Senin, 26 September 2016

Kunjungan Pabrik Nestle Karawang : Terkesima Sejarah 150 Tahun Cerelac Nestle





Sudah dari jauh hari, sejak akan di gelar acara untuk berkunjung ke Pabrik Nestle di Karawang, saya berharap menjadi salah satu yang juga mengikuti selebrasi 150 tahun dari produk Cerelac, yang memang merupakan cikal bakal dari berdirinya Nestle.

Pas sekali diumumkan sekitar 15 Blogger termasuk saya yang bisa berkunjung dan mendapatkan kesempatan tersebut. Setelah menunggu baru akhirnya juga diberitahukan perihal persiapan untuk kunjungan, dan pagi hari kami sudah harus siap sedia di FX Sudirman pada hari kamis, 22 September 2016. Kece sangat nih saya menyiapkan pakaian putih juga nuansa coklat muda sebagai tema warna pakaian yang akan digunakan bersama, agar seragam dan makin kece difoto.

Senang banget iya, dan saya juga menitipkan anak saya Babam kepada Ibu agar semua aman dan tenang. Pagi hari pun sudah siap pada hari H dan suami siap mengantarkan saya sampai lokasi yang rencananya langsung dari rumah dan perkiraan tepat waktu. Hanya tinggal rencan saya harus mengganti dengan rencana berbeda karena Papih hanya bisa mengantarkan saya sampai UKI dan saya harus menyambung dengan Bus Transjakarta. Tetapi karena jalanan pagi hari memang ramai sangat bisa dipastikan saya akan datang terlambat, alamakkkk bagaimana coba kalau rencana gagal berkunjung. Saya langsung menghubungi Mak Icoel untuk konfirmasi, dan mendapatkan hawa segar, karena saya bisa menunggu disekitar tempat saya berada, kebetulan saya familiar dengan jalan tempat saya berdiri saat itu. Langsung saya menuju ke depan RS Medistra agar mudah untuk ditemui. Sangat tidak enak sekali karena mengetahui Emak yang lain konsisten dan tepat datang pada waktunya, apalagi Mak Windah datang dari jam 6 sudah mejeng di FX Sudirman, mantap kan. Pelajaran hari itu buat saya untuk mematangkan rencana agar bisa nyaman sampai tepat waktu.


Setelah bersua dengan Bus, ternyata didalamnya sangat nyaman dan mewah, kursinya seperti dibioskop The Premier atau Gold, juga dibagian belakang tersaji kursi melingkar lengkap dengan fasilitas manja, seperti Karaoke, toilet, ruangan merokok (walaupun kami semua tidak ada yang merokok), mesin pembuat kopi, juga banyak camilan pas banget karena belum sarapan. Akhirnya saya bisa rebahan di belakang, sambil mengatur nafas karena pikiran ketar-ketir. Dalam hati saya juga berharap kalau perjalanan ini lebih panjang laggi hahay.


Alhamdulillah jalanan lancar dan gdeung-gedung pabrik sudah terlihat, keluar tol menuju kawasan industri Karawang akhirnya Bus berhenti tepat dipintu gerbang dan disambut dengan karpet merah juga fotografer (agar hiperbola, karena ini khayalan saya). Sambutannya begitu ramah dan satu persatu kita digalungkan bunga (ekh name tag), juga di sematkan pin 150 tahun Cerelac. Disambut dengan Lemon Tea dingin, jadi serasa di Hawai (padahal belum pernah). Saat memasuki ruang pertemua, sudah dipaparkan mengenai peraturan Selama berkunjung di Pabrik Nestle Karawang.

