Kamis, 04 Mei 2017

Yuk Kenalkan Anak Menjaga Kebersihan Masjid Bersama



Ketika mendengar lantunan anak kecil mengaji teduh hati ini rasanya, apalagi ketika melihat tayangan Hafiz Cilik yang begitu terampil dan pandai mengaji, jadi terlintas kapan yah Babam bisa mengaji. Mamih jadi ingat ketika masih kecil selalu ikut diajak ke masjid oleh  Ibu tiap sholat subuh sambil mata setengah terpejam. Apalagi pernah juga tertidur di masjid, memgingat waktu kecil dulu jarang sekali ketika Mamih dan Ibu sholat di masjid ada anak kecil yang seusia. Jadi gak pernah ada cerita kalau bulan Ramadhan tarawih sama teman-teman. Pasti tarawihnya selalu disamping Ibu.






Hal positif memang ditanamkan Ibu mengajak Mamih untuk rajin sholat dan Mamih juga ingin menerapkan hal yang sama untuk Babam. Pernah benar-benar membawa Babam untuk menunaikan sholat itu pertama kali saat lebaran tahun 2016 dan usia Babam 3 tahun. Yap memang Babam belum bisa tenang lari sana - sini, dan pas semua khusyuk sholat Babam hilang hwaaaa, ketika selesai ternyata Babam udah ada di jajaran barisan depan.





Duh mungkin memang Babam belum siap untuk tenang di masjid tapi memang mamih ingin mengenalkan kepadanya bahwa nantinya ia ketika sholat itu pergi ke masjid. Kedua dan ketiga kali memang kami pergi ke masjid tapi bergantian menjaga Babam dalam hal ini memang saat tidak sholat bersama-sama. Babam memang nampak bahagia bisa berlarian di masjid setidaknya nanti ia akan bisa menjaga sikapnya saat sudah bisa memperbaiki regulasi dirinya dan bisa mulai patuh pada orang dewasa.


Babam antusias loh ketika berada di lingkungan Masjid




Tanggal 3 mei 2017 kemarin mamih mendapatkan acara yang berlokasi di Masjid Agung Sunda Kelapa, jadi mamih ingin mengajak Babam untuk kembali belajar ke masjid. Senang sekali ketika diperkenankan untuk bisa bersama Babam dalam acara tersebut. Acara yang di dukung penuh oleh Unilever Indonesia tersebut juga dihadiri oleh Bapak Wakil Presiden Yusuf Kala, yang berkenan menyampaikan sambutan. Kedatangan beliau tentunya sangat disambut antusias oleh masyarakat yang hadir dan juga di tunggu oleh awak media juga semua tamu undangan. Dalam sambutannya beliau mendukung penuh rangkaian acara "Bersih bersih 1001 Masjid" dan diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi menjaga juga merawat masjid serta menghidupkan kembali masjid dengan kegiata-kegiatan yang positif.


Babam senang berada di lingkungan masjid




Menyambut bulan suci Ramadhan, PT Unilever Indonesia Tbk, melalui produk bermutu dalam kelompok home care seperti Vixal, Rinso, Superpell, dan Molto memfasilitasi kegiatan menjaga kebersihan dan kenyamanan masjid melalui kegiatan "Bersih-bersih 1001 Masjid. Kerbersihan sebaguan daripada iman dengan berada dalam lingkungan masjid yang bersih yang nyaman tentunya masyarakat akan lebih termotivasi untuk datang melaksanakan ibadah di masjid, dan anak-anak ketika datang ke masjid juga tidak khawatir dengan kebersihan di masjid dan mejalankan kegiatan di masjid.




Sebuah bulan yang suci dan dinantikan seluruh umat muslim.akan segera tiba, dalam menyambut bulan Ramadhan tentubakan semakin banyak kegiatan ibadah yang dilakukan secara berjamaah di masjid, seperti sholat wajib dan sunnah, shalat tarawaih, pesantren kilat, pengajian rutin, sahur dan buka bersamanjuga kegiatan dalam mengisi bulan Ramadhan yang lainnya.



