Senin, 17 Oktober 2016

Cepat Tanggap dengan Menari dan Menyanyi




Ada kegiatan seru yang digelar dan mengingatkan akan momentum saya sewaktu kuliah jurusan Seni Tari, dimana mata saya terbuka dan mulai mengalirkan emosi pada sebuah karya tari dan setiap ada pementasan karya tari yang begitu menyentuh lantas saya tak jarang meneteskan air mata, karena pesan yang atau makna dari sebuah pertunjukan tari memiliki interpretasi berbeda dari setiap orang.

Senang sekali Bebelac dengan Bebehero dan dukungan Grow them Great untuk Anak Indonesia bersama Hi 5 mengajak anak untul menebarkan cinta dan menjadi Pahlawan dengan serangkaian kegiatan yang menarik. Melalui kampanye Grow Them Great Bebeheri Hi 5, Bebelac mengajak anak untuk memiliki kepedulian melaui cinta yang ditebarkan dari Tari dan Lagu. Momen kebahagian brsama anak akan menjadi sebuah dokumentasi yang indah dalam sebuah kenangan dan bisa menjadi inspirasi untuk mengajak Ibu-ibu lainnya untuk menyampaikan kasih saying melalui Tari dan Lagu.

Selain ada sentuhan kasih sayang yang melekat kegiatan menari dan menyanyi bersama anak merupakal salah satu kecerdasan yang dimmiliki dari setiap orang, Bahasa lagu dn gerak merupakan sebuah kiasan dari sebuah media yang mampu mewakili berbagai emosi dan perasaan.

Saya senang sekali sewaktu mendapatkan undangan dari Bebelac dan Blogger Crony untuk menyebarkan kegiatan yang seru, menarik dan memiliki manfaat menyeluruh. Pada Hari Minggu 9 Oktober lalu bertempat di Sleppy Head Jakarta. Saya bertemu dengan teman-teman blogger dengan nuansa dan suasana nan cerah menyegarkan. Dengan warna-warni orangye dan kuning yang ceria membuat kami para Ibu-ibu jdi terlihat lebih muda (kenyataan loh).

Dalam acara obrolan yang santai dan lebih dekat juga personal itu dipaparkan kecerdasan yang ada dalam setiap orang namun memiliki tingkatan yang berbda, nah maka dari itu setiap orang memiliki kecerdasan yang berbeda juga bakat yang unik satu sama lain, mungkin karena itu pula pelangi jadi indah karena memiliki warna yang berbeda, haiaah.
Kecerdasan yang dimiliki tiap rang antara lain :
  1.  Kecerdasan Intrapersonal
  2.  Kecerdasan Interpersonal
  3.  Kecerdasan Logika Matematika
  4.  Kecerdasan Bahasa/ linguistik
  5.  Kecerdasan Kinestetik
  6.  Kecerdasan Naturalis
  7.  Kecerdasan Musikal
  8.  Kecerdasan Spatial

Kesemua kecerdasan yang saya sebutkan diatas memang ada dalamdiri setiap anak, namu perlu diasah agar kecerdasan tersebut dapat berkembang maksimal. Sayangnya kecerdasan kinestetik dan musikal sering diabaikan dan justru dilupakan, padahal kecerdasan tersebut dapat memberikan pengaruh baik pada kepribadian juga meningkatkan kinerja tubuh serta otak. Bisa diketahui juga beberapa tokoh yang memiliki kecerdasan Kinestetik juga Musikal yang menonjol, sebut saja Didik Nini Thowok, yang masih berkiprah sampai sekarang dan karyanya juga kepeduliannya dengan budaya Indonesia terus berakar hingga saat ini, Tokoh Dunia Charlie Chaplin yang selalu tersohor dengan pantomimnya dan tidak bisa digantikan dengan orang lain, terlebih waktu saya pernah menyaksikan The Kid yang dibintanginya dan masih membekas juga mengahru kisahnya hingga sekarang. Juga mengapa saya memilih jurusan Seni Tari saat kuliah, saya ingin bisa mendalami karya tari Indonesia yang sangat saya kagumi salah satunya pementasan SendraTari Ramayana Prambanan, yang di sahkan oleh Ir Soekano dan menjadi awal pertunjukan di Indonesia yang bernilai tinggi setelah masa kemerdekaan.


Menari dan menyanyi juga terbukti memiliki korelasi yang signifikan terhadap kecerdasan anak dan kematangan emosionalnya. Saya juga langsung mencoba dirumah tips parenting yang diberikan oleh Psikolog dari Rumah Dandelion. Dijelaskan pula menangkan anak dengan sebuah lagu dan gerak sederhana, mengajak mandi dengan nyanyian ceria, begitu juga kala membereskan mainan dan saat mengajak anak untuk makan. Kesemua tips bermanfaat tadi saya langsung aplikasikan dan memang sedang berjalan sampai saat ini, apakah berhasil?? Tentu perlu waktu, tetapi saya memiliki kegiatan dengan sebuah agu dan tari dengan Babam disetiap kesempatan dan momen kebersamaan yang istimewa ini tak akan bisa terulang lagi. Untuk meningkatkan kecerdasan anak di banyak aspek tersebut juga diperlukan eksplorasi untuk anak, ajak anak bermain dengan teman-temannya, ajak anak ketempat yang penuh edukasi, atau bisa dengan bermain piknik sederhana dirumah, dan bisa melakukan berbagai kegiatan dengan kreatif dan menarik. Dalam obrolan santai tersebut tentu banyak manfaat yang saya dapatkan dari ahli, juga Ibu-Ibu yang hebat. Berbagi pengalaman sesame orng tua akan menjadi sebuah spirit dan semangat saling mendukung dan kita sebagai orang tua tidak sendirian ada banyak yang mendukung, juga dengan kegiatan Grow Them Great Bebehero Hi 5 menjadi sebuah motivasi akan mengingatkan kepedulian, cinta, kasih yag bisa dibagikan melalui kegiatan menari dan menyanyi.




