Rabu, 17 Mei 2017

Ibu Hamil di Indonesia Butuh Nutrisi di Masa Kehamilan







sungguh hal mengaggumkan jika setiap psangan suami-istri yang menginginkan buah hati telah hadir dan dikarunia berkah semua kehamilan untuk si calon Ibu. kebahagiaan ini tentu saja tak hanya dirasakan oleh Ibu tetapi juga para Ayah.






Di kesempatan yang sangat menyenangkan mamih juga telah melewati masa kehamilan, melahirkan hingga menyusui dan sekarang makin menyenangkan menjalani hari mengikuti dan mendapingi tumbuh kembang Babam. Beberapa kali semasa kehamilah saya memang tidak memiliki masalah yang berarti, menyenangkan sebaliknya menjali kehamilan dengan berbagai kegiatan, mulai dai mengajar, mengikuti kelass dan pelatihan tari, travelling, tampil menari dibeberapa panggung, dan banyak kegiatan yang bisa saya lakukan sampai memasuki usia kehamilan di trimester akhir.




Ketika semua mamih catat didalam sebuah tulisan senang sekali bisa berbagi bersama, Mombssador SGM dan salah satu yang terpilih untuk diajak mengunjungi rangkaian acara SGM Bunda mendukung Ibu Hamil di seluruh Indonesia, Kali ini kita berkesempatan ke Majalengka. sungguh sebuah pengalaman yang menambah haru juga menyenangkan berbagi cerita masa kehamila bersama para bunda yang lain, sekaligus melihat sendiri antusias warga Majalengka untuk mengikuti kegiatan dari SGM Bunda.

Perjalanan ke Cirebon




Mamih bersama Bunda Amel, Bunda Liswanti dan Bunda Tri juga ditemani Bunda Diah menuju Cirebon dan kemudian dilanjutkan perjalanan ke Majalengka.

Diceritaiin dulu gak nih keseruan kita selama perjalanan??? atau mau langsung to the point aja??? cerita kita penting loh, apalagi bakalan nambah motivasi kamu kalau mau jalan-jalan bareng sohib, hahahaha.

penting gak penting yoweslah mamih ceritain aja, jadi selama perjalan ini ke ber enam termasuk pak sopir, yaudahlah yah saling samper-menyamper berasa jaman SD mau maen nyamperin temen hahahha.

Berlanjutlah dengan Mak Amel sampe di Depok rumah mamih dan mamih belom siap apa-apa, janjiannya jam 8 jam 7 udah sampe hahahah. Lanjutlah kita ngeteh dulu sambil makan pisang goreng yang kebtulan ada di rumah, biasanya sih jarang-jarang lagi beruntung aja kita bisa menyantap pisang goreng apalagi sambil ngeteh, kan ajib tuh makin banyak dah tulisan di blog bhakakaka.

setelah janjian di pos polisi dengan Bunda Diah, bukan buat laporan sih tapi emang gampang patokannya pos polisi kita langsung ngider lagi menuju rumah bunda tri dan bunda Lis yang Alhamdulillah berdekatan. langsung bisa nyamper keduannya disaat yang bersamaan, apalagi pak supir ni bawa mobil nya juga canggih, posisi tempat duduk pun dirumah, Mamih duduk dibelakang bersama bunda Tri supaya Bunda Lis yang ngevlog yang udah expert bisa leluasa ambil gambar, kit tim hore yang bisanya lagi-lagi dadah dadah aja hahaha.

Selama perjalanan Bunda Liswanti asik banget ngevlognya sesekali juga memberkan masukan dan berbagi ilmu, nah gak salah kan kalau ibu-ibu kumpul yah gak cuman buat gegosipan Jaer ama Salmmon, ekh tapi sesekali juga nyamber kesitu LOL. bhuakakaka.




