Minggu, 15 Mei 2016

Playdate : Bermain dan belajar mewarnai bersama sikecil yang gemesin

#PlaydateStaedtler 

Sabtu pagi saya sudah menyiapkan rencana untuk mengajak Abraham  untuk menyambangi dan memperkenalkan dengan kegiatan "playdate" kebetulan kali ini kita akan mewarnai bersama.





Setelah saya sampai di lokasi acara, Twin House Jakarta ternyata konsepnya dibuat untuk lesehan diarea terbuka dan diatas rumput, seperti piknik di kebun. Konsepnya menarik dan pasti Abraham suka. Kami menggunakan perlengkapan dari Staedtler untuk menemani kegiatan hari ini. Ada pensil warna, spidol yang bisa dijadikan pilihan sebagai alat mewarnai. Media yang digunakan, Abraham bisa memilih sendiri, Babam memilih untuk mewarnai diatas kanvas. Kegiatan ini berisi mengenai manfaat mewarnai untuk anak juga semua peserta saling berbagi cerita mengenai aktivitas keseharian dirumah bersama anak agar bisa menciptakan permainan yang kreatif.


Langsung menjajal pensil warna Staedtler dalam #PlaydateStaedtler membuat Babam antusias di detik awal dimulainya acara, karena dekorasi yang sangat nyaman dan unik Babam mulai berkeliling dan mengeksplor keseluruhan yang dilihatnya, mulai dari Backdrop, menyambangi Mockup, mendekati speaker dan berlari untuk berkeliling karena wilayahnya sangat luas dan membuat Babam tertarik.

 
Saya tentu saja ikut kemanapun Babam berlari yang selalu aktif bergerak berkeliling. tak hanya mengikutinya saja, tetapi saya ikut berinteraksi disana, kebetulan ada balon, dan Babam langsung saja mengambil untuk mengajak saya melemparkan balon tersebut keudara, selain balon ada bendera dengan warna beragam, ketika saya bertanya agar ia dapat menunjukan warna yang sesuai ia mampu untuk mengambil bendera dengan warna yang dimaksud.

Selain itu saja memang berbagi cerita keseharian bