Selasa, 06 Juni 2017

Berbagi Kreasi Kraft : Manfaat Masak Bersama Anak




Selamat mengoprekk dapur sejagat per rumah tanggaan…

Selama memiliki anak, untuk mamih yang jarang turun ke dapur merupakan tantangan dalam menghadapi pisau dan semacamnya, well dalam bidang memasak kayaknya bisa lebih mengandalkan si papih yang apa aja di ceplungin jadi satu bhahaha. Ekkhh begitu mah yah gak ada yang bisa di andalkan juga , lah terus kepiye donk yah???, mau gak mau suka gak suka harus belajar demi dapur yang terus kotor supaya keliatan ada penghuninya.


Masak semasak-masaknya palingan nasi goreng atau kue-kue ringan macam mau hari raya saja, tapi ya emang itu pun harus bolak balik ke buku resep kan yah, tapi beberapa kali buat yang berakhir dengan gosong dan gagal adalah berhasil dan enak.

Pernah juga sih buat yang paling laris dan bisa dimakan itu seperti, spagethi dan pizza, lah koq kebanyakan makanan asing yang berasal dari luar negeri, yapp karena itu yang gancil. Masakan Indonesia paling masih seputaran sop, mie goreng sama tumis menumis itupun jarang karena sering kali dirumah yang masak Ibu hahahaha.

Tapi delalah (kebetulan) kalau ada lomba masak kecil-kecilan yang on the spot beberapa kali mamih bisa menang (Uyyeehh), kayaknya itu sebuah keberuntungan sih, pernah juga mengajar di SMK dengan jurusan Tata Boga, nah kalau urusan masak murid-murid dulu malah sering ngajarin mamih, gak sungkan mamih bbm mereka buat nanya ini itu, well dunia perumahtanggaan memang harus ada pratice make perfect dan learning by doing.

Selama hadir Babam anak kesayangan mamih yang baru satu , ide masakan mulai bermunculan, kadang ia susah makan huft dilempar, disembur, di emek-emek, ya namanya juga anak bayi yang masih kaget menyelami hidup, bahkan dia punya anggota tubuh saja masih berpikir tangan itu untuk apa, koq ada kaki dan sebagainya, jadi pelan-pelan lah memberikan stimulasi agar Babam tau norma makan.

Belum berhasil juga, walaupun sudah di pakaikan tempat makan bayi pada masa itu, di biarin makan yah tetep belum berhasil sampai sekarang makan masih lelarian, maklum tipikal Babam memang suka bergerak untuk duduk diam pun sampai mamih keringetan.

Gak gentarlah mamih cari celah agar Babam tertarik dengan makanan, akhirnya waktu itu mamih ajak babam untuk buat pizza, ya dia sangat-sangat antusias dan bisa berkata “pizza” dan “cooking” duh mamih beneran girang Babam bisa bisa mengucapkan kata tersebut di usa 3,5 tahun. 


Menyiapkan bahan bersama


Sampai di rumah hampir setiap hari mamih sediain tepung dan perangkat lainnya agar Babam bisa masak dirumah sama mamih, potong-potong pakai pisau (gak terlalu tajam), memasukan adonan ke panggangan tetep semua bisa dijangkau dengan bantuan orang dewasa. Nah pas hasil masakannya jadi ya Babam mau makan sih lumayan, apalagi kalau bagian marut memarut keju wah favorit babam itu sambil di gado dan dimakanin itu kejunya.

Ada ketertarikan juga dengan keju, kalau kita pergi dijalan dan susah banget makan biasanya mamih bilang ini ada kejunya, dan memang selalu sedia keju supaya Babam mau makan hihihi.


Babam masak Kue Coklat Keju Kraft


Sekarang Mamih merasakan sekali nih manfaat saat Babam mau memasak sama mamih, jangan ditanya dapur kaya apa yah, pasti berantakan, apalagi cucian piring dan lantai itu sih bagian bonus buat olahraga beberesnya. Kebetulan mamih juga suka tuh lihat  acara masak memasak anak-anak di televisi.

