Sabtu, 29 April 2017

Tempat Wisata Impian di Bandung Untuk Pasangan dan Keluarga



Senang sekali yah dalam bulan April 2017 libur panjang akhir pekan berurutan, apalagi menyoal untuk wisata bersama keluarga tentunya waktu libur sangatlah panjang. Untuk keluarga kecil seperti mamih dengan budget yang tidak besar untuk liburan tentulah hanya pergi ke tempat murah juga terjangkau untuk saat ini.



Biasanya kawasan yang paling favorit dan sudah melengkapi keinginan kami untuk berwisata ya di Bandung. Hampir tiap minggu kami ke Bandung, selain ada keperluan pribadi juga sekaligus untuk sekedar melihat dan merefresh diri.




   Macettt gak??

Klo untuk tingkat kemacetan sih selama perjalanan hanya ketika longweekend saja dilanda kemacetan, tetapi harus pintar-pintar nih mengambil waktu yang tepat untuk memulai berkendara.

Sabar memang satu-satunya alternatif saat dilanda kemacetan. Intinya dalam berwisata sih ingin menikmati alam juga keseruan bersama keluarga kalau saat macet malah jadi moment seru bisa dilihat kan sifat asli dari tiap anggota keluarga dan saling melengkapi juga menghibur bisa jadi obat mujarab dalam kemacetan.


   Budget

Biasanya mamih menyesuaikan dana yang dimiliki, tidak mau terlalu royal saat berwisata tapi juga gak irit gila hahaha. Biasanya dana keluar sih fleksibel sesuai dengan kebutuhan. Misalkan untuk mencari penginapan, sebisa mungkin yang bisa selonjoran dan membuat nyaman, tetapi dengan tarif yang terjangkau. Banyak loh sekarang pilihan kamar yang bisa dinikmati dan beristirahat bersama keluarga.

Tetap diprioritaskan kebutuhan penginapan untuk tidur dan sarapan saja atau memang kita mau berlama-lama menikmati dan memanjakan diri di penginapan tersebut. Bisa banget nih pilih penginapan dengan budget murah langsung ke Reddoorz. Banyak sekali pilihan penginapan dengan harga yang terjangkau dan budget yang pas banget, tetapi tetap memiliki prioritas kenyamanan yang sesuai dan tidak mengecewakan.

Biasanya mamih juga memisahkan uang jajan, uang receh, dan uang pembayaran ke tempat wisata atau keperluan yang sudah pasti. Kalau ingin beli sesuatu tetapi dibatasi besar biaya yang dikeluarkan dan uang receh untuk keperluan parkir pak ogah dan lainnya, gak mau juga sih kendaraan dibaret hanya gegara gak mau mengeluarkan yang 1000 atau 2000 karena ada cerita seperti itu dalam kehidupan nyata.



Untuk kendaraan pastikan dalam kondisi yang fit maksimal. Jadi gak ada cerita mogok dijalan karena gak mau juga tetiba ditengah hutan gelap dan kendaraan berhenti, apalagi jauh dari bengkel duhh ammsyongg puyunghayy deh. Karena pernah banget saat bulan madu, huruf besar nih yah BULAN MADU baru awal menikah kita ceritanya ke Bandung donk yah tujuan wisatanya sih mau ke Kawah Putih. Karena segala persiapannya dadak kita naik motor nih dari Tangerang ke Bandung. Dan iyah bangett dong dong dudulipet si motor mogok, mana pas gelap sepanjang jalan hutan dannkita benar benar kaya lagu berjalan panjang di Cianjur. Karena masih indehoy pengantin baru yah dinikmati dengan happy haha kalau sekarang si ogah kayaknya. Apalagi gendong Babam, tapi pernah juga sih hamil besar mogok, ama Babam mogok duhh juara nikmatnya.



Saat jalan sih ada beberapa planing juga untuk jalan alternatif yang diambil jadi klo jalan A macet lewat jalur B yah direncanakan dengan searching track atau jalur yang akan dilalui. Bila ada jalur yang sulit, menikut dan berbelok tajam pastikan sudah menguasai medan jalan, hihi. Tapi practice make perfect lah. Sudah juga menentukan dan booking penginapan sebelumnya, biasanya kalau dadak akan ada beberapa kesulitan, kalau kamar penuh, kebagian kamar yang seadanya dan main cari carian.

