan menimbulkan kondisi yang tidak nyaman seperti lemas dan pusing, yang akan membuat si Kecil rewel.”

Bekal yang praktis untuk dibawa saat perjalanan bisa berupa :

1.     Potongan buah-buahan
2.    Sandwice (roti isi)
3.    Bento praktis atau bisa membuat sushi
4.    Snack sehat seperti sereal coklat atau yang berbahan dasar keju  dan susu
5.    Tambahan susu untuk anak

Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., juga menyampaikan , “Perjalanan mudik yang cukup jauh bisa dimanfaatkan orangtua sebagai momen yang tepat dn melalaui momen mudik lebaran bisa dimanfaatkan untuk :

1.     Saling berinteraksi dengan si Kecil serta mengenalkannya kepada lingkungan yang jarang ia temui sehari-hari.
2.     Orangtua juga dapat membangun dan mengembangkan keterampilan sosial si kecil sejak dini karena mereka dapat berinteraksi dengan banyak orang.”


Lebih lanjut Anna Surti Ariani mengatakan, “Agar mudik dengan si kecil nyaman, orangtua harus bisa menikmati perjalanan. Orangtua harus tenang saat menjalani mudik, karena hal itu juga akan memengaruhi kenyamanan si Kecil. Persiapan mudik secara emosinal dan psikologis untuk Ibu Hamil dan Menyusui :

1.    Menerima keterbatasan diri
2.   Tidak menuntut kesempurnaan
3.   Memahami resiko
4.   Siap menghadapi resiko
Bagian penting yang harus diperhatikan ialah :
1. Buatlah diri senyaman mungkin (pakaian, posisi duduk, suhu di dalam kendaraan dan lain-lain)
2.   Bawalah benda-benda yang membuat nyaman ( Bantal, kudapan, buku, musik kesukaan )
3.   Cari tahu lokasi mana saja yang bisa sebagai tempat bristirahat
4. Kenali jalur yang akan dilewati bisa ditelusuri sebelumnya melalui mesin pencari melalui internet
5.   Ingatlah berbagai hal yang menghibur
6.   Bekerja sama dengan suami dan keluarga
7.   Mohon pengertian keluarga untuk keterbatasan yang di miliki

baca juga : Bepergian saat hamil

Orangtua sebaiknya melakukan persiapan yang baik sebelum mudik dengan mencari informasi yang jelas tentang jalur mudik yang akan dilalui, termasuk tempat peristirahatan. Carilah tempat peristirahatan yang nyaman. Saat si Kecil mulai rewel dan merasa tidak nyaman dalam kendaraan, beristirahatlah dan ajak si kecil bermain sejenak di tempat dengan fasilitas yang ramah untuk Bunda maupun si Kecil. Usai beristirahat, niscaya Bunda dan si Kecil akan merasa nyaman kembali dan siap untuk melanjutkan perjalanan mudik dengan tetap ceria.”

SGM Bunda dan S GM Eksplor memahami perjuangan orangtua pada masa pertumbuhan si Kecil dan juga mengerti bahwa setiap orangtua mengharapkan anaknya memiliki masa depan yang lebih baik. Oleh karena itu, SGM Bunda dan SGM Eksplor terus berkomitmen untuk selalu mendampingi orangtua, khususnya Bunda, bersama-bersama mendukung anak-anaknya tumbuh menjadi generasi maju yang supel, kreatif dan mandiri, melalui program-program kegiatan yang dapat mendukung terwujudnya harapan tersebut.

Berikut ada tips agar si kecil mampu bersosialisasi dengan baik saat mudik :

1.     Ceritakan tentang keluarga di tempat tujuan
2.     Perlihatkan foto keluarga besar
3.     Latihan bersilahturahmi
4.  Bawakan mainan yang disukai anak, untuk bisa dimainkan dengan anggota keuarga yang laiinnya
5.     Dalam perjalanan ingatkan anak akan bertemu siapa saja
6.  Usahakan perjalanan cukup nyaman untuk anak, beristirahatlah ditengah perjalanan bila diperlukan
7.  Boleh dibujuk untuk bersalaman dengan catatan jangan dipaksa (berikan alternatif seperti tos, elus rambut, dll)
8.     Beri apresiasi untuk usahanya

Dengan momen untuk mudik tentunya anak akan dapat meningkatkan keterampilannya dalam sosialisasi dan berinteraksi, sebenarnya apa saja sih keterampilan sosial yang perlu dikuasai sikecil :

1.    Berteman dan bekerja sama
2.   Berkompetisi sehat
3.   Sabar mennunggu atau mengantri
4.   Sopan santun
5.   Selesaikan dan mendamaikan pertengkaran
6.   Marah tanpa mengganggu orang lain
7.   Patuh akan aturan positif
8.   Peduli dan peka terhadap yang sakit/ kekurangan

Sebagian besar keterampilan dalam sosialisasi memang perlu dilatih apalagi untuk Babam yang sedang mengalami periode emas dan masa tumbuh kembang yang yang perlu perhtian ekstra.