Memasak memang banyak manfaatnya bagi anak, dengan memasak, anak punya pengalaman belajar macam-macam. Berikut yang mamih rasakan :

1.    Belajar Kebersihan : biasanya sebelum masak kita cuci tangan dulu, awalnya lihat acara di tv sih kita nyanyi-nanyi supaya babam mau dan seru ikut aktivitas cuci tangan, jadi mengajarkan juga kalau mau makan atau menyentuh makanan tangan harus bersih.
2.    Belajar menunggu : bagian favorit Babam itu memarut keju dan langsung dimasukan ke adonan, tetapi kan harus menunggu tahap-tahapnya, jadi lumayan bikin dia mengerti arti kata menunggu. Bisa juga menunggu waktu masakan dipanggang itu nunggu matang, nah lucunya itu masuk di ceklekinn Babam udah bilang “oh yeah ready” yaelah baru juga nyala itu api. Tapi bisa membuat ia mengerti bahwa ada waktu yang berjalan dan ia harus menunggu
3.    Mempererat Bonding antara Mamih dan Babam, walaupun bertemu setiap hari tetap banyak waktu yang harus dijadikan moment berkualitas donk yah salah satunya yah dengan memasak bersama.
4.    Membuat anak menjadi lebih bersemangat, ketika Babam dilibatkan akan menjadi sebuah kebanggaan untuknya dan lebih senang ketika ia memakan masakan yang ia siapkan sendiri.
5.    Mengajarkan disiplin dalam memasak ada ketentuan yang harus di lewati, ya kalaumasakannya mau berhasil tentu ada step stepnya, dan adab saat makan seperti berdoa juga bisa dilatih saat kegiatan memasak bersama
6.    Mengajarkan nama bahan dan berhitung juga, biasanya saya sih menanyakan ke babam ini warna apa, ini namanya apa ada berapa , dan biasanya itu selalu di ikuti oleh Babam
7.    Meningkatkan kemampuan motorik, juga panca indera. Seperti yang mamih ketahui untuk Babam yang masih ada Gangguan Bahasa Ekpresif biasanya akan sepaket dengan tingkat keaktifan berlebih dan ada motorik halus yang terlambat seperti membuka btol, menggunting, memotong sayur, mengaduk, memecahkan telur akan sangat membantu babam dalam pencapaian kemampuan motorik halus yang sesuai dengan usianya.
8.    Belajar berbagi : kalau Babam sudah suka dengan makanan ia selalu enggan untuk berbagi, nah ketika ia memassak biassanya anggota dirumah ingin mencicipi dan ia lebih antusias untuk membagi makanan tersebut, apalagi ketika kita memberi pujian yang pas jadi babam bisa paham kalau berbagi sesuatu yang dia miliki.

Mungkin manfaat yang dirasakan akan berbeda dari masing-masing karakter anak tetapi semuanya akan menimbulkan dan meningkatkan kepekaan anak terhadap makanan juga memberi manfaat berdampak baik untuk anak. Dalam memasak bersama saya selalu pasang mata, tangan, yang sigap karena ada benda-benda yang sedikit berbahaya jadi orang tua benar-benar harus mengawasi anaknya saat memasak bersama.

Resep yang terakhir kami buat yaitu “ Kue Coklat Keju Kukus” sebenarnya resep ini tidak sengaja sih tercipta, karena banyak sekali coklat dirumah hasil oleh-oleh dari Pakde dan memang mamih menyetok keju selalu untuk Babam.

Merasa tertantang juga saat mamih melihat ada sebuah program yang diadakan oleh Keju Kraft di bulan Ramadhan tahun 2017 ini.
Sangat senang sekali akhirnya mamih dan Babam buat “ Kue Coklat Keju Kukus” yang bisa dimakan untuk berbuka puasa. Hal baik juga disaat berbuka puasa dengan makanan atau minuman yang manis dan sehat.