Selama perjalanan sih biasanya saya menikmati alur daerah yang dilalui, saat membawa Babam pun saya sudah menyiapkan segala keperluan anak. Jaket, baju ganti, sabun cuci, perlengkapan mandi ukuran mini, mainan, buku, sendal, sepatu, camilan dan mental saat Babam ada di saat mood nya gak enak atau tantrum. Kebetulan memang Babam tipikal anak yang sangat aktif dan kekeuh, sedang menjalani proses kompromi dalam berbagai keadaan. Bisa lari sangat cepat dan berpindah badan dengan mengagetkan. Kalau pergi sama Babam banyak kehebohan yang terjadi walaupun sangat lelah dan buat emosi naik turun liburan tetap bisa dinikmati.


Liburan impian dari semenjak menikah sampai saat ini kami sudah berkunjung ke beberapa tempat wisata yang dekat dan tidak terlalu jauh. Untuk berikutnya kami sangat memimpikan ke tempat wisata di Bandung yang memberikan sebuah pengalaman estetis dan moment berharga. Mamih ingin sekali mengulang pengalaman indah dan menyenangkan selama bulan madu saat menikah (tapi bukan pas mogok).

 Nah yang jadi bahan pertimbangan memang lokasi wisata, pertama kami ingin mengunjungi ke lebih dari satu tempat wisata yang bisa mengakrabkan tali perkeluargaan antar individu dalam anggota keluarga (intinya kebersamaan). Kami juga ingin mengajarkan anak kami Babam dalam berbagai situasi udara, pemandangan alam dan pembelajaran mengenai lingkungan yang asri.

Selain cocok untuk edukasi keluarga Mamih ingin sekali mengenang masa indah saat bulan madu, mengingat moment cinta yang kami pupuk di awal pernikahan juga berusaha merawatnya sampai di 5 tahun pernikahan kami. Walaupun baru tapi kami juga ingin merasakan romantisme alam dengan berbalut cinta yang bernilai sederhana.

Tujuan mamih saat berwisata tak hanya foto saja tetapi bagaimana bisa berinteraksi dengan anggota keluarga dan benar-benar waktu hanya bertiga yang kami rasakan tanpa melibatkan orang lain. Selain itu juga memiliki goal yang dibawa saat pulang dan kembali menjalani rutinitas sehari-hari. Mimpi sederhana yang coba mamih bangun dan berusaha mamih wujudkan. Ada tiga hal yang ingin mamih tingkatkan dalam kehidupan bersama anggota keluarga. Yakni, Komunikasi, Peduli, menghargai.

Kami di berikan waktu untuk saling mengungkapkan pendapat seperti memilih penginapan tempat wisata dan lain-lain bisa membagi tugas untuk memesan, packing, menyiapkan keperluan, juga belajar bagaimana menyampaikan dengan tidak menyudutkan juga membuat kecewa

Tentu saja saat berwisata ada kalanya kami lelah, saling memiliki inisiatif untuk peduli satu sama lain, berusaha mengerti kesulitan pasangan (apalagi kalau macet) dan memberikan sebuah empati satu sama lain.



Belajar menerima dan bersyukur apalagi ketika dihadapkan langsung pada keindahan alam, mencoba untuk tidak buang sampah sembarang, menjaga sikap juga selalu memiliki sebuah proses pendewasaan dan berusaha menjadi lebih baik.

Hal-hal sederhana biasanya akan terlihat dan bisa diperbaiki saat anggota keluarga berkumpul dengan waktu berkualitas bersama juga saling interaksi satu sama lain.
....


Jadi kepanjangan pidato yahhhh???


Jadi langsung saja deh Mamih ingin menjembreng beberapa lokasi wisata yang akan kami datangi di next liburan berikutnya, memang tempat wisata ini merupakan impian sederhana mamih yang  memiliki tujuan besar dan berusaha di wujudkan.


Kawah Putih

Berwisata ke Kawah Putih, melihat keindahan kawah yang mempesona tentunya menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Tempat wisata yang berada di kawasan bandung ini memiliki tempat beragam yang harus di kunjungi oleh wisatawan, khususnya wisatawan luar bandung. Banyaknya tempat wisata di bandung menjadikan bandung memiliki tempat beragam yang dominan dengan udara sejuk bila dibandingkan wisata lain, terlebih wisata yang dekat dengan ibu kota, jakarta.



