Senin, 01 Agustus 2016

Pantau Tumbuh Kembang Anak Lebih Mudah dengan Aplikasi Prima

Aplikasi Prima Pantau Tumbuh Kembang Anak


Menjadi seorang Ibu merupakan berkah dan tanggung jawab besar bagi saya, karena dikaruniai anak yang merupakan titipan dunia akhirat tentunya saya harus memperhatikan segala aspek kehidupannya hingga anak saya nanti memiliki kesehatan  juga tumbuh kembang yang optimal. Mulai dari masa kehamilan saya memiliki catatan dan membaca beberapa buku demi kesehatan saya dan calon buah hati, setelah lahir pun saya kerap mengikuti instruksi dari buku, pengalaman para Ibu sebelumnya juga melalui para Dokter. Karena Abraham (anak saya) sudah berusia 3 tahun tentu saya harus melewati masa yang harus dapat di capai oleh Abraham. Mulai dari berat, tinggi, lingkar kepala, vaksin wajib yang telah di berikan juga bagaimana perkembangan dari waktu ke waktu. Dari catatan tersebut membantu saya merekam kegiatan Abraham juga dapat mengetahui sejak dini bila ada kendala atau gangguan akan tumbuh kembang anak. Masa emas anak ternyata di hitung sejak 1000 hari pertama saat berada dalam kandungan.

Pemantauan terhadap kehidupan awal anak sangatlah dibutuhkan, untuk menghindari dan menindaklanjuti jikalau ditemuka adanya kasus gagal tumbuh, kelainan pada anak, juga keterlambatan akan perkembangan anak. Jika semua dipantau semenjak dini diharapakan dapat mampu memberikan intervensi dini dan tindakan yang tepat agar tumbuh kembang anak bisa tercapai dengan baik. Karena masih banyak ditemukan kasus anak Stunting, Obesitas, juga Malnutrisi, yang tentunya akan mengganggu pertumbuhan anak, di sisi perkembangan bila diketahui ada keterlambatan berjalan, bicara dapat diketahui lebih awal agar bisa di stimulasi sejak dini juga diberikan intervensi yang tepat. Mengapa harus stimulasi dini mungkina? Karena perkembangan otak paling cepat di awal. Bayi lahir dengan berat otak sekitar 400g, terus berkembang cepat hingga usia 3 th mencapai 1100 g, sedangkan berat otak manusia dewasa kurang lebih 1400g. Jadi sangatlah penting mengetahui pola tumbuh kembang anak dengan baik dan tentunya didampingi oleh Dokter atau ahli dibidangnya agar tidak salah dalam melakukan tindakan.

Beruntung saya menghadiri pada peluncuran aplikasi digital PRIMA dilakukan bertepatan dengan Hari Anak Nasional, 23 Juli 2016 di Gedung Pusat Kesehatan Ibu Anak Kiara, RS. Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. Peluncuran sekaligus meresmikan Aplikasi Digital Prima Versi Orang Tua persembahan dari IDAI Ikatan Dokter Anak Indonesia, yang akan memberikan sebuah perpaduan teknologi digital yang diciptakan untuk memantau tumbuh kembang anak. Apakah Aplikasi Prima?? Apa saja manfaatnya??, dan bagaimana cara menggunakan Aplikasi Prima?? yap siap siap yah disimak, karena saya juga senang sekali dengan adanya Aplikasi Prima.

Aplikasi Prima

Aplikasi PRIMA merupakan aplikasi teknologi digital untuk membantu orangtua dalam memantau tumbuh kembang dan kesehatan anak yang diprakarsai oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) demi terwujudnya generasi prima.
 
Aplikasi ini dipersembahkan dalam balutan autentik budaya Indonesia, yakni dengan motif batik Sido Luhur, sebagai identitas bahwa aplikasi digital ini milik dan lahir dari Indonesia. Batik motif Sido Luhur memiliki filosofi keluhuran, harapan untuk mencapai kedudukan yang tinggi, dan dapat menjadi panutan masyarakat.
 
Aplikasi PRIMA diciptakan untuk menjadi solusiorangtua Indonesia dalam memastikan tumbuh
kembang anak-anak agar optimal dan berkualitas. Kami berharap aplikasi ini dapat menjadi salah satu alat yang berguna bagi seluruh masyarakat Indonesia dan tentu saja menjadi sebuah awal dari impian Indonesia untuk menuju anak Indonesia yang lebih sehat dan PRIMA.
 
Tujuan dan Manfaat Aplikasi Prima

Aplikasi PRIMA dapat mempermudah orangtua di Indonesia dalam memantau tumbuh kembang anak sejak dini secara berkala dan berkelanjutan. Melalui Aplikasi PRIMA, dokter spesialis anak dan orangtua dapat memperoleh informasi yang diperlukan seputar kesehatan anak dengan praktis dan cepat dalam genggaman tangan.

Karena Aplikasi Prima Versi Orang tua ini akan berperan serta memantau dan memahami tumbuh kembang anak, bisa melalui 3 hal yang bisa diamati dan perhatikan yakni, Fisik, Simulasi, dan Nutrisi. Orang tua memiliki potensi besar untuk mendeteksi keterlambatan tumbuh kembang anak, orang tua lebih mudah dapat memantaupertumbuhan anak muai dar 1000 hari pertama kehidupan anak secara berkala dan berkelanjutan, diskusikan dan konsultasikan dengan Dokter juga ahli bila ditemuka tanda dan masalah tumbuh kembang pada anak.