1.     Berjalan sesuai rute dan tanda
2.     Tidak memainkan Handphone sambal berjalan
3.     Memakai pakaian yang disediakan
4.     Berpegangan saat menaiki tangga
5.     Menjaga kebersihan
6.     Tidak panik saat ada tanda bahaya, dan selalu ikuti instruksi


Saya sangat tertarik dengan lantai di Pabrik Nestle Karawang, lantai luar gedung juga terlihat menggunakan warna putih dan berani , karena warna putih akan sangat terlihat kusam bila terkena kotoran atau debu, dan ini lantainya begitu putih dan bersih, jadi pasti para karyawannya juga sangat patuh juga taat akan peraturan yang ditetapkan. Karena untuk kepentingan bersama agar tidak terjadi kecelakaan dn meminimalisir hal-hal yang tidak di inginkan.

Dekorasi 150 Tahun Cerelac


Setelah disambut kita berada dalam ruang pertemuan dengan meja melingkar dan tatanan ruang bak di dalam istana, dengan kursi yang mewah lengkap dengan api unggun, terasa juga nuansa mewah kerajaan saat 150 tahun lalu, dimana Cerelac pertama kali tercipta. Dipandu juga dengan MC cantik Mba Jessica, juga nanti akan di arahkan dan diberikan penjelasan oleh Mba Elizabeth juga Mba Manda secara lengkap.


Kita akan diajak untuk bekeliling dalam Galeri Pabrik Nestle dan melihat produk unggulan yang sehari-hari dikonsumsi, juga mengetahui sejarah Cerelac selama perjalan 150 tahunini. Karena memang tahun 2016 merupakan tahun yang sangat istimewa.

Siap memasuki Galeri Nestle


Lanjut sekarang bercerita mengenai perjalanan Cerelac, kita diajak mengunjungi Galeri dan mengertahui cikal bakal terciptanya Cerelac dan berdirinya Pabrik Nestle. Di galeri kemasannya seperti museum modern dengan terpampang gambar, juga tampilan digital yang dapat membawa saya mengulang kembali 150 tahun yang lalu.

Karena gizi rata-rata bayi saat itu di Negara Eropa begitu buruk dan angka kematian bayi tingii, dari latar belakang ilmu gizi yang dimiliki Henri Nestle menciptakan makanan bayi yang mampu memberikan nutrisi tinggi. Dipilihlah bahan-bahan yang berkualitas juga dengan teknologi tercipta makanan bayi instan bernutrisi sekitar pada tahun 1860an saat di Vevey Swiss. Karena bangga iya menuliskan namanya pada kemasan produknya. Tahun semakin bertambah begitu pula produk yang dihasilkan, ia memilih bahan berkualitas, dan mengembangkan teknik untuk menjaga produk agar tetap aman, tahan lama , dan praktis. Serta mengenalkan tata cara yang berkualitas dan higienis jauh sebelum hal tersebut digunakan sebagai acuan dasar produksi.



Logo yang dikenal sekarang dengan gambar burung yang berada dalam sarang, berada dalam ranting bercabang dimaksudkan adalah sebuah cerminan keluarga yang bahagia dan sehat, dengan ranting yang terus bercabang mensimbolkan perusahaan yang terus berkembang dan meningkat. Nah di tahun 1867 Frine Lactee tercipta, melalui produk sereal bayi yang inovatif ini, Henri Nestle telah menyelamatkan nyawa seorang anak laki-laki yang lahir premature, si kecil Wanner. Du tahun berselang produk ini langsung mendapatkan perhatian luas di komunitas medis.

Beberapa Produk Nestle yang sekarang berjumlah sekitar 70an produk


Produk Henri Nestle lansung tersedia diberbagai belahan dunia dan 18 negara pada tahun 1874. Perjalanan berikutnya sereal bayi Nestle mendapatkan penghargaan nobel untuk vitamin tahun 1929. Terus diproduksi dan meningkat menggunakan teknologi baru untuk membuat resep instan, tahun 1948 produk ini lebih mudah disajikan, dan ditahun 1949 Cerelac pertama kali muncul ke publik. Tahun 2009 peluncuran global produk sereal bayi pertama yang diperkaya dengan prebiotik.
Ditahun 2016 usianya mencapai 150 tahun, Cerelac tidak hanya membantu melengkapi kebutuhan nutrisi bayi, namun turut serta mencegah kekurangan zat besi untuk anak-anak di dunia.  Cerelac tersedia di 180 negara dan lebih dari 14000 porsi per menit sereal bayi Nestle di konsumsi memberikan nutrisi untuk bayi di seluruh dunia.

