Senin, 05 September 2016

Larutan Cap Kaki Tiga Anak dan Kidzania Merangkul Anak Indonesia Melakukan Kebiasan Baik

Abraham dan Kemasan Baru Cap Kaki Tiga Anak


Haii, Hawo (dibaca: halo) kata yang sudah sering Babam ucapkan bila bertemu dengan orang baru, ataupun sapaan hangat untuk menjamu orangorang disekelilingnya. Yapz walaupun baru sedikit kosakata yang dimiliki Babam, saya senang ia mudah akrab dengan orang baru dan terlihat percaya diri seiring berjalannya usia ia akan mulai bisa mengembangkan kepekaan sosial dan jiwa sosial saat berada di lingkungan diluar rumah. Mengapa jiwa sosial dibutuhkan, karena kelak saat dewasa dan akan meraih cita-citanya ia diharapkan mampu berhubungan baik dengan orang lain, menciptakan suasana kondusif, juga bisa beradaptasi dalam vaariasi lingkungan ataupun budaya dimanapun ia berada,bisa tanggap dalam hubungan sosial dengan sesama manusia, tentunya memperlakukan dan peduli dengan manusia, lingkungan hidup, juga alam.



Saat dewasa nanti atau usia produktif manusia memiliki pekerjaan, mungkin masih belasan tahun lagi, seakan saya bisa meramalkan masa depan Babam akan menjadi apa nantinya dan itu mustahil, tidak seperti sulap membentuk karakter dan kepribadian anak, perlu contoh, perlu terjun langsung, perlu praktek, perlu kesabaran tingkat nirwana barangkali, saya membangun hubungan interaksi dengan Babam mendekatti bagaimana karakter yang dimilikinya, dan masih pelan-pelan ikut arus "ke-Raja-annya".

Kegiatan yang sering Abraham lakukan bermain bola, menjadi Pilot, Memasak, Panjat Tebing semua lengkap di Kidzania


Mungkin sekarang saya memperlakukan ia 60% sebagai Raja, tetapi lambat laun akan berkurang agar muncul kedewasaannya serta kemandiriannya. Bicara soal sosial, cita-cita, dan kebiasaan baik saya merujuk pada kegiatan Babam dalam keseharian, apalagi saya sering mencari tahu tempat bermain yang memiliki nilai edukasi. Bila di Jakarta yap mungkin ada banyak sekali Mall, tapi untuk nilai edukasi harus dipilah lagi. Beruntung saya mengenal Kidzania, dulu waktu semenjak di bangku kuliah saya pun beberapa kali kesana untuk melakukan observasi dan muculah tingkat iri saya terhadap anak-anak sekarang, mereka bisa merasakan dunia mini yang seprtikehidupan dan begitu mengasyikkan. Bila dari kecil ditanamkan sebuah kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan begitu seru dakan terlatih alam bawah sadarnya dan saat dewassa bila bekeja tidak menjadikan tugas tersebut beban yang berat justru senbaliknya sangat mengasyikan. 



Terwujud sudah impian saat kuliah bisa membawa anak untuk ke Kidzania, memenuhi undangan dari KEB (Kumpulan Emak Blogger) mengajak anak untuk merasakan keriuhan kegiatan didalam dan sekaligus menghadiri kegiatan yang diadakan Cap Kaki Tiga Anak. Betul Cap Kaki Tiga anak yang terdiri dari 3 rasa dan disukai oleh anak-anak, Babam pun suka dan saya orang dewasa pun suka. Kita suka minum Cap Kaki Tiga Anak dikala sehabis berkegiatan siang hari di lapangan dekat rumah, atau kadang kita membawa saat pergi melakukan kegiatan outbond seperti Flying Fox atau Wall Climbing, yap karena dari setahun lalu Baba suka kegiatan yang pelu menghabiskan banyak energi.
 