Sampe rest area sayang banget nih kalau gak pepotoan, karena kostum kita hitam kontras banget dengan cuaca teri, tapi melindungi lemak-lemak disekitar perut jadi bersembuny, apalagi kalau udah namanya jelajalan dan dalam perjalanan bawaannya itu makan terus-terus dan keterusan.




yah dari pada kepanjangan ceritain berapa banyak yang kita makan langsung skip deh yah lanjut ke soal Ibu Hamil. maaf kan kalau agak norak namanya juga baru diajak jalan-jalan dan melihat langsung ke daerah, tentunya hal yang sangat menyenangkan donk. Selama di Cirebon kita menginap di Hotel Grage, jejalan sekitar Hotel dan menyiapkan keesokan paginya menuju Majalengka.


Nutrisi Lezat, Bunda Sehat


Sebelum terjadinya kehamilan memang perlu adanya persiapan selain mental juga butuh pengetahuan agar nanti calon buah hati juga si Ibu bisa sehat, juga optimal perkembangannya. Ternyata ada 1000 hari kehidupan yang di mulai semenjak Ibu mulai hamil sampai anak berusia 3 tahun yang mengalami masa-masa emas dan sanga membutuhkan perhatian khusus. Di 1000 hari pertama kehidupan merupakan pondasi seseorang dalam memanfaatkan perkembangan otak yang cukup besar di usia tersebut serta cikal bakal kesehatan seseorang yang di pupuk hingga dewasa.

Berkaitan dengan masalah keaehatan dan kali ini menyangkut kehamilan tentunya yang harus menjadi perhatian adalah saat ingin merencanakan punya anak, fakta yang diungkap dalam seminar dan sedikit tipsnya.

1.    Pastikan kedua pasangan memang siap .
2.    Tenangkan pikiran, lepaskan masalah-masalah yang membuat pikiran keruh, dan lakukan hal yang menyenangkan bersama pasangan tanpa beban, misalnya dengan berlibur.
3.    Jaga pola makan dan hindari rutinitas atau kegiatan yang membuat stres
4.    Konsultasikan kesehatan kedua pasangan atau bisa melakukan vaksin jika disarankan
5.    Posisi terbaik pada saat berhubungan, ialah wanita dibawah dan setelahnya kasih jeda waktu sekitar 30 menit
6.    Berhubungan lebih sering saat masa subur 
7.    Jangan lupa selalu berdoa 

Untuk menampik omongan miring dalam lingkungan terlebih keluarga memang sulit dan menyakitkan, bila menambah pikiran negatif sebaiknya dihindari saja. 

Setelah dinyatakan hamil, tentunya akan sangat bahagia dan perlu diperhatikan beberapa mitos dan fakta dalam seminar tersebut.


Apakah Ibu hamil harus banyak minum air kelapa ?

Sebaiknya cukupkan asupan cairan dan mineral yang diperlukan Ibu hamil, dan lebih baik minum lebih banyak air putih dan hindari minuman kemasan atau bersoda. Tentunya untuk minum air kelapa sebaiknya di sesuaikan dengan batasan kadar yang dibutuhkan Ibu Hamil.

Apakah tidak boleh menggunakan MSG saat memasak ?

Masih boleh asalkan tidak berlebihan, agar ibu juga bisa menikmati makanan yang di makan. Karena rasa bahagia juga dibutuhkan, jangan makan hanya karena terpaksa.

Apakah boleh makan steik ?

Dalam penelitian terbaru ternyata daging kambing lebih sehat dibandingkan daging sapi, bila dimasak tentunlah pilih yang benar-benar matang, juga cek kembali dari kualitas daging tersebut.


Apakah Ibu hamil boleh mengkonsumsi kopi ??