Program SGM Bunda dan SGM Eksplor

Marketing Manager SGM Bunda, Christina Natalia , mengatakan “Untuk mendukung para Bunda di Indonesia agar tetap memperhatikan terpenuhinya kebutuhan nutrisi si Kecil dan keluarga bisa menjalani mudik dengan nyaman, SGM Bunda dan S GM Eksplor menyediakan fasilitas "TEMAN SGM Bunda dan S GM Eksplor ”. Kami memahami bahwa nutrisi merupakan faktor penting dalam masa kehamilan Bunda. Untuk itu, kami menyediakan fasilitas ramah ibu seperti nursing room dan poster tips tentang nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui. Di fasilitas TEMAN SGM Bunda dan SGM Eksplor ini, juga dapat menjadi tempat beristirahat sejenak yang nyaman dan aman bagi Bunda hamil.”

Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo juga menambahkan, “Di TEMAN SGM Bunda dan S GM Eksplor ” juga tersedia fasilitas ramah anak, dimana si Kecil bisa beristirahat sambil melakukan permainan yang edukatif dan interaktif yang dapat mengasah keterampilan sosialnya .”

Program mudik TEMAN SGM Bunda dan S GM Eksplor akan berlangsung di 6 titik rest area di jalur Pantura pada periode arus mudik dan arus balik, yaitu :
Arus mudik (19 - 25 Juni 2017), terletak di:

    * Rest area Tol Cipali KM 102 A,
    * Rest area Tol Cipali KM 166 A,
    * Rest area RM Jatilawang,
    * Rest area Sumber Alam,

Arus mudik (28 Juni - 2 Juli 2017), terletak di:

    * Rest area Tol Cipali KM 101 B,
    * Rest area Tol Cipali KM 164 B.

“Melalui program TEMAN SGM Bunda dan SGM Eksplor ini, kami berharap agar para Bunda dapat menjalani dan menikmati mudik lebaran dengan nyaman sambil tetap memastikan pemenuhan nutrisi yang tepat bagi Bunda dan si kecil, sehingga seluruh kelurarga dapat merayakan momen istimewa di Hari Raya Idul Fitri,”


Kalau mamih sih tahun ini mudiknya ke Bekasi aja, biasanya memang saat lebaran tidak mudik tapi informasi ini memang bisa dimanfaatkan kalau mamih dan Babam jalan-jalan lagi. 

ummm kemana yahh jalan-jalan berikutnya ???



14 komentar:

  1. Tahun ini rencananya Audrey mau mudik ke jawa. Udah ada rencana pengen mampir ke TEMAN nya SGM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa pake kaos merah supaya kece fotonya.. duh gak sabar liat senyum si audrey

      Hapus
  2. Sekarang sayangak mudik kemana2, karena tinggal di rumah Ibu. Kalau dulu masih diluar kota dan saat mudik yang harus ada susu dan guling hehehe.. Waktu kecil Zidan cuma anteng kalau ada susu dan guling waktu perjalanan jauh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh asiknya klo udah tahu kunci nya yah

      Hapus
  3. solusi banget nih buat Sid yang gampang bosan di mobil. Biar dia main sebentar di TEMAN

    BalasHapus
  4. Sid udah seringnyah perjalanan jauh sudah terbiasa hehe

    BalasHapus
  5. Serempong apapun persiapannya, mudik akan jadi perjalanan berkesan buat si kecil

    BalasHapus
  6. Waktu anak-anak saya masih kecil, kira-kira seusia Babam, tiap kali mudik udah kayak mau pindahan. Bawaannya selalu banyak. Trus biasanya saya bikin list dulu apa yang mau dibawa. Yah namanya masih punya anak kecil dan perjalanan mudik kadang gak terduga. Jadi persiapannya memang harus maksimal

    BalasHapus
  7. Mudik bersama si kecil jadi menyenangkan jika sudah dipersiapkan sejak awal. Thanks infonya Kaka, semoga perjalanan mudiknya lancar.

    BalasHapus
  8. Babam kiyut banget ya. Poninya gak nahan. :))))

    BalasHapus
  9. Wah, banyak ya rest point-nya SGM. Infonya bermanfaat banget nih berhubung keponakan yang masih kecil-kecil mau ikutan mudik lebaran besok ^^

    BalasHapus
  10. ih, keren bgt terobosan SGM eniih
    kindly visit my blog --> bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  11. Wahh pasti seru ya kalau mampir ke TEMAN nya SGM.

    BalasHapus