Rasa Favorit Abraham

Kegiatan bersama Larutan Cap Kaki Tiga Anak di KidZania Jakarta salah satunya untuk menciptakan pengalaman baru bagi si kecil. KidZania adalah salah satu tempat edutainment yang memberikan pengalaman baru bagi si kecil, dimana anak-anak dapat berlatih untuk mewujudkan cita-citanya, bisa mencoba profesi apapun yang mereka inginkan, seperti menjadi polisi, pemadam kebakaran, dokter, pilot, dan lain sebagainya. Nah Abraham juga menjajal banyak aktifitas seru loh di Kidzania, akhh pengen menciut jadi anak-anak rasanya melihat kedalam Kidzania yang menarik dan seru seru seru sekali.


Establishment Police Station Cap Kaki Tiga Anak KidZania Jakarta ini sebenarnya telah diresmikan pada bulan Juni tahun lalu, namun kami hadir kembali dengan rangkaian acara re-launching Police Station Cap Kaki Tiga Anak dalam rangka pergantian kemasan baru Cap Kaki Tiga Anak yang lebih menarik. Pada acara re-launching ini, kami juga menyiapkan aktivitas yang baru dan seru bagi anak-anak yaitu lomba mewarnai kaleng. Kali ini mewarnai dilakukan bukan diatas kertas, tapi menggunakan kaleng. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi satu pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan bagi buah hati, karena masa kecil cuma sekali.” jelas Ibu Merliana selaku General Manager Marketing PT. Kino Indonesia, Tbk.

Iyap masa kecil hanya sekali, sering mendengar celetukan kawan " wahh masa kecil kurang bahagia" jika ada seseorang melakukukan kegiatan seperti anak-anak, yap mungkin masa kecilnya memang kurang disusupi kegiatan atau aktifitas yang membuatnya berkesan, dan saya tidak mau itu terjadi pada Babam. 


Penyerehan City Key dari Bapak Kerry Riza-President Director KidZania Jakarta kepada Ibu Merlyana-GM Marketing Beverages PT. Kino Indonesia, Tbk

Cerita seru berlanjut yah, Di Establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station KidZania Jakarta ini anak bermain peran sebagai polisi. Sambil bermain, anak diberikan edukasi bagaimana menjadi polisi yang baik, berani dan beraksi menangkap penjahat yang mencuri formula rahasia Larutan Cap Kaki Tiga Anak. Setiap anak yang bermain di establishment ini akan memperoleh gaji sebesar 5 KidZos. “Permainan establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station ini sangat seru dan menantang sehingga menjadi favorit anak – anak yang ke KidZania. Tak hanya melatih fisik dan membuat bugar saat menangkap penjahat namun juga berperan mengembangkan logika berpikir anak dimana mereka mesti mengumpulkan clue, menganalisa dan menyimpulkan lokasi penjahat untuk kemudian menangkapnya. Selain itu berperan sebagai polisi berarti memerangi kejahatan yang mana dapat membentuk karakter anak sebagai pribadi yang baik dan peduli terhadap sekitarnya“, jelas Bapak Kerry Riza selaku City Mayor KidZania Jakarta.

Proses Hand Scanning Re-opening Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station KidZania


Acara yang diselenggarakan di Kidzania Jakarta, Mall Pacific Place menjadi semakin lengkap dan berbobot dengan kehadiran Ibu Efnie sebagai pakar psikologi anak sebagai nara sumber. “Masa kecil merupakan masa yang indah bagi anak-anak karena pada masa inilah ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak dibentuk yang menjadi dasar emotional attachment orang tua dan anak pada usia dewasa. Pertumbuhan anak-anak harus digarisbawahi menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Salah satunya dengan melatih anak untuk berfikir dan melakukan hal-hal yang kreatif sehingga anak sejak kecil akan terbiasa melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, hal tersebut yang menjadi dasar dalam proses berpikir ketika mereka dewasa. Selain itu, melakukan hal yang sama secara berulang dalam rutinitas keseharian akan menimbulkan kejenuhan tersendiri bagi anak, oleh karenanya anak membutuhkan variasi dalam melakukan hal apapun. Disinilah peran Ibu menjadi sangat penting dalam menciptakan pengalaman baru bagi sang anak khususnya pengalaman yang dapat mengasah kreatifitas anak, karena hal ini dapat mengoptimalkan kecerdasan, membuat anak lebih bahagia dan percaya diri serta menciptakan ikatan yang kuat antara orang tua dan anak melalui proses orang tua mendampingi anak saat berkegiatan kreatif.” papar Ibu Efnie selaku psikologi anak.