Boleh dengan batasan maksimal 300gr perhari 

Apakah minum minyak kelapa akan memperlancar persalinan ?
Minum minyak kelapa itu tidak dapat menembus rongga lahir jadi sebenarnya tidak ada hubungannya minum minyak kelapa dengan lancarnya proses persalinan.
Begitu dinyatakan hamil, saat itulah Anda harus mulai berhati-hati dalam memilih asupan sebab makanan yang Anda konsumsi akan diserap oleh bayi sebagai nutrisi untuk pertumbuhannya. Salah memilih nutrisi, seperti keliru mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin A, kemungkinan juga menyebabkan bayi di dalam kandungan mengalami keracunan.
Hamil bukanlah berarti bahwa seorang ibu harus memakan dengan jumlah porsi untuk dua orang. Para ahli merekomendasikan ibu hamil dengan berat badan normal untuk mengonsumsi 1800 kalori pada trimester pertama, 2200 kalori pada trimester kedua, dan 2400 kalori pada trimester terakhir. Agar bayi di dalam kandungan mengalami pertumbuhan dengan baik, Anda disarankan mengonsumsi zat makanan berikut sebagai sumber nutrisi ibu hamil.
Karbohidrat Karbohidrat yang disarankan untuk ibu hamil adalah yang mengandung zat tepung, misalnya nasi, pasta, kentang, dan roti. Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sumber karbohidrat sebanyak 7 hingga 11 porsi setiap harinya sesuai kebutuhan kalori harian Anda. Karbohidrat akan diubah menjadi energi untuk ibu hamil dan pertumbuhan bayi di dalam kandungan.
Protein Saat hamil, Anda memerlukan 70 gr protein setiap harinya. Anda bisa mendapatkan protein dari sumbernya, yaitu ikan, daging, telur, tahu, susu, kerang, dan yogurt. Kebutuhan akan protein ini dapat terpenuhi saat Anda mengonsumsi tiga hingga empat porsi protein setiap harinya. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan protein harian ibu hamil, Anda dapat mengonsumsi dua cangkir yogurt, dua cangkir susu, dan 142 gram dada ayam.
Lemak Anda pun butuh lemak sebagai nutrisi ibu hamil. Tidak ada batas minimal lemak yang harus Anda konsumsi. Meski demikian, tentu saja tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan. Selain itu, pilihlah sumber lemak nabati yang sehat, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan avokad.
Serat dan vitamin Pada saat hamil, setiap harinya Anda memerlukan 2,5 hingga 3 cangkir sayur dan dua cangkir buah untuk memenuhi kebutuhan akan serat. Serat pada sayur dan buah berguna untuk membantu sistem pencernaan. Bahan makanan ini juga mengandung berbagai mineral dan vitamin, seperti vitamin A dan C. Anda dianjurkan untuk banyak mengonsumsi sayuran hijau untuk mendapatkan vitamin A, zat besi, dan asam folat. Agar tidak bosan dalam mengonsumsi serat, pilih buah dan sayur yang beragam, seperti apel, mangga, jeruk, ubi jalar, dan nanas.

Kalsium Sebanyak tiga cangkir susu atau susu kedelai yang diperkaya kalsium per hari dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium ibu hamil. Pilihan lain untuk asupan kalsium adalah sarden atau jus jeruk yang telah diperkaya kalsium. Jika Anda menyukai keju sebagai pengganti makanan-makanan yang telah disebutkan, utamakan yang rendah lemak. Yogurt rendah lemak juga dapat menjadi pilihan yang baik. Sebab, satu cangkir yogurt memiliki kadar kalsium lebih banyak daripada secangkir susu.
Zat besi Fungsi zat besi adalah membentuk hemoglobin dan kemudian bersama-sama memasok oksigen untuk sel darah merah. Ketika hamil, kebutuhan zat besi Anda meningkat hingga 50 persen. Peningkatan kebutuhan ini terutama pada dua trimester terakhir. Setiap harinya, ibu hamil memerlukan setidaknya 27 miligram asupan zat besi. Sumber zat besi ada pada sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak. Jangan sampai Anda mengalami defisiensi zat besi karena akan menyebabkan kelelahan dan anemia defisiensi besi. Bayi pun menjadi berisiko mengalami lahir dengan berat badan rendah.
Asam folat
Sejak awal hingga usia kehamilan 12 minggu, Anda dianjurkan untuk mangonsumsi suplemen asam folat sebanyak 400 mcg per hari. Anda juga membutuhkan asam folat alami yang disebut folat. Berbeda dengan asam folat yang takarannya sudah jelas, folat sendiri tidak memiliki takaran yang direkomendasikan. Sumber folat adalah sayuran berwarna hijau. Sebagian margarin dan sereal juga telah diperkaya dengan asam folat. Fungsi asam folat pada ibu hamil adalah mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf (cacat lahir).