Bersama teman blogger nona melinda


 Jadi sebelum mengirimkan resep mamih dan babam mencoba resepnya dulu nih. Jadi semua bahan sudah mamih persiapkan dengan takaran yang pas diatas meja, jadi babam hanya tinggal memasukan bahan-bahannya dan membantu mengaduk adonan juga paling seru sih ketika kita menyiapkan persentasi akhir dengan menghias kue tersebut.

Setelah siap dan enak, lumayan lah mamih memberanikan diri untuk mengirim resep tersebut ke website resmi Keju Kraft , dan melalui teman blogger Mba Astrid mamih ikut hadir dalam undangan  acara Keju Kraft Berbagi Kreasi sekaligus ghatering dan buka puasa bersama. (terima kasih ya mba Astrid)

Keseruan Acara Ghatering Keju Kraft

Setelah waktu ashar mamih sampai di lokasi sekitar Kebayoran di Hotel Veranda dan lokasinya sangat seru untuk foto-foto, setelah registrasi tentunya mamih bersama teman blogger yang bertemu disana juga foto-foto di lokasi acara. Disana sudah tertata rapi produk dari keju kraft juga beberapa pelatan untuk meracik sebuah resep seru. Karena akan ada demo kecil-kecilan dan selanjutnya ada pertandingan yang akan membuat resep yang telah di contohkan sebelumnya.


Mamih bersama nona melinda dan Mba Amy


MC yang akan membawakan acara wah sudah kondang sekali, mba Amy Zein. Sangat senang sekali bisa bertemu dengan mba Amy karena kita ada di satu grup WA yang sama DPSG (Dyslexia Parents Support Group). Jadi kami sempat mengobrol juga sebelum dan sesudah acara sekaligus silahturahmi, ekhh pepotoan juga loh, wajibb ini di share di grup hahaha.


Kue Coklat Keju


Program Kegiatan
Melalui Keju KRAFT akan menjalankan sebuah kegiatan bertajuk #BerbagiKreasiKRAFT dengan memberikan kesempatan bagi masyarakat, utamanya para ibu yang senang berkreasi di dapur untuk berbagi inspirasi masakan berbahan dasar keju dengan mengirimkan resep kreasi menggunakan KRAFT ke situs www.bundakraft.com. Dari resep yang dikirim tersebut, Keju KRAFT akan mengkonversikan setiap satu kreasi resep dengan sepuluh hidangan berbuka puasa ala Keju KRAFT untuk anak-anak panti asuhan di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Manfaat Kegiatan
Berarti mamih setelah mengirimkan resep kue tadi juga bisa dong berbagi dengan anak-anak di Indonesia, nah dengan mengirimkan resep masakan yang tidak dibatasi kita juga berkesempatan dalam kegiatan yang baik ini. Salah satu hal yang membuat suasana semakin dirasa spesial adalah saat sahur dan berbuka puasa bersama seluruh keluarga dengan menu hidangan yang disajikan oleh para Ibu. Namun banyak masyarakat di luar sana, bahkan di lingkungan sekitar kita yang tidak bisa merasakan momen kebersamaan spesial tersebut, misalnya anak-anak di panti asuhan.

Hadir pula Putri Happy, Senior Brand Manager Meals, Mondelez Indonesia yang menyampaikan dalam acara tersebut “Melalui kegiatan ini, kami ingin mendorong masyarakat untuk berbagi inspirasi dalam berkreasi dan mengajak para Bunda untuk berbagi momen spesial dengan mereka yang membutuhkan, agar pada bulan yang baik ini mereka pun bisa merayakan kebersamaan dengan hidangan spesial melalui bantuan para Bunda KRAFT. Kegiatan ini juga kami gunakan untuk berbagi manfaat baik menggunakan Keju KRAFT di dalam olahan masakan sehari-hari untuk memperlihatkan bahwa keju tidak hanya bisa diolah untuk kue, hidangan penutup, dan sekedar toping, tetapi juga sangat menarik untuk digunakan sebagai bahan dasar masakan sehari-hari,”