Kegiatan "Bersih-bersih 1001 Masjid


  • Kegiatan di fasilitasi dengan produk berkualitas dari Unilever Indonesia (Vixal, Rinso, Molto, Superpell)
  • Diadakan di 33 kota/kabupaten, 11 provinsi di seluruh Indonesia
  • Mulai tanggal 21 April - 23 Mei 2017
  • Kegiatan berlansung oleh Unilever, Dewan Masjid Indonesia, Pengurus Masjid dan lapisan masyarakat yang berada disekitar masjid untuk bersama-sama membersihkan masjid dan membuat masjid lebih nyaman

Dalam kegiatan ini, Unilever menyuplai sejumlah produk yang tentunya sudah menerima sertifikasi halal dari LPPOM MUI. Dengan demikian, kontribusi ini diharapkan mampu menjadikan perlengkapan ibadah seperti mukena dan sajadah terjaga kebersihan dan keharumannya, serta menciptakan kondisi masjid yang bersih berkilau dan bebas dari kuman. 


Tentunya dalam acara yang menandai ranjaian kegiatan Bersih-bersih 1001 masjid dihadiri pula oleh : 

  • Bapak Wakil Presiden Yusuf Kala
  • Willy Saelan, HRD PT Unilever Indonesia Tbk, 
  • Bapak Drs. H.Andi Mappaganty selaku Ketua Bidang Sosial dan Kemanusiaan Dewan Masjid Indonesia
  • Dude Herlino
  • Amy Zein , MC 
  • Media juga Blogger serta Tamu Undangan yang lainnya.

Bapak Willy menyampaikan Unilever memahami bahwa budaya membersihkan masjid yang dilakukan oleh masyarakat sekitar masjid secara bersama-sama telah menjadi salah satu rutinitas, terutama saat menyambut bulan suci Ramadhan. Hal ini dilakukan untuk menciptakan suasana yang bersih dan nyaman di masjid. Untuk itu, Unilever memfasilitasi masyarakat yang ingin memberikan kontribusi yang positif bagi masjid di sekitar tempat tinggal mereka melalui kegiatan bersih-bersih 1001 masjid.

Bapak Andi, menjelaskan, Masjid adalah pusat dari kegiatan ibadah dan sosialisasi yang dilakukan umat Muslim sehari-hari. Kegiatan ini semakin bertambah saat bulan Ramadhan begitupun dengan jumlah jamaah yang beribadah di masjid. Oleh sebab itu, diperlukan partisipasi masyarakat untuk ikut serta menyiapkan masjid menjadi lebih bersih dan nyaman. Masjid yang bersih dan nyaman dapat mendukung para jamaah menjalankan ibadag mereka dengan khusyuk, nyaman dan lancar untuk meraih kesempurnaan Ramadhan. Kegiatan ini juga tentunya demi meeujudkan salah satu pilar paling penting bagi umat muslim yaitu menjaga kebersihan, baik itu kebersiha  lahiriah ataupun batiniah.

Secara keseluruhan acara dan kegiatan berjalan lancar saat menyampaikan tujuan juga rangkaian detail kegiatan para pembicaraan negitu antusias dan semngat begitu juga Mba Amy Zein selaku MC yang bisa membuat suasana acara begitu hidup beberapa undangan juga banyak yang bertanya, acara begitu tertib dan rapi.


Dalam kesempatan ini juga aktor tampan Dude Herlino turut mendukung dan mengatakan bahwa, "membersihkan diri" melalui perbuatan amal ibadah bagi lingkungan sekitar dapat menjadi persiaoan yang baik sebelum memasuki bulan Ramadhan. Kegiatan ini dapat menciotakan kebersamaab dan kecibtaan terhadap masjid kita serta dapat menjadi wadah bagi warga yang ingin berkontribusi melakukan perbuatan baik bagi orang lain terutama menjelang Ramadhan. Saya ingin keluarga, khususnya anak-anak saya, daoat menjaga dan menyebarkan kebiasaan baik ini saat mereka dewasa nanti.


Tentu saja hal yang sama mamih harapkan bisa diterapkan oleh Babam. Dengan berlarian juga seperti kegiatan kemarin ia mulai peka dan banyak bertanya "what this Mamih" tanya Babam, dan mamih menjawab " it is a broom". Lalu Babam kembali mengucapkan kata-kata sambil bersenandung "ohh okay clean up clean up everybody lets clean up". Dengan hal dannkata sederhana seperti itu tentunyansudah sangat membuat mamih sangat bahagia juga kegiatan ini tak hanya berdampak baik untuk orang dewasa tetapi bisa memberikan akternatif pula untuk anak-anak belajar bahagia dan nyaman berada di lingkungan masjid. Mamih juga melihat ada sekumpulan anak sekolah yang bermain di lapangan dekat masjid dan mereka mulai belajar juga memperhatikan lingkungan sekitar dan kegiatan yang dilakukan orang dewasa. Tentunya kegiatan bersih-bersih majid juga akan menjadi contoh baik untuk anak-anak agar bisa menjaga kebersihan lingkungan masjid. 

Semoga kegiatan ini menjadi langkah awal untuk terus menerapkan budaya membersihkan masjid yang dilakukan setidaknya setiap menjelang Ramadhan dan juga bisa menginspirasi bagi umat muslim untuk melakukan hal yang terpuji disekitar lingkungan mereka.




14 komentar:

  1. babam ngomongnya bahasa inggris bun? XD keren, keren ,keren itu benar menanamkan pendidikan imtaq pada anak sejak dini menumbuhkan rasa empati, dan kepedulian terhadap lingkungan. semoga bambam menjadi anak yg soleh ya, amiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, iyah mba vocab yang keluar bahasa inggris. masih belajar bicara juga sih hehe

      Hapus
  2. Senangnya ada kegiatan bebersih mesjid, semoga kegiatan seperti ini berkelanjutan dan memberikan contoh pada yg lain supaya sama2 menjaga kebersihan masjid.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah senang dan pastinya positif sekali kegiatannya

      Hapus
  3. Salfok sama senyuman babam sama dude *manis banget 😂😂😂.

    BalasHapus
  4. benar mak, aku waktu hamil mada suka nonton hafidz cilik, impian itu ya, anak sholeh itu kunci surga buat orangtuanya, aminnn

    klo mada pergi ke masjidnya sama aku, mada gak bisa diem juga, ada aja di pegang ato dia nyautin 'aminnnn' ... tapi klo mada pergi sama adik2ku yg cowok, anteng gitu di masjidnya haha aku pernah buntutin dari belakang si mada tanpa dia tahu XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iyah, memang orang tua nya juga wajib berperilaku soleh dulu yah jadi contoh untuk anak. Babam memang masih lari-lari ama siapa juga, berjalan sambil usianya nmbah mungkin bisa lebih mature. hehe

      Hapus
  5. Semoga dengan kegiatan ini, anak-anak semakin belajar tentang kebersihan dan mencintai masjid. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin, iyah sudah seharusnya yah saling menjaga dan merawat massjid

      Hapus
  6. Babaamm... Anak pinter, sholeh, seneng liatnya anak2 mau diajak bersih2 masjid. Makin cinta sama Allah dan rosulNya deh. Gemesss ih sama babam

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. pasti abang juga suka yah kalau diajak gotong royong merawat masjid. semoga anak-anak menjadi anak yang soleh. aamiin

      Hapus
  7. aiih Babam kiyut banget sih. Sayang kemaren waktu di mesjid sampe ga sempet towel pipinya deh :)

    BalasHapus
  8. Anak sholeh, diajak ke masjid bebersih mau mbak...hebat deh. Bintang tamunya juga sholeh tuh Dude Herlino hihii...

    BalasHapus
  9. Babam pinter banget, anak soleh ya,memang anak-anak di biasakan dengan suasana masjid ya mba..

    BalasHapus