Dengan keunggulan mengandung 11 vitamin dan 5 mineral Cerelac memilih bahan yang berkualitas juga tahapan produksi yang modern, sehingga bahan alami yang dipilih seperti, biji-bijian, sayur mayur, buah, serta protein dari ayam, dan daging tidak hilang dan tetap bisa memberikan nutrisi yang baik untuk bayi.
 Dengan teknologi terbaik Cerelac di produksi dengan berbagai macam rasa dan varian. Untuk penyajian sebaiknya di ikuti langkah-langa yang ada di kemasan juga petunjuk nutrisi, gizi dan penyimpanan.

1.     Sebaiknya disajikan sesuai takaran perporsinya dengan menggunakan air suam-suam kuku yakni sekitar 40’C dan diaduk perlahan – lahan agar idak menggumpal.
2.     Setelah dibuat langsung berikan kepada bayi dan nutrisi baik akan tetap ada dalam waktu 20 menit, sebaiknya bisa langsung dikonsumsi.
3.     Setelah kemasan dibuka, lipat alumunium foil secara hati-hati agar tidak mengalami robekan pada kemsan, dan letakan didalam kotak atau toples dan ditutup rapat.
4.     Cek kembali tanggal kadaluarsa juga informasi nilai gizi.
5.     Cerelac juga bisa disajikan dengan memberikan variasi masakan untuk sikecil, dengan catatan pencampurannya tidak menggunakan air mendidih atau dimasak kembali.


Selain penjelasan lengkap mengenai Cerelac, ternyata di Pabrik Nestle dilengkapi dengan ruang laktasi, juga cuti 6 bulan untuk karyawan yang melahirkan. Tentunya Nestle mendukung penuh ASI Ekslusif yang merupakan sumber utama terbaik untuk bayi. Nestle juga menjadi pionir akan dukungan 1000 hari pertama kehidupan yang dimulai saat kehamilan, menjaga anak untuk tetap mendapatka nutrisi terbaik pada masa emasnya. Karena pertumbuhan optimal sampai berusia 3 tahun tidak akan bisa diulang kembali serta akan mempengaruhi di masa pertumbuhan dan perkembangan berikutnya. Cerelac hadir demi melengkapi nutrisi bayi yang begitu banyak dibutuhkan untuk perutnya yang kecil. Harga produk Cerelac juga terjangkau jadi bisa mencapai berbagai kalangan dan semakin banyak dikonsumsi untuk makanan bayi.

Selain penjelasan lengkap Cerelac juga dijelaskan berbagai macam produk dari Nestle, mulai dari kopi, coklat dan susu. Kopi yang kita kenal Nescafe juga di produksi dengan biji kopi berkualitas, coklat yang dipilih juga merupakan coklat terbaik yang menghasilkan minuman dan makanan yang menggunakan coklat seperti Milo, juga Coco Crucnh. Saya terkejut saat mendengar Nestle tidak memiliki perternakan atau pertanian di Indonesia, karena ia bekerja sama dengan penduduk local dan membantu untuk membangun juga memperbaiki tiga fokus utama, berupa Air, Pedesaan, juga Gizi. Juga memberikan kesempatann kepada masyarakat di seluruh kalangan untuk dapat mengkonsumsi produk Nestle dan merasakan manfaat akan nutrisi dan gizinya. 