Manfaat positif dari kegiatan ini, yaitu selain berbagi inspirasi kreasi resep dalam satu wadah yang mudah diakses, juga sekaligus berbagi kebahagiaan di momen spesial Ramadan. Resep-resep yang telah terunggah dalam situs www.bundakraft.com akan sangat bermanfaat untuk menginspirasi para ibu untuk mendapatkan resep yang variatif bagi keluarga. Dari resep yang terunggah itu pula, Keju KRAFT akan berbagi kebaikan untuk anak-anak panti asuhan yang dilakukan dengan mengunjungi dan berbagi hidangan berbuka puasa yang dipilih dari menu pemenang #BerbagiKreasiKRAFT. Sebuah acara puncak juga akan diadakan sebagai penutup rangkaian kegiatan #BerbagiKreasiKRAFT, yaitu pada tanggal 16 Juni 2017, dengan mengundang anak-anak panti asuhan dan menghadirkan beberapa hiburan inspiratif bagi mereka.

Produk Keju Kraft

Persiapan Demo Resep Kraft


Periode Kegiatan
Sepanjang periode kampanye ini, yaitu mulai awal Ramadan sampai tanggal 12 Juni 2016, masyarakat dapat mengirimkan kreasi resep berbahan keju ke situs www.bundakraft.com sekaligus memilih satu resep favorit dari partner utama Keju KRAFT yang akan diberikan kepada anak-anak panti asuhan. Keju KRAFT akan mengapresiasi lima pemenang utama peserta kategori masyarakat umum dengan hadiah THR sejumlah total Rp 10 juta. Sementara itu, Putri Happy menambahkan, “Tiga resep favorit dari partner utama Keju KRAFT yang telah dipilih oleh masyarakat yang mengirimkan resepnya ke situs www.bundakraft.com akan menjadi sajian berbuka puasa untuk dibagikan kepada anak-anak panti asuhan.”

Sachin Prasad, Presiden Direktur Mondelez Indonesia menjelaskan, “Kegiatan #BerbagiKreasiKRAFT adalah salah satu bentuk komitmen Mondelez Indonesia untuk tumbuh dan berbagi manfaat baik bersama masyarakat Indonesia, salah satunya dengan memperhatikan kesejahteraan anak-anak panti asuhan, seiring momen bulan Ramadan yang senantiasa dimanfaatkan untuk berbagi.”
Keju KRAFT merupakan keju olahan yang lezat, higienis dan bergizi mengandung protein dan vitamin D serta berkalsium tinggi. Tiga jenis keju KRAFT yaitu keju Cheddar, keju olahan siap saji yang lebih terasa kejunya. Quick Melt, keju dengan tekstur yang lembut dan mudah meleleh ketika dipanaskan rasa gurih seperti rasa butter, warna kuning ketuaan. KRAFT singles Keju lembaran siap saji yang bisa melengkapi resep makanan atau kudapan.

Demo Resep Kreasi Keju Kraft
Sebelum mencoba langsung resep yang nanti akan di siapkan, kita coba mengenal lebih banyak mengenai produk dari Keju Kraft, yang bisa di kategorikan sebagai berikut :

Keju KRAFT Cheddar
Keju olahan siap saji yang lebih terasa kejunya. Hasil parutan lebih
kering dan panggangan lebih keemasan.
Ciri & Spesifikasi :
• Warna kuning
• Hasil parutan lebih kering
• Hasil panggangan kuning
keemasan
• Lebih terasa kejunya

Keju KRAFT Quick Melt
Tekstur lembut dan mudah meleleh ketika dipanaskan rasa
gurih seperti rasa butter, warna kuning agak ketuaan.
Aplikasi oleh Pelanggan/Konsumen:
A. Dipanggang
Untuk topping makanan panggang cepat saji (menggunakan microwave).
B. Digoreng
Isian makanan yang digoreng cepat dengan banyak minyak,
seperti: risoles (maksimal 5 menit).
C. Dikukus
Untuk topping makanan yang dikukus.
D. Dibuat Saus
Untuk dicampur dan diolah sebagai saus.