Nutrisi ibu hamil dapat berbeda takarannya, tergantung kepada usia, berat badan, usia kehamilan, dan aktivitas fisik masing-masing ibu hamil. Karenanya, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter tentang takaran tepat dari makanan yang harus dikonsumsi.
Sayuran Hijau
Sayuran berdaun hijau tua seperti bayam dan kangkung adalah sumber zat besi, serat, folat dan vitamin C. Kehamilan membuat ibu hamil kurang zat besi. Asupan sayur bayam akan membantu ibu mengatasi kekurangan zat besi.

Nasi Merah
Nasi merah kaya akan serat, zat besi dan vitamin B. Di samping itu nasi merah juga rendah indeks glikemik dan membantu ibu hamil merasa kenyang lebih lama. 

Stroberi
Buah beri yang satu ini sering dijuluki makanan super karena mengandung antioksidan, folat, serat dan vitamin C. 

Minyak Ikan
Penting bagi ibu untuk memastikan mendapat asupan dua porsi ikan yang kaya akan asam lemak omega tiga. Asam lemak ini diperlukan untuk perkembangan mata dan sistem saraf bayi. Sumber asam lemak omega tiga ada pada ikan salmon. Kalau mahal, pilihlah ikan kembung.
Namun British Nutrition Foundation mengingatkan wanita hamil sebaiknya tidak berlebihan makan ikan karena dikhawatirkan mengandung polutan yang berbahaya buat bayi.

Pisang
Buah ini mengandung potassium yang diperlukan untuk mengatasi penahanan cairan yang bikin kaki jadi bengkak dan kram saat hamil. Pisang juga mengandung serat dan gula yang dirilis perlahan sehingga membuat ibu kenyang lebih lama. Seratnya bagus untuk mencegah sembelit. Jadikan pisang sebagai camilan menyehatkan buat ibu hamil.
Daging Merah
Daging merah tanpa lemak merupakan sumber zat besi yang diperlukan saat kehamilan agar ibu tidak terkena anemia. Daging juga merupakan sumber protein.
Hindari mengonsumsi hati saat hamil karna mengandung retinol yang tinggi. Retinol adalah bentuk vitamin A yang bisa berbahaya untuk calon bayi.

Kiwi
Kiwi adalah buah dengan kandungan vitamin C lebih tinggi dari buah jeruk. Buah kiwi juga kaya akan antioksidan dan folat. Keduanya diperlukan untuk perkembangan bayi.
Ubi
Ubi kaya akan antioksidan, vitamin B, C dan serat. Selain itu, ubi juga sumber karbohidrat yang sehat sehingga ibu jadi kenyang lebih lama. Kandungan seratnya diperlukan untuk mencegah sembelit.

Selama masa kehamilan dengan kondisi yang berbeda dari tiap Ibu hamil memang unik, tetapi kembali perhatikan asupan gizi yang di butuhkan, utamakan  kualitas dari makanan yang di konsumsi bukan hanya melihat kuantitasnya, karena nanti hanya membuat Ibu hamil yang begitu melonjak kelebihan berat badan. Usahakan kenaikan berat badan berkisar 8-15 kg. Kehamilan bukan sebuah penyakit melainkan anugerah yang teramat besar dan harus disyukuri. Berikan rasa sayang pada bayi dan Ibu hamil buat selalu ceria dan berfikir positif menikmati tiap moment berharga dalam indahnya kehamilan



Sejauh ini memang mamih beberapa kali mengkonsumi makanan dengan mengandalkan nutrisi yang baik dan cukup sebisa mungkin tapi kan mamih juga tidak menghitung-hitung nih apakah sebenarnya yang mamih konsumsi itu sudah mencukupi atau belum. Petingnya nutrisi Ibu Hamil tentu saja akan terasa untuk meningkatkan gizi generasi penerus bangsa kelak.