Produk Nestle dirancang dapat dijangkau seuruh lapisan masyarakat. Selain membangun focus utama tadi juga Nestle menghadirkan berbagai program yang mengutamakan akan pendidikan, kesehatan, juga menanamkan rasa kepedulian untuk anak-anak Indonesia. Mulai dari program dokter kecil, berkebun, bergerak aktif, kejuaraan olahraga, juga mengajak anak Indonesia untuk bebas bereksplorasi dan menggali potensi yang dimmiliki. Berbagai produk Nestle memang di konsumsi saya , anak saya dan keluarga dirumah, semakin banyak pengetahuan yang saya dapat juga semakin yakin untuk mengkonsumsi karena tahu latar belakang juga sejarah yang begitu panjang dan terus berkomitmen selama bertahun-tahun.

Setelah mengunjungi Galeri, melihat langsung pengepakan dan merasakan kebersihan di Pabrik Nestle, kita dijamu dengan makan siang,  kami beribadah sholat dengan mushola besar dan lengkap. Saat berwudhu juga terdapat panduan untuk menghemat air, saya jadi teringat bahwa saluran air disini ditampung dari air hujan yang dibangun diatas pabrik, juga disaring, diuji dan dialirka ke beberapa saluran air. Juga teringat bahwa limbah dalam pabrik dari proses produksi kembali diolah sehingga bisa bermanfaat dan tidak meninggalkan sampah. Semua terperinci dan dipikirkan secara matang sehingga tidak diragukan laggi kualitas dari produk yang dihasilkan. Di Indonesia sendiri produk Nestle sudah ada dari tahun 1940an dan pada tahun 1973 pertama kali Nestle mendirikan pabrik di Indonesia di Jawa Timur.

Setelah lanjut ke acara ternyata disambut dengan lomba memasak yang sebelumnya kami diajarkan berbagai menu praktis, sehat dan menarik untuk disajikan dirumah. Chef Vania Wibisono juga memberikan tips memasak juga memilihan bahan alaami berkualitas agar keluarga dirumah dapat merasakan manfaat dari makanan yang diolah dan dikonsumsi. Sangat bermanfaat sekali tips, dan resep masakan yang dipelajari apalagi untuk saya yang terhitung Mamah muda nan Kece (pede donk). Dibagi lah kelompok untuk lomba memasak, satu kelompok terdiri dari 3 orang da nada 5 kelompok. Kelopmpok saya terdiri dari Mak Amel, Mak Indri juga saya (Mak Miramiut) kami menamakan kelompok kami Mak ketje. Waktu memasak hanya 15 menit sekaligus dilihat cara memasaknya, juga kebersihan. Saya deg-degan sekali apalagi memasak dipandangi oleh orang banyak dan yang bikin tambah jantung berdebar adalah hadiahnya sebesar 1,5jt. Pulang dari sini langsung bisa belanja dan praktek deh kalau beruntung menang.

Bahan yang digunakan air, Apel, wortel, juga cerelac rasa buah. Nah alatnya hanya satu sendok, talenan, belender, panci, kompor, dan satu buah pisau. Masih ingat dengan tahapan memasak tadi jadi saya dan teman-teman, memilih untuk memasak air agar mendidih, sambal memotong wortel, setelah mendidih masukan wortel dan  memotong apel, dicampur dalam blender lanlu berputarlah mereka didalam blender. Setelah halus dalam mangkuk sudah tersedia Cerelac yang dilarutkan dan kita campur dengan bahan sebelumnya, diaduk perlahan agar tercampur rata dan tidak menggumpal, selesai dan hias dengan angka 150 tahun Cerelac. Beruntung sekali pas diumukan dengan hati bedebar ternyata kita menjadi pemenangnya. Kelebihannya ternyata dari segi pengolahan, apel kita tidak direbus jadi vitaminnya tidak hilang, dan tidak disaring masih ada seratnya dan tidak terbuang. Campurannya makanan dari kelompok kita juga merata, ditambah rasanya cukup enak dan dilengkapi dengan tema 150 Tahun Cerelac. Akh masih kaget dan senang sekali, apalagi menerima hadiah didepan di foto, yang ini mah beneran kece loh, senyumnya ciamik.