Keju KRAFT Singles
Keju lembaran siap saji yang bisa melengkapi resep
makanan atau kudapan/snack.
Ciri & Spesifikasi :
Dengan kandungan Kalsium untuk pertumbuhan tulang.
• Rasa dan aroma khas keju KRAFT.
• Warna kuning muda cerah, dengan tekstur halus lembut
dan lembaran fleksibel.

Menyimpan Keju
Untuk ukuran juga Keju Kraft sudah tersedia dari ukuran 75gr sampai 2kg, tergantung kebutuhan yah akan menyetok yang mana. Tips juga nih sebaiknya menyimpan keju dengan membungkus semua keju yang masih tersisa secara rapat, karena bila mengeras dan berubah warna tentu akan berpengaruh dengan rasa dan kualitas keju tersebut.

Untuk resep yang akan di buat hari ini yaitu Es Keju Pelangi Kraft
Es Keju Pelangi

Bahan-bahannya mudah terdiri dari air kelapa muda, susu kental manis (bisa juga susu cair) dan juga parutan Keju Kraft dtambahkan dengan es batu yang di campur menjadi satu dengan menggunakan blender. Setelah tercampur disiapkan berbagai macam buah seperti stroberi, buah naga, kelapa, melon, anggur, mangga yang telah diletakkan kedalam gelas saji, lalu tuangkan es yang sudah tercampur di dalam gelas, tambahkan kembali Keju Kraft diatasnya dan sajikan. Nah menu ini cocok donk buat buka puasa dengan keluarga rasanya manis menyegarkan juga sehat. Beberapa tamu undangan juga loh mencoba membuat dan yang berhasil mirip dengan resep aslinya diberikan bingkisan menarik.

Selama acara berlangsung para peserta antuasias mengikuti materi bersama, dan juga beberapa undangan juga berbagi mengenai resep favorit mereka dengan mengunakan Keju Kraft. Ternyata sangat menarik dan kreatif, ada yang membuat Empek-Empek Keju, Ayam Kuah Keju, ada juga Cimol Keju, Risoles, Kroket Sayur Keju, dan berbagai makanan dengan resep yang sangat variatif. Semua tamu undangan juga sudah mengirimkan kreasi resep mereka dan tentu saja lebih termotivasi lagi untuk mengirimkan resep lebih dari satu, karena nantinya akan ada hadiah 10 juta rupiah bagi resep terfavorit dan terpilih.

Wahh hadiahnya banyak mamih jadi ingin megirimkan resep lagi nih dan mencoba berkeasi bersama Babam. Sebelum pulang juga kita diberikan bekal produk Keju Kraft dan yap bisa langsung coba dirumah dengan berbagai resep yang ada di kepala mamih.

Bagi teman-teman dan Ibu-ibu yang mau mengirimkan resepkan langsung kirimkan sekarang juga yah, karena sudah ada ratusan bahkan ribuan resep loh yang masuk.

Berlomba dalam kebaikan ternyata memang seru dan mengasikan yah, selain berbagi untuk sesama juga bisa menjadi motivasi serta ilmu yang baik untuk keluarga.

