Selasa, 14 Maret 2017

Cara Stop HOAX dan Pentingnya Informasi Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan


Mirr koq kamu 10 bulan belom lahir-lahirrr ???
Mir koq kamu hamil masih naik motor ???
Ini loh minum minyak supaya cepet lahirnya ??

Pertanyaan pertanyaan seperti itu sungguh agak membingungkan dan mengganggu, mau saya orang yang secuek apapun betul hal-hal sepele dari komen negatif orang bikin hati bergidik. Mungkin banyak yang perhatian akan kehamilan yang saya alami. Apalagi kehamilan pertama banyak sekali peristiwa yang mengagetkan dan lebih banyak menakutkan karena informasi yang tersebar setengah-setengah.

Apa-apa memang saya melakukan pencaharian melalui jejaring internet, yang berhasil memuat segala rangkuman i formasi dari kata kunci yang saya ketik. Dari lembaran perhalaman yang saya baca, bukannya saya merasa mendapatkan solusi dari peermasalahn malah menambah ruwet pikiran, karena ada fakta, dan informasi, balik lagi ke logika yang saling bertentangan . Belum lagi ada bonus plus-plus mitos yang beredar dikalangan lingkup kekuarga, tetangga dengan cerita yang konon turun temurun dan tidak diketahui benar adanya.

Memang sih paling masuk langsung mencari tahu ke ahli, misalnya bidan atau dokter yang pasti jelas kredibilitasnya atau gabung ke grup yang di rekomendasi juga balik lagi katar belakangannya jelas.

Wara-wiri berita di jejaring media sosial berbaris dan kita leluasa bebas berselancar melakui artikel berita yang beredar. Tapi benar-benar di ingat nih, ternyata belum tentu semua itu bemar, apalagi mencakup masalah kesehatan yang gak main-main loh yang dipertaruhkan nyawa.

Pada saat kehamilan saya memang bergabung di dalam diakusi rombongan bumil-bumil seksih yang jelas latar belakangnya, ada ahli , dokter juga bidan yang siap melayani pertanyaan juga permasalahan kita dalam forum diskusi tersebut.

Karena memang forum diskusi menurut saya sangat penting untuk memutus tali mitos yang gak benar juntrungannya atau malah membahayakan.  Kalau ada diskusi suptar kesehatan yang dilakukan dengan pelaksana yang di datangi oleh ahli yang tepat akan membantu membuat masyarakat lebih cerdas dalam menyerap informasi.

Beruntung beberapa waktu lalu saya berpasrtisipasi dalam seminar untuk mengungkap mitos dan fakta seputar dunia kehamilan. Sangat mmenarik sekali karena ada ahli langsung dan para undangan juga mendapatkan informasi yang valid serra bisa diskusi juga tanya jawab bersama ahli.

Acara yang diselenggarai atas kerjasama Obsat dan RS Mayapada ini turut mengundang selebriti dan dokter ahli yang siap menularkan pengalaman juga pengetahuan seputar kesehatan masa kehamilan.

Sebelum terjadinya kehamilan memang perlu adanya persiapan selain mental juga butuh pengetahuan agar nanti calon buah hati juga si Ibu bisa sehat, juga optimal perkembangannya. Ternyata ada 1000 hari kehidupan yang di mulai semenjak Ibu mulai hamil sampai anak berusia 3 tahun yang mengalami masa-masa emas dan sanga membutuhkan perhatian khusus. Di 1000 hari pertama kehidupan merupakan pondasi seseorang dalam memanfaatkan perkembangan otak yang cukup besar di usia tersebut serta cikal bakal kesehatan seseorang yang di pupuk hingga dewasa.

Dalam acara yang Obsat kali ini mengambil mitos dan fakta seputar kehamilan juga bagaimana cara untuk mendeteksi informasi yang benar dan informasi yang sesat di media sosial atau juga internet. Hadir dalam acara ini yang memimiliki perngalaman ahli dibidang masing-masing juga pengalaman dari Selebriti mengenai kehamilan.