Menari dan menyanyi dapat menjadi sebuah awal dan pembuka gerbang dalam proses belajar juga berinteraksi dengan anak dan keluarga. Mengajarkan anak menari dan bernyanyi mengikuti irama musik akan menjadi sangat baik untuk perkembangan keseimbangan, koordinasi motor, kepekaan dan irama tubuhnya. Bila sudah lebih besar di usia sekolah bila megikuti kegiatn menyanyi dan menari dengan teman-teman akan meningkatkan kepercayaan diri, kerjasama juga saling peduli dengan sesama. Aktifitas menari dan menyanyi akan sangat menyenangkan dilakukan bersama antara ibu dan anak sebagai kegiatan bermain yang aktif, yang tak hanya kaya stimulasi, namun juga melibatkan interaksi verbal dan kedekatan secara emosional yang dapat menumbuhkan rasa empati anak, terutama di usia “play Years” (2-6 tahun) ketika kegiatan bermain berkembang dengan amat pesat.


Bebehero Hi 5 mengajak Ibu dan anak menari dengan salah satu tari yang begitu dikenal, dan disukai, melalui tari L.O.V.E ibu dapat meberikan stimulasi yang tepat kepada anak untuk menjadi cepat tanggap lewat gerakan yang menarik perhatian serta mudah untuk diikuti oleh anak-anak. Di iringi dengan musik yang menyenagkan, Ibu juga dapat merangsang kemampuan kognitif anak. Lebih menarik lagi Ibu dapat menyisipkan pesan kepedulian dan kasih sayang dengan mengajak si kecil mempersembahkan video tari untuk orang yang di sayang. Untuk Babam kali ini membuattari yang dipersembahkan untuk Mbah yang sedang sakit.

Bebelac percaya bahwa nilai kebaikan adalah nilai yang harus dipupuk sejak kecil dengan memberikan stimulus dan nutrisi yang tepat. Bebelac berharap tari L.O.V.E dapat menjadi aktivitas yang bermanfaat bagi para orang tua di Indonesia untuk mengasah kecerdasan dan kepedulian sehingga menjadi anak yang hebat.

Untuk Babam sendiri langsung saya praktekkan dirumah dan memang Babam juga sudah suka dengan lagu dari Hi 5, Babam juga menonton Hi 5 Show sewaktu menyambangi Jakarta beberapa waktu lalu, dan sangat antusias sekali ikut menyanyi dan menari. Babam dan Mamih membuat video menari Hi5 yang dibuat untu dipersembahkan kepada Mbah yang sedang sakit. Semoga Mbah bisa lekas sembuh dan ikut bersama menari , menyanyi dan bermain dengan Babam.

Yuk teman-teman Babam juga para Ibu-ibu ikutan kegiatan seru ini pasti aka nada hadiah yang sangat menarik, apalagi Grand Prize bisa berlibur ke Singapura dengan si kecil keren banget kan.

Nah untuk syarat dan ketentuannya sangat mudah loh, bisa langsung di lihat di FanPage dan di website Bebelac.

Video Babam Di Instagram disini
 Bisa juga melihat di Youtube :



10 komentar:

  1. babam keren banget fotonya di wall Hi-5 ... babam mau nari yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyapp nih mba.. seru kan Babam ikutan Nari

      Hapus
  2. yang mau ikutan lomba nari BEbehero LOVE Hi5 bisa lewat aku juga lhooo
    Mami Babam aku numpang promo niih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk yuk yg mau narii.. segera ikutan

      Hapus
    2. Yuk yuk yg mau narii.. segera ikutan

      Hapus
  3. Babaaaaaaam kamu pinter joget ya ternyataaaaa <333 Aku langsung mau ajak Una joget juga niiihhh. L. O. V. E. Loooveeeeee~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yakin okeh punya klo una yg joget. Asikk asikk

      Hapus
  4. lutunaaaaaa, selalu senang ngeliat kolaborasi antara ibu dan anak, salam kenal mbak mira, seneng bisa ketemuan waktu itu di sleepyhead walau belum ngobrol banyak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah mba next time klo ketemu kita cerita cerita..yihaa

      Hapus
  5. Babam kamu ngemesiiin! Emaknya juga sih.. ngegemesin & imut2, seneng kl liat anak nari2 sambil nyanyi, rasanya lepas, emosi & hepinya dapet banget, emaknya jadi suka lebih heboh malah kalau ikutan nyanyi & nari :D

    BalasHapus