Mamih coba juga nih mengirimkan resep yang mamih sudah buat :

Kue Coklat Keju Kukus
Kue Coklat Keju Kukus


Bahan:
2 butir telur

80 grm tepung segitiga biru

100 grm gula pasir( bisa dikuramgi sesuai selera)

1 sdt SP

25 grm coklat bubuk

1/4 sdt soda kue

1/2 sdt baking powder

1/4 sdt garam

1/4 sdt vanili bubuk

2 sdm susu bubuk

2 sdm tepung maizena

60 ml susu cair

40 ml minyak sayur

Topping :

Butter cream

Selai coklat

Coklat batangan

Keju kraft oles
Keju kraft parut

Cara membuat :
1. Kocok gula,telur dan SP hingga putih serta  mengental
2. Masukkan campuran bahan yangkering : tepung,BP,soda kue,coklat bubuk,vanili,garam,susu bubuk,maizena, kedalam adonan telur perlahan-lahan dan sedikit demi sedikit
3. Masukkan susu cair dan minyak sayur perlahan-lahan sedikit demi sedikit sambil di aduk balik secara perlahan dengan tenaga yang sedang jangan terlalu cepat atau bersemangant khawatir akan bantet. Pastikan aduk sampai rata, peruksa juga keseluruhan loyang hingga merata
4.Siapkn loyang bulat atau persegi yang sudah diolesi mrgarin dan kertas roti. Pastikan pula untuk kukusan sdh panas juga beruap.
5. Adonan sya bagi mnjadi 3 bagian.  Menjadi 3 layer nantinya. saat mengukus menjadi 3 bagian.
6. Kukus tiap bagian 8-10mnt sesuai ketebalan kue. Lakukakan berulang sampai adonan habis.
7. Tunggu hingga dingin oles layer 1 dgn butter cream dan selai coklat. Begitupun layer selanjutnya. Terakhir tutup smua permukaan kue dgn butter cream dan coklat serut. Hingga halus rata.
8. Oleskan juga di pinggiran kue, nah ini bisa ditambahkan juga keju kraft oles, atau di kreasikan dengan tambahan keju kraft parut yang semakin menambah lezat kue.

Selamat mencoba



11 komentar:

  1. Babam ganteng pinter bangeet

    BalasHapus
  2. Kraft memang bisa dibikin apa aja. anakku suka banget mbak :)

    BalasHapus
  3. Ih setuju aku juga kadang ajakin anak buat masak jadi sambil kenalin ini sayuran apa juga smabil ajarin berhitung sambil nyanyi2 juga :D
    makasi resepnya mamih mau coba ah apalgi dikukus :)

    BalasHapus
  4. Ih kan waktu yg di acara bubur bayi, mami babam mah menang lomba masak xixixix. .

    Btw bener banget deh. . masak sama anak itu seru banget dan bisa bounding sama anak.

    BalasHapus
  5. Keju.. aku suka keju.. hehe soal masak memasak anak laki-laki bisa lebih heboh dari anak perempuan loh, 2 anak laki dirumah suka banget bantuain masak alias "ngerecokin" hihi sering banget tanya-tanya ini apa, terus apa, ini gimana pakainya? haha anak-anak emang luar biasa rasa ingin tahunya.. semangat mamih

    BalasHapus
  6. aku suka banget keju, campur apa aja kok yo enak

    BalasHapus
  7. Saya termausk yang paling sering belanja Kraft. Minimal harus ada 1 bungkus Kraft Cheddar di kulkas. Anak-anak suka banget maKraft Cheddar. Biasanya untuk campuran berbagai makanan

    BalasHapus
  8. Keju kraft emang eank,,,favorit keluarga dr jaman baheula hehe.

    BalasHapus
  9. Keju cheddar kraft ini emang selalu ada di kulkas, buat taburan nasgor juga enak

    BalasHapus
  10. babam seru dan asyik banget yaa main kalau di ajak masak-masakan, berbajat jadi chef nih kyknya :)

    Bagi bam kue coklat keju kukusnya, enak nih buat buka nanti hehe

    BalasHapus
  11. Wah asyik banget ya memasak bareng gitu. Aku udah lama enggak bikin cake, lagi suka ngecookies, tapi tetep dong, pakai kejunya kraft

    BalasHapus