Acara pada hari kamis 23 Februari di Beranda Kitchen Jakarta merupakan rangkaian dari Obsat atau Obrolan Santai yang diselenggarakan Beritagar.Id bekerjasama dengan Mayapada Hospital, dihadiri oleh nara sumber yang tengah hamil nan cantik yaitu selebriti Kinaryosih, ada juga mba Rahne Putri seorang Blogger & Influencer, Mba Tika yang mewakili (Mafindo) Masyarakat Anti Fitnah Indonesia, dan ahli dalam bidang kandungan dari Mayapada Hoospital yaitu Dr Yuslan Edi Fidianto, SpOG yang akan memberikan informasi bertema “ Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan”.

Apa sih info yang akan di bagikan?? Tentunya cara bagaimana menangkal informasi yang sesat dan agar tidak terpengaruh informasi tersebut. Dengan kemudahan teknologi, apalagi teknik salin temoel atau teknik Copy paste yang kian mudah di smartphone, semakin banyak pula orang yang hanya memainkan jarinya bisa menyebarkan berita bohong atau tidak benar dan bisa jadi hanya sebuah rekayasa. Tetapi informasi ini lebih dari gosip yang bisa berbahaya bagi orang-orang yang mudah dipengaruhi dan tidak melakukan kroscek sebelumnya mengenai informasi yang diterimanya.

Mba Tika perwakilan dari MAFINDO membagikan tips singkan agar para pengguna media sosial dari segala pwnjuru tidak mudah yerhasut oleh berita HOAX atau berita tidak benar.

Mudah sekali untuk di ingat dengan hanya menggunakan rumus 6 P

Apa Itu Rumus 6 P  ??


Pakai Hati, Pakai Akal Sehat, Perhatikan Sumber, Perhatikan Info, Periksa Redakksi, dan Putuskan Rantai.

Pakai Hati sangat diperlukan karena prinsip “kehati-hatian merupakan keutamaan dalam menghindari HOAX. Jikalau tidak perlu atau headlines berita mencurigakan langsung bisa dihindari saja.

Pakai Akal Sehat Ciri berita atau info sehat adalah banyak hal yang mengada-ada, bila kita pikirkan kembali isi berita tersebut merupakan isapan jempol belaka, apalagi bila sudah ada kata-kata “ sebarkan sekarang dan bla bla bla” bisa dicurigai bahwa berita tersebut tidak bisa dipercaya. Lebih bijak dan rasional mencari tahu bahasan dari info yang diterima.

Perhatikan Sumber cek dan waspada pada portal berita yang tidak kredibel. Lihat dulu alamat websitenya, penulis beritanya.

Perhatikan Info, lihat kembali apakah isi dari informasi yang kita terima, selalu pikir berkali-kali dan membaca kembali lagi berita yang diterima sebelum diaebarkan atau dipercaya.

Periksa Redaksi, kembali perlu dilihat dari alamat redaksi, susunan penerbit, juga latar belakang dari orang-orang dibalik dari berita tersebut apakah valid dan kredibel atau tidak. Bila dirasa kurang terpercaya lebih baik hindari.

Putuskan Rantai, Stop menyebarkan berita atau informasi yang tidak jelas atau tidak termasuk bagian dari hal-hal patut dipercaya setelah kita melakukan krocek dengan cara diatas. Biasanya langsung hentikan oenyebaran agar berita tersebut tidak lagi viral.

Biasanya nerita cepat menyebar karena isi yang dibuat begitu persuasif membuat orang ingin menyebarkannya dan belum tentu benar. Biasanya ingin terlihat sebagai “little hero” yang mengetahui sebuah informasi uodate tapi belum tentu benar. Kan jadi prihatin dengan penyebaran hal seperti itu, niatnya memberikan informasi tetapi justru hanya menjadi tangan panjang penyebar berita bohong.


Berkaitan dengan masalah keaehatan dan kali ini menyangkut kehamilan tentunya yang harus menjadi perhatian adalah saat ingin merencanakan punya anak, fakta yang diungkap dalam seminar dan sedikit tipsnya.


  1. Pastikan kedua pasangan memang siap .
  2. Tenangkan pikiran, lepaskan masalah-masalah yang membuat pikiran keruh, dan lakukan hal yang menyenangkan bersama pasangan tanpa beban, misalnya dengan berlibur.
  3. Jaga pola makan dan hindari rutinitas atau kegiatan yang membuat stres
  4. Konsultasikan kesehatan kedua pasangan atau bisa melakukan vaksin jika disarankan
  5. Posisi terbaik pada saat berhubungan, ialah wanita dibawah dan setelahnya kasih jeda waktu sekitar 30 menit
  6. Berhubungan lebih sering saat masa subur 
  7. Jangan lupa selalu berdoa 

Untuk menapikomongan miring dalam lingkunga terlebih keluarga memang sulit dan menyakitkan, bila menambah pikiran negatif sebaiknya dihindari saja. 

Setelah dinyatakan hamil, tentunya akan sangat bahagia dan perlu diperhatikan beberapa mitos dan fakta dalam seminar tersebut.


Apakah Ibu hamil harus banyak minum air kelapa ?

Sebaiknya cukupkan asupan cairan dan mineral yang diperlukan Ibu hamil, dan lebih baik minum lebih banyak air putih dan hindari minuman kemasan atau bersoda. Tentunya untuk minum air kelapa sebaiknya di sesuaikan dengan batasan kadar yang dibutuhkan Ibu Hamil.

Apakah tidak boleh menggunakan MSG saat memasak ?

Masih boleh asalkan tidak berlebihan, agar ibu juga bisa menikmati makanan yang di makan. Karena rasa bahagia juga dibutuhkan, jangan makan hanya karena terpaksa.

Apakah boleh makan steik ?

Dalam penelitian terbaru ternyata daging kambing lebih sehat dibandingkan daging sapi, bila dimasak tentunlah pilih yang benar-benar matang, juga cek kembali dari kualitas daging tersebut.


Apakah Ibu hamil boleh mengkonsumsi kopi ??

Boleh dengan batasan maksimal 300gr perhari 

Apakah minum minyak kelapa akan memperlancar persalinan ?
Minum minyak kelapa itu tidak dapat menembus rongga lahir jadi sebenarnya tidak ada hubungannya minum minyak kelapa dengan lancarnya proses persalinan.


Diskusi juga menjadi sangat menyenangkan dengan para nara sumber memberikan pengalamannya seputar dunia kesehatan yang menyebar di dunia maya, sebaiknya memang harus dipikirkan kembali sebelum melakukan share atau percaya akan informasi tersebut. Lebih baik tanya langsung dengan ahli dibidang kesehatan langsung yang akan memberikan pelayanan dan konsultasi pada pasien. Mayapada Hospital juga melengkapi dengan fasilitas pemeriksaan dengan konsultasi oleh dokter ahli kandungan yang kredibel dan ramah, membuat pasien akan lebih nyaman berkonsultasi dan tidak galau lagi terjerumus dalam informasi yang sesat.


Mulai dari diri sendiri dan lakukan pengecekan akan memutuskan tali rantai informasi HOAX.









3 komentar:

  1. Pas hamil banyak sekali ya informasi yang harus di cek kebenarannya :). Kuatir hoax :p

    BalasHapus
  2. Pakai Akal Sehat, Logika, dan Kebenaran Sumber Informasi ...
    Thanks Ia Informasinya ....

    BalasHapus
  3. berita hoax mulai merajalela yaa. jangan mudah percaya begitu aja. apalagi kadang masih suka banyak mitos yang dipercaya di masyarakat.

    BalasHapus