Kegiatan SGM Bunda




Saat di Majalengka agak menarik sih mamih menemukan, seorang nenek yang bersama cucunya berusia 3 tahun, mamih kira ingin mengantarkan anaknya, ekh ternyata nenek itu yang sedang mengandung calon dede bayi, memang si nenek terlihat masih muda, tetapi ketika memasuki usia 35 tahun keatas masuk kepada kehamilan yang beresiko. Selain itu usia bunda yang sedang mengandung di Majalengka itu mulai dari usia rata-rata 20 tahun, dan ternyata jika terlalu muda juga memiliki resiko ketika mengandung. Agak ironi juga bunda hamil di Majalengka banyak yang baru pertama kali melakukan USG loh, bahkan sangat terharu ketika ada satu Bunda yang melakukan USG pertama kali saat hamil anak keempat. Wah sunggu kegiatan SGM BUnda membantu sekali dan mereka juga sangat antusias mengikuti kegiatan.



Dalam upaya mendukung pemenuhan nutrisi yang tepat untuk Ibu Hamildalam menjalani masa kehamilan yang sehat dan menyenangkan, Sarihusada melalui susu khusus Ibu Hamil SGM Bunda mengusung kampanye bertajuk “SGM Bunda: Nutrusi Lezat, Bunda Sehat”. Salah stu inisiatif untuk mendukung kampanye tersebut adalah melalui kegiatan  Mobi SGM Nutrisi Lezat, Bunda Sehat yang kali ini digelar di Balai Desa Sukasari Kidul, Majalengka Jawa Barat.
Kegiatan inni merupakan rangkaian kampanye yang hadir dengan sejumlah aktivitas Cuma-Cuma bagi para Bunda yang tidak tinggal di Kota Besar. Edukasi dan kegiatan ini sangat dibutuhkan juga di dukung oleh sarihusada dan disambuut baik oleh Kepala Desa juga kepala Puskemas di Desa tersebut. Kegiatan ini antara lain akan memberikan wawasan seputar menjalani kehidupan dalam masa kehamilan, untuk mencetak anak bangsa yang semamkin cerdas dan sehat.
Rangkaian kegiatan :
  • Edukasi tentang kehamilan sehat
  • Konsultassi dengan ahli nutrisi
  • USG Bunda
  • Video Live Chat bersama brand ambassador Alyssa Soebandono
Nah sangat menarik kan, selama kegiatan berlangsung peserta yang terdiri dari puluhan Ibu Hamil ini selalu aktif bertanya dan sangat senang dengan hadirnya Mobi SGM Bunda di Ddesa mereka. Setelah USG mereka juga foto bersama dengan hasil USG yang tercetak dan tentu saja sangat menjadi sebuah moment berharga, berbeda yang dengan di Kota besar yang mempersiapkan foto megah dengan perut buncitnya. Dari sini bisa terlihat bagaimana perasaan senang dan terharu yang Mamih lihat dari para BUnda dan mamih ikut larut menikmati kegembiraan mereka. Sungguh dalam perjalanan mamih mengambil hikmah dengan mensyukuri dan belajar lagi untuk merasa beruntung.




Perlu diketahui juga bahwa Mobi SGM Bunda ini telah berjalan sejak akhir 2015 dan sudah mengunjungi ribuan titik dan pada tahun ini Mobi SGM Bunda akan mengunjungi 2000 titik untuk menjangkau sekitar 75.000 bunda di pelosok Indonesia.




Ada   4 T  yang perlu diperhatikan juga dalam mempersiapkan kehamilan, antara lain :
Terlalu muda
Seorang ibu minimal berusia 20 tahun dan sebaiknya tidak disarankan kurang dari itu karena sistem reproduksi wanita belum sempurna dan matang..Pada usia dibawah 20 tahun juga kondisi pinggul belum berkembang yang penting adalah kondisi mental juga belum siap menghadapi masa kehamilan juga  memiliki anak.