Cara instalasi Aplikasi Prima (Android)
1. Akses "Play Store" pada smartphone atau tablet berbasis android
2. Ketik kata kunci "Prima" pada pencarian
3. Pilih Ikon Prima
4. Klik "instal"
5. Tunggu selesai dan Aplikasi Prima siap digunakan

Unduh, Daftar, dan Masuk di Aplikasi Prima


Pada acara tersebut saya langsung mengunduh Aplikasi Prima di smartphone saya dan melakukan daftar, juga verifikasi melalui email, setelah terdaftar  saya langsung log in atau masuk dan bisa mengakses fasilitass yang ada dalam Aplikasi Prima. Saya langsung mengisi data Abraham yang dibutuhkan seperti tanggal lahir, berat badan, tinggi dan data lainnya yang masih saya simpan dicatatan, lalu saat dirumah saya pindahan semua langsung dalam aplikasi Prima dan memudahkan saya untuk memonitor perkembangan Abraham dari waktu ke waktu. menu dalam Aplikasi Prima sangat beragam,di dalam beranda terdapat mulai dari jadwal imunisasi, grafik pertumbuhan WHO dan CDC, tahap perkembangan anak, kuesioner kunjungan ke Dokter, materi edukasi untuk orang tua, dan skrining.Selain itu ada juga agenda, tanya jawab, juga saran dari para pengguna Aplikai Prima. Karena Aplikasi Prima baru saja diluncurkan dalam versi orang tua tentuanya perllu pengembangan agar dapat membantu lebih banyak lagi dalam pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Menu dalam Aplikasi Prima


Dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), MPH, pada kesempatan peluncuran Aplikasi Prima terus menegaskan betapa penting 1000 hari awal kehidupan guna mencapai tumbuh kembang optimal dan masa depan yang cerah, karena masa depan anak Indonesia menjadi tanggung jawab bersama guna mewariskan generasi yang prima. Dr.Antonius Pudjiadi,Sp.A(K) juga menjelaskan secara detail bagaimana menggunakan Aplikasi Prima kepada blogger, awak media juga undangan yang hadir. Dr.Aman Bhakti Pulungan,Sp.A(K), juga meminta kesigapan para Ibu-ibu yang hadir yang sekaligus blogger untuk memberikan upaya maksimal agar menyebarlluarkan berita baik ini kepada para orang tua, juga memberikan berbagai masukan untuk membantu Aplikasi prima berkembang dengan maksimal.

(Dari kiri-kanan) Dr. Antonius Pudjiadi, Sp. A (K), Dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A (K) dan DR. Dr. Aman Pulungan Sp. A (K) pada peluncuran aplikasi digital PRIMA


Pada acara tersebut saya pun mengajukan pertanyakan, perihal ditemukannya tanda atau kecurigaan pada Abraham yang mengalami keterlambatan bicara dan sekarang berusia 3 tahun, saya menanyakan apakah ada skrining awal untuk orang tua bila dicurigai anak memerlukan penanganan khusus, apakah ada saran untuk konsultasi dan Dokter, dan apakah ada artikel untuk ABK juga grup untuk diskusi orang tua yang memiliki ABK. Karena Aplikasi Prima baru muncul tentunya pengembangan lengkap seperti yang diharapkan para orangtua akan berjalan dan ditingkatkan lagi seiring berjalannya waktu. Semoga dengan adanya pertanyaan dari saya akan muncul masukan baru dan akan lebih mudah dilihat melalui Aplikasi Prima, sehingga Aplikasi Prima menjadi pegangan wajib orang tua.

Keseluruhan acara berjalan dengan baik, dan lancar terlebih penyampaian yang begitu terbuka juga persuasif sehingga memudahkan para undangan dapat fokus menyimak, disediakan pula area playground yang nyaman sehingga orang tua juga dapat menyimak dengan baik. Tentunya Aplikasi Prima sudah ada di smartphone saya semoga para orang tua lainnya memanfaatkan sarana baik ini dan bisa lebih peka terhadap tumbuh kembang sang buah hati. Segera unduh Aplikasi Prima ya.






 

18 komentar:

  1. wah keren appnya, jadi penasaran. langsung download aaaahhh. Makasi infonya mamih babaaaam :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mama dian... semoga bermanfaat

      Hapus
  2. wah aplikasi yang bagus,..makasi share nya ya
    oiya mengenai speech delay, ada artikelnya di blog saya mbak..saya kasih link nya ya..moga bermanfaat\soalnya anak saya juga sempat divonis speech delay

    http://faziazen.blogspot.co.id/2016/06/anakku-dikira-bisu-karena-kecanduan.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku sudah baca juga, terima kasih sudah saling berbagi

      Hapus
  3. Aplikasi ini bisa membantu seklai untuk memantau perkembangan anak ya mba. NGgak perlu manual gitu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah lebih mudah ya saat era digital sekarang

      Hapus
  4. aku dah donlot mayan ya apalagi bhs indonesia..soale susah beneeerrr cari yang indonesia bahasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mak Echa, Indonesia juga sudah canggih yah hehe

      Hapus
  5. Wah referensi buat nantiboalau punya putraputri

    BalasHapus
  6. Infonya keren Mbak, tengkyu dan salam kenal ya :) kufollow ya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mba,, terima kasih banyak

      Hapus
  7. wah..bagus nih.. kita jadi tahu perkembangan anak... download ah..

    BalasHapus