Senin, 22 Agustus 2016

Bincang Santai MPR RI Tenyata Menginspirasi




Sesaat saya mengulang kembali masa SMA kala saya tampil di podium menjadi salah satu kandidat Majelis Permusyawarahan Kelas (MPK) di sekolah, disana bekumpul semua guru dan karyawan sekolah serta jajaran wakil pengurus kelas. Pemilihan MPK di sekolah menjadi hal penting saat itu bahkan saya lebih deg-degan dibandingkan saat UN hehehe. Memang MPK tak setenar Ketua Osis tetapi kita bermusyawarah dibelakang layar, melakukan negoisasi, dan kegiatan yang memang tidak melulu terpampang disekolah. Sebagai bagian perwakilan aspirasi siswa kala itu kami memiliki program yang menurut kami berhasil di torehkan, memperbanyak sub kegiatan ekstrakulikuler yang mampu bersaing dan menghasilkan piala tiap minggu pada angkatan kami.

Sekilas mengenai masa SMA saya, tentu nya berbeda donk dengan tugas besar yang dimiliki MPR RI, pasti lah jauh berbeda perwakilan seluruh Indonesia dengan satu sekolah, hehehe, pastilah bangga menjadi anggota MPR RI, dan menjadi salah satu undangan yang hadir pada saat Netizen Gathering yakni bincang santai, saya sangat senang sekali, bisa bersalaman dan foto bareng, ahayy. Apalagi kala itu obrolannya sangat ringan, dekat dan menepis anggapan saya bahwa kebayakan anggota MPR RI itu kaku, dan dominasi dengan karakter koleris.




Selain senang saya juga beruntung di undang oleh mba Mira Sahid menjadi tamu undangan blogger yang ternyata memang kekuatan netizen beberapa tahun ini cukup meningkat dan memberikan dampak pada era informasi digital. Kamis 11 Agustus lalu, berlokasi di salah satu kafe Senayan City Jakarta, hadir pula Ketua MPRI RI Bapak Zulkifli Hasan, dan Sekretaris Jenderal MPR RI Bapak Ma'ruf Cahyono membeberkan beberapa kegiatan yang akan dilangsungkan pada bulan Agustus ini,

Sidang Tahunan MPR RI (16 Agustus 2016)
           Sidang ini merupakan forum fasilitasi dari MPR untuk laporan kinerja lembaga negara yang disampaikan Presiden, Dalam sidang tahunan ini angenda tunggal adalah pidato Presiden RI Joko Widodo.

Pringatan Hari Konstitusi (18 Agustus 2016)
          Bersamaa dengan peringatan HAri Konstitusi selain ada pidato Presiden jugan akan diadakan Final Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar , para peserta dari seluruh Indonesia sudah berada di Jakarta. Diharapkan Hari Konstitusi memberikan kesadaran konstitusi kepada masyarakat.

Ulang Tahun MPR (29 Agustus 2016)
          Kegiatan akan di isi dengan MPR Berdzikir, tahun ini merupakan tahun pertama merayakan HUT MPR. Tentunya akan mengundang elemen masyarakat, juga Dai yang menyampaikan doa bersama, hendaknya kegiatan positif ini akan bermanfaat untuk bersama.

Kegiatan MPR RI merujuk pada sosialisasi 4 pilar bangsa yang dirasa sekarang mengalami penurunan pada generasi penerus. Pancasila, UUD45, NKRI & Bhineka Tunggal Ika, menjadi satu paket yang dapat menyatukan dan menguatkan Bangsa Indonesia. Kekuatan Juang para generasi muda sekarang semoga tidak terus memudar dan melupakan karakter Bangsa Indonesia.


Karya Mak Tanti yang super

Ada juga pembacaan puisi yang jujur membuat saya, terenyuh. Saya menjadi membayangkan konsep membuat karya tari yang terinspirasi dari puisi tersebut. Begitu bergetar hati saya saat mendengartiap  frase yang terucap. Walaupun dengan mimik datarsayatetap merasatertegun, lantas saat saya mengetahui tiap bait pusi  tersebuttercetak dalam majalah yang dibagikan, saya membacanya berulang kali, puluhan kali, hingga pikirn saya terusik. Apakah benar saya cinta dan bangga akan Indonesia?, akankan tiap peringatan 17 Agustus yang terlewati tiap tahunnya tidak ada artinya bagi saya?. Saat semua tertunduk hening memgingat jasa Pahlawan saat mengheningkan cipta saya diam, dan kembali dalam diam juga selalu terdiam. 

Mulai kembali saya membaca puisi dengan seksama, saya mulai merekan dengan iringan lagu dengan aplikasi smule di android dan kemudian wacana itu terbesit. Gambaran itu muncul begitu saja, seolah saya memiliki kuasa untuk membuat semua bayang menjadi hidup. Ingin Rasa nya puisi tersebut dapat mengena dan menyebar kebanyak orang, tiap kata demi kata yang bermakna dapat menjadi media seni yang membangkitkan nilai juang para generasi penerus akan cinta terhadap Tanah Air. Saya juga berharap agar para wakil  rakyat juga mengingat kembali tiap sumpah yang dikumandangkan dalam amanah rakyat.

Saya berkeinginan kesemua itu dapat terangkum dalam sebuah pertunjukan, sebuah karya yang tergabung dalam beberapa aspek seni, seni sastra, tari, dan musik. Kolabarasi yang memiliki titik klimaksjuga heterogen rasa tersaji diatas panggung. Saya kembali terinspirasi dan harus belajar kembali, mengingat kembali, bereksplorasi menyatukan hati, pikiran dan rassa untuk mencipta dalam satuan gerak utuh. semoga semangat itu terus datang dan mimpi saya terealisasikan.

Sangat senang bertemu dengan orang-orang positif yang menginspirasi, sungguh bincang santai kala itu sangat bermanfaat bagi saya.

Makin dekat dengan MPR RI melalui media sosial berikut

4 komentar:

  1. huwaaa seru ya mba, bloggers goes to MPR RI :D

    BalasHapus
  2. mendoakan, semoga para wakil rakyat amanah dalam menjalankan tugasnya. aamiin

    BalasHapus
  3. Tugas MPR memang berat namun smoga bisa menjalankan semakmsimal mungkin amanat yang diberikan ya mba ;)

    BalasHapus