Resiko jika sang ibu hamil di usia kurang dari 20 tahun seperti kelahiran bayi prematur, keguguran, pendarahan, kematian pada bayi dan bahkan kematian bagi ibu.

Terlalu tua
Seperti yang Mamih singgung diatas untuk para wanita sebaiknya menghindari hamil pada usia lebih dari 35 tahun dan masa ini dianggap terlalu tua unuk menjalani kehamilan.Pada usia ini organ kandungan menua  dan juga diusia 35 tahun keatas itu kondisi kesehatan ibu mulai menurun.Banyak risiko kehamilan juga seperti bayi lahir cacat, hipertensi, pre-eklampsi dll.

Terlalu dekat
Jarak kehamilan kurang dari 2 tahun ini termasuk jarak kehamilan dekat karena kondisi rahim ibu belum pulih dan jika mengalami kehamilan dengan jarak dekat risikonya beragam seperti anemia, keguguran, si Kecil mengalami Berat  Badan Lahir Rendah dll.Sebaiknya jika ingin hamil lagi pastikan jarak kehamilan itu lebih dari 2 tahun. Apalagi jika kelahiran pertama dengan operasi sesar, sangat berbahaya bagi kondisi Ibu hamil juga bayi yang dikandung.

Terlalu banyak
Dikatakan terlalu banyak anaka yaitu ibu pernah hamil atau melahirkan lebih dari 4 kali.JIka melahirkan lebih dari 4 kali kondisi dinding perut ibu mengendor.Risiko jika terlalu banyak memiliki anak yaitu dari segi finansial yang pasti memerluan banyak biaya tak hanya itu biasanya ibu yang terlalu banyak melahirkan, pada kehamilan berikutnya si bayi dalam perut letaknya melintang, pendarahan saat melahirkan dll.




Tentu saja sebagai Ibu kita sebaiknya menyiapkan masa kehamilan dan menghindari resiko yang nanti bisa terjadi, jika meminimalisir kejadian atau resiko akan menyelamatkan banyak jiwa. Selain itu lingkungan juga perlu adanya dukunya, jangan lagi melahirkan dirumah tanpa didampingi bidan, dokter atau ahli, sebaiknya lakukan di klinik, puskemas atau dengan fasilitas melahirkan yang baik. Dianjurkan juga orang yang mendampingi seperti suami, orang tua, dan kerabat memberikan dukungan moril, mempersiapkan segala kebutuhkan untuk melahirkan juga berdoa agar Bunda yang akan melahirkan beserta sang bayi sehat serta selamat.



SGM Bunda memahami peran penting bunda sebagai sumber nutrisi utama untuk si Kecil maka dari itu SGM Bunda hadir untuk membantu memenuhi nutrisi harian dengan rasa lezat dan tepat hingga menyusui.

Susu SGM Bunda memiliki 3 rasa yaitu cokelat, jeruk dan strawberry dengan formula presinutri+ yang didalamnya mengandung nutrisi mikro pada masa periode kehamilan hingga menyusui.Rasanya gimana? Enakk tidak bikin eneg.Dalam 1 hari para Ibu hamil cukup mengkonsumsi 1 gelas saja untuk membantu pemenuhan nutrisinya.




Untuk mengetahui info lanjut mengenai kehamilan juga bisa melalui




6 komentar:

  1. Aihhh seru banget bacanya...
    Xixixi makasih byk info segernya ya bunda mira...

    BalasHapus
  2. Cakep fotonya apalagi orang2 dalam fotonya bun..^_^

    BalasHapus
  3. Seru banget nih mba eventnya :)

    BalasHapus
  4. Wah baca artikel ini kek baca novel.. suka suka.

    Mbak adalah ibu multitalenta.. ibarat hp itu multitasking.

    STLH baca diatas .. ternyata jadi ibu itu susah2 gampang yaaa 😍😍😍😘😘

    BalasHapus
  5. Bener banget, nutrisi itu penting banget buat ibu hamil ya

    BalasHapus
  6. lengkap bgt maik infonya, tq

    BalasHapus