Pemenang lomba mewarnai kaleng


Saya sangat antusias sekali mengikuti acra tersebut apalgi Babam juga berani dan begitu akrab bertemu dan menyapa teman-teman seusianya maupun orang-orang dewasa yang ada disana, tidak heran beberapa kali saya melihat Babam di cium, dipeluk, dan juga Babam melambaikan tangan dan salim. Melihat Babam yang begotu ramah tentunya membuat saya bangga, dan saya melihat Babam memiliki kelebihan dibalik ketidaksinkronannya dalam berbicara. Babam pun mendapatkan beberapa lembar mata uang Kidzos dari hasil ia bekerja dengan menyenangkan. Tingkat edukasi kegitan saat itu tidak diragukanlagi, dan bukan hanya Babam yang merasakan keseruan saya pun bertambah belajar kesabaran dan membedakan peilaku Babam saat ingin eksplorasi atau "mengganggu" jangan sampai dengan seruan "tidak" atau "jangan" dari saya itu membuat rasa ingin tahunya luntur.


Ditambah seru lagi nih saat Babam menyaksikan drama disana, ia tak ragu-ragu untuk ikut maju sambil membawa boneka "po" dan ingin sekali ikut beradegan dalam drama musikal tersebut, saya khawatir Babam akan  membuat konsentrasi buyar tetapi senang sekali ketika para tokoh drama diatas panggung ikut melakukan improvisasi dan membuat Babam makin ingin andil dalam plot dan menyapa tokoh diatas panggung. Makin antusias saat meihat kostum badut dengan kemasan Cap Kaki Tiga Anak terbaru yang terdiri dari tuga warna, sangat bersyukur kala Babam bisa mengucapkan dengan fasih warna-warnanya, tidak takut ia memeluk, memcium, salim juga menyapa.

Memang sehari itu kurang merasakan begitu atraktifnya Babam di Kidzania, rasa lelah berkurang saat haus dan minum Cap Kaki Tiga Anak, dengan banyak manfaat tak hanya melgakan dahaga tetapi Cap Kaki Tiga Anak juga membantu mencegah dan meringankan panas dalam, bibi kering, sariawan, sakit tenggorokan juga membuat badan segar kembali. Tenu saja semangat Babam kembali muncul dan siap mendapatkan aktifitas selajutnya.
Kegiatan Abraham di Kidzania

Seperti saya utarakan diawal menanamkan kebiasaan baik memang tidak seperti sulap, saya pun belajar dari kegiatan tersebut dan senang sekali KIdzania juga Cap Kaki Tiga Anak ikut mendukung juga mengajak Anak Indonesia melakukan kebiasaan baik semenjak dini. Dengan berbuat baik maka apapun cita-cita anakdi masa datang ia tetap bisa berperilaku santun dan bersosialisasi dilingkungan dengan baik. Saya menerapkan hal-hal sederhana sperti memberi salam, menyapa. antri, berbagi yang ditanamkan sejak dini akan membuatnya beljar bahwa nikmat kebiasaan baik akan dirasakan bersama. Untuk Babam tidak serta merta saya memberikan contoh sekali dan dalam waktu sehari itu jadi ia terbiasa lantas berbuat baik, tetapi dengan berkelanjutan, sabar memberitahu, mengingatkan juga mencontohkan sepanjang waktu karena menurut saya menjadi orang tua terus belajar dan terjun langsung.