Alhmdulillah menang Mak Ketjeh

Rangkaian acara selesai saatnya meningglkan Pabrik dan kembali kerumah, tak lupa diberikan sebuah bingkisan yang sangat bagus sekali juga limited edition apalagi ada kemasan yang di desain saat 150 tahun yang lalu, ditambah dengan sovemir kece loh, yang pasti anak-anak dirumah akan suka. Saatnya pulang kembali naik bus mewah dan saya pribadi kunjungan ini sangat bermanfaat, juga merupakan pengalaman yang sangat menyenagkan, apalagi bisa bawa hadiah menang memasak, yang notabene saya masih memiliki ilmu teri dalam memasak. 


Oiya saat di Galeri ada foto anak dari seorang teman yang menjadi bintang iklan Dancow, saya mengambil gambarnya untuk nanti juga akan diberikan, waktu itu Babam juga ikut audisi walaupun belum terpilih, tapi senang sekali bisa menunjukan foto kepada teman saya. Pada saat pulang kerumah saya langsung mengirimkan gambar kepada teman saya, dan bercerita banyak foto KK Alwi yang terpampang disana, lucu-lucu. Ia berterima kasih kepada saya. Berselang 2 hari kami bertemu dan saya berbagi pengalaman kunjungan ke Pabrik Nestle.

Ada foto Kk Alwi

Babam udah coco belum, jadi Bintang Iklan Nestle ?


Bisa berkunjung, berbagi pengalaman bermanfaat merupakan hal yang memberikan rasa puas kepada diri saya, terima kasih Cerelac Nestle, terima kasih KEB, juga Para Emak yang bersedia menunggu saya. Semoga manfaat dan kebahagiaan ini bisa dirasakan bersama.

22 komentar:

  1. Bus nya keren banget iiih. ngiri saya, hihihi.

    Senang banget ya bisa berkunjung ke pabrik Nestle.

    BalasHapus
  2. Iyahh kerenn saya juga oengen naik lagi haha. Senang bisa berkunjung dan punya pengalaman menarik

    BalasHapus
  3. bagus ya pabriknya, bikin betah yang kerja kayaknya. Sukses untuk Nestle yang sudah berusia 150 thn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah karyawannya Sejahtera sepertinya

      Hapus
  4. Keren sekali pabrik Cerelac, dan bersih .

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bersih yah jd kualitasnya terjaga

      Hapus
  5. Dapat susu seumur hidup yaa bingkisan nya #IniGwMau

    BalasHapus
    Balasan
    1. tos lah kalau itu, jadi karyaawan disana seumur hidup dapet om Tor susunya.hahay

      Hapus
  6. Seru ya... bisa ikutan ke pabrik Cerelac... tp emang bagus ko dr dl Nestle ini produknya juga enak2 deh!
    Mam.. kindly visit my last blog post yah... thank you... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh siap nihhh klo visit mah, biar tambah caem. hahaha.. seru mba jd tau produksi produknya yg udah dikonsumsi

      Hapus
  7. Babam cocok topical mukanya buat model Dancow. Hehehee

    BalasHapus
  8. seru banget niih liat update-annya di time line kmrn. waah hebat yaa sudah satu setengah abad lebih luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyahh.. kaget juga usianya sudah 150 thun hehe

      Hapus
  9. Betahh yo mak di Pabrik Nestlè tempatnya asyik dan bersih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betah banget mk, adem dan bikin kenyang hahha

      Hapus
  10. kece banget hadiah lombanya mak
    unforgetable moment ya ke pabrik Nestle ..

    BalasHapus
  11. Babam ganteeeng hahah #salfok
    Visit ketempat pembuatan bikin jadi ngerti plus tau keamanan & kebersihan suatu produk yess. Jadi brasa tenang & percaya sama produknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iyahh mba betcul...Babam hehe makasih mba

      Hapus
  12. jauh dari kesan saya selama ini yah, saya kira pabrik itu isinya cuman tempat produksi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah ini ada galerinya segala kerennn.

      Hapus