Ranca Upas

Ranca Upas terletak di Ciwidey, Bandung. Luasnya sekitar 215 hektar dan berada di bawah kelola Perhutani Bandung. Apabila kita menempuh perjalanan dari Kawah Putih, jaraknya kurang lebih 6 km.
Ranca Upas ini terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya, penangkaran rusa, bumi perkemahan, area untuk bermain, serta hutan lindung. Fasilitas lain yang bisa kita nikmati ketika berkunjung ke sini adalah ATV, pemandian air panas, tempat memancing, dan lain-lain.


Bagi yang ingin masuk ke Ranca Upas kita harus membayar tiket yang berbeda dengan tiket kendaraan. Ranca Upas adalah salah satu wisata favorit keluarga di Bandung. Tempat ini akan lebih ramai jika hari libur atau akhir pekan.
Untuk yang ingin berkemah, jangan risau karena Ranca Upas menyediakan perlengkapan kemah lengkap yang bisa kita sewa. Kalau lapar, di sini pun tersedia warung-warung makan dengan aneka menu yang lumayan pas di lidah. Sembari kemah, kita pun dapat melihat hewan rusa, menyenangkan, deh.


Perkebunan Stroberry

Produk utama dari daerah Ciwidey adalah buah stroberi. Di perkebunan stroberi yang terletak di Desa Alam Endah, Ciwidey, kita bisa menikmati keindahan dan kesejukan hawanya dengan berjalan menyusuri luasnya perkebunan stroberi.
Kita pun bisa mencicipi buah stroberi dengan memetiknya sendiri dan mendapat pengetahuan juga tentang cara menanam stroberi yang baik.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Perkebunan Stroberi Desa Alam Endah Ciwidey adalah ketika musim kemarau, karena di musim itulah buah stroberi terbaik akan didapatkan



Duh ketiga tempat tersebut memang kece untuk dikunjungi. Tetapi perlu rencana matang untuk merencanakan sebuah liburan yang tertata dan menyenangkan. Rencana nanti hari pertama saya akan berangkat dari Jakarta lanjut menginap di daerah sekitar tol pasteur atau Jl. Djudjunan karena ada kuliner menarik disana yang mau saya coba. Setelah menginap  keesokan paginya lanjut jalan menuju lokasi wisata seharian penuh dan kembali ke penginapan.



Saya ingin pilih penginapan yang senyaman rumah sendiri dan harga tentunya terjangkau. Langsung deh teringat dengan Reddoorz yang begitu banyak pilihan dan harga sesuai kantong mamih. Jadi bisa untuk jajan dan beli oleh-oleh karena memang camilan di Bandung rasanya unik juga menarik.  Semoga bisa menginap di lokasi yang nyaman dan hanya pilih melalui Reddoorz .

18 komentar:

  1. Hai nice story, saya juga ikutan nih, yuk tengok blog saya....

    BalasHapus
  2. noted mba , informasinya berguna ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah seru nih kalau ajak keluarga

      Hapus
  3. Babam pasti betah ya nginep disana

    BalasHapus
  4. Kalau orang bilang "kawah putih" berarti ya Bnadung, tempat ini emang hits banget buat wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iyah masih tetap merajai wisata Bandung nihh Kawah putih

      Hapus
  5. Suka lihat foto berlatar hutan, mira menggendong Babam...

    BalasHapus
  6. perkebunan stroberi...pengen banget kesana, bisa metik setiap saat nggak yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. petik hatiku aja mba tuty hehe

      Hapus
  7. Honeymoon naik motor biar punya anak yang ganteng kayak Babam ya, haha... Mungkin ini tips, Mba. Tempat wisata di Bandung memang bagus2, jadi sayang kalau langsung pulang. Enaknya memang nginap 2 atau 3 hari ya, cari penginapan yg nyaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakaka, iyah mungkin bisa mba, nah cobain cobainn hahaha, tapi wktu hamil Babam memang suka pergi-pergi yang paling kuinget nonton classic rock haha

      Hapus
  8. Wah....aku denger temen2 yg udah pernah kemping di Ranca Upas itu menyenangkan katanya. Kawah putih pernah 1x. Mengundang selera nih stroberi aku blm pernah 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyahhh pemandangannya luas dan manjain mata

      Hapus
  9. Kawah putih dan perkebunan stroberi udah pernah... Yang belum ranca upas. Pankapan deh ya hehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pankapan jgn pas longweek dan berangkat sianggg ya mak haha

      Hapus