Tentu saja saya sangat berrterima kasih ikut berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan ini, apalagi dengan karyawan di dalam yang sepenuhnya ramah dan membiarkan Babam di depan panggung sepanjang acara. Terima Kasih telah dibangunnya Kidzania yang membuat anak-anak semakin memiliki pengalaman yang berkesan juga Cap kaki Tiga Anak dengan kualitas produk yang mumpuni mendukung kesehatan Ank Indonesia, tidak lupa juga untuk KEB telah mengundang Babam dan Mamih bersilahturami dengan teman-teman juga membuat aktifitas sosial Babam semakin lengkap.

32 komentar:

  1. wah,, senang ya mba melihat anak aktif dan bisa mengaktualisasikan diri.. so far saya liat kidzania memang ngasih edukasi banget terkait profesi yang ada sekarang ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahh betull jadi mau kembali kemasa kecil hehe

      Hapus
  2. Balasan
    1. wahh terima kasihhh.. salam dari Abraham

      Hapus
  3. Babaaaam, nanti ke KidZania lagi yuuuk sama Alfath :*

    BalasHapus
  4. Wah abraham jadi chef pizza ya? asyik banget ya. Pengalaman yang tak terlupakan pastinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyahh suka ikutan masak klo dirumah.. betull mak gak bisa dilupain

      Hapus
  5. memang rasanya luar biasa bangga ya mbak melihat anak bisa bergaul dan menyesuaikan diri dgn lingkungan sekitar :-)

    BalasHapus
  6. Abraham main apa aja di kidzania? 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. mainn buanyakk bangett, seru soalnya

      Hapus
  7. Babam aktif sekali yah..nanti ke Kidzania lagi ya..pasti lebih banyak permainan yang bisa di coba..

    BalasHapus
  8. Babam lucu banget yaa. Waktu di kidzania ngga bisa diem tapi bikin orang gemeshh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iyahh mba, begitu Babam kesehariannya.. senang menjelajah..

      Hapus
  9. Kemarin Babam bukan sih yg kasih boneka teletubies buat pak bajak laut? Xixixi.. lucu bgt.. Fa sampe nanya, bonekanya punya siapa ma? Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyahh itu Babam mba,.. hahaahaa.. punya Babam bonekanya banyakk karakter nya dirumah, suka untuk main bercerita gitu

      Hapus
  10. Duhhh Babam ganteng yooo *salah fokus jadinya hehe.

    BalasHapus
  11. Duhhh Babam ganteng yooo *salah fokus jadinya hehe.

    BalasHapus
  12. Babam emang ganteng ya..*eh salah fokus.Haha..btw, acaranya seru ya mba mir..sayang aku ga jadi ikutan.hikss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru mba, nanti kaan-kapan kita main bareng hahaha

      Hapus
  13. Baru tau cap kaki tiga ada buat anak2 *kemana aja saaan* hahahah lucu pula kemasannya bergambar kartun. Main di tempat kayak kidzania emang bikin anak hepi & tambah kreatif ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang kemasannya baru, hehehe iyah betu mba bikin hepi banget puas dari pagi sampai sore

      Hapus
  14. Anakku suka kemasannya emang pas buat anak-anak ya mba. Pertama tahu juga pas main di Kidzania. HIhiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Babam suka minum sudah lama, klo panas dalam agak lama suka mimisan... jd untuk mencegah aj.hehe. seru ya mba di Kidzania

      Hapus
  15. Rasa dan kandungan yg terdapat pada anak, apakah beda dengan yg biasa ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari varian rasa hanya ada 3, dan kandungannya disesuaikn agar aman dikonsumsi anak-anak

      Hapus
  16. Waaaah seruuu... Jadi pingin. Makasih, Mbak informasinya.

    BalasHapus
  17. asiknya Babam main di Kidzania, sayang Raissa ga ikut ya tapi nanti bulan Oktober ini mau kesana juga sama temen-temen sekolahnya

    BalasHapus