Rabu, 18 Januari 2017

Seperti Ini Cara Sehat Ibu Menteri Nila Moeloek Lebih Dekat dengan Masyarakat

Seperti Ini Cara Sehat Ibu Menteri Nila Moeloek Lebih Dekat dengan Masyarakat




Mungkin untuk Mamih yang jarang sekali melesat bebas pagi-pagi buta adalah hal yang berat. Karena biasanya dirumah hanya kegiatan pagi ringan tidak memikirkan harus berdesakkan naik kendaraan umum atau mengejar bus. 

Kenapa pagi sudah ada di stasiun ??. Senang sekali menjadi salah seorang blogger yang di undang oleh Kementerian Kesehatan dan ini pertama kalinya saya ikut berpartisipasi dalam rangkaian acara yang digelar. Kendaraan umum untuk menuju lokasi yaitu di lapangan gedung Depkes Kuningan juga mudah dijangkau. Dari stasiun tebet Mamih berlanjut naik bus transjakarta dan menyeberang jembatan penyebrangan pas di depan Depkes.


Nampak pemandangan yang sudah mulai sibuk ada beberapa booth yang sudah mulai digelar lapaknya, juga ada posko untuk cek kesehatan juga kebugaran gratis gratis. Sesampainya saya langsung menuju meja registrasi dan berganti baju olahraga yang nyaman. 

Setengah jam setelah saya sampai sekitar jam 6.30 pagi semua peserta yang merupakan pegawai maupun undangan blogger sudah berkumpul dan membentuk barisan. Tetapi kita semua bukannya ingin mengadakan upacara bendera tetapi kita akan senam bersama. Musik sudah siap mengiriki langkah dan tiap gerak peserta. Sayapun mengambil bagian untuk berolahraga. Senang sekali terasa saya sudah lama tidak mengikuti senam bersama. Saya rindu akan senam bersama apalagi saya suka melakukan Olah Tubuh Indah yang menggabungkan ragam gerak tradisional dengan olahraga senam seperti senam poco-poco.

Senam yuk
 

Senam bergulir mulai dari pemanasan, inti, juga pendinginan. Dengan melakukan senam secara rutin tubuh akan dilatih untuk tetap bugar dan sehat, apalagi kalau dilakukan dengan senang hati jiwa sehat ragapun kuat. 

Setelah senam dan beberapa olahraga yang bisa dipilih oleh peserta seperti lari, ping pong maupun bulu tangkis. Setelah selesai tentu saja mengkonsumsi air putih yang cukup juga makanan sehat. 


1,2,3 Semangat


Para kawan blogger berkumpul diatas karpet merah dan duduk sejajar dengan Ibu Menteri Nila Moeloek yang juga senang dengan bergulirnya kegiatan rutin setiap hari jumat ini. Tentu saja kegiatan pagi ini memberikan manfaat dan mencoba menggali kebiasaan berolahraga juga hidup sehat untuk semua masyarakat. Menteri Kesehatan memiliki program Germas yaitu Gerakan Masyarakat Sehat yang telah launching November 2016 lalu. 

Dampak ysng diperoleh sudah cukup terlihat dari lingkungan Kementerian Kesehatan sendiri juga beberapa Kementerian yang melakukan senam juga olahraga bersama rutin hari jumat. Ada 3 hal penting yang bisa dimulai dari sekarang juga diri sendiri, memang dampaknya akan terlihat juga terasa beberapa tahun kedepan bila dilakukan demi kesehatan masayarakat Indonesia. 

1. Makan sehat dan bergizi
2. Olahraga teratur
3. Cek kesehatan rutin

      Ketiga aspek diatas mungkin sebuah cara juga misi yang diharapkan akan di jadikan target untuk masyarakat sehat. Ibu Nila memberikan contoh positif agar masyarakat ikut andil dan mendukung program pemerintah ini. Mengajak blogger untuk menyebarluaskan pesan sehat nan positif ini, agar lebih luas dan masyarakat tahu bagaimana menjaga kesehatan dan manfaat pola hidup sehat. Selain itu juga perlu dukungan dari banyak pihak agar tidak berjuang sendirian, karena untuk mendapatkan target Indonesia Sehat perlu dimulai bersama-sama. Untuk kegiatan hari jumat ini sendiri memang rutin dilakukan juga agar tidak terlihat jarak antara Ibu Nila dengan masyarakat kita juga diajak duduk sejajar, lesehan sambil menikmati udara pagi dan merilekskan tubuh setelah olahraga.

Kegiatan rutin ini juga di isi dengan adanya pasar kesehatan yang menawarkan berbagai produk kesehatan juga bahan panganan yang sehat. Mulai dari ikan, ayam, sayur, buah, susu dan berbagai pilihan makanan sehat yang lain. Tes kesehatan juga bisa dilakukan untuk mengukur kadar gula dan kolesterol serta kebugaran tubuh. Sehingga dapat mencegah terjangkitnya penyakit yang disebabkan dengan pola hidup yang tidak baik. 




Saya senang sekali mengikuti kegiatan olahraga ini, dan ternyata ada peserta yang merupakan karyawan asing yang bekerja di sekitar lokasi Gedung Depkes. Wah ternyata masyarakat pun bisa ikut serta loh. Agar Ibu menteri juga bisa lebih dekat dan berbaur dengan rakyat. Ternyata programnya banyak manfaat juga ilmu positif sayanh sekali loh bila teman-teman tidak mengikuti anjuran Ibu Menteri untuk pola hidup sehat. 


Yuk lakukan sekarang







2 komentar:

  1. Jum'at ikut senam lagi yuk biar sehat dan ketemu Bu Menteri hehehe

    BalasHapus
  2. Jadi ketagihan yaa mak, ternyata seru olahraga pagi-pagi. Yuk mulai rutin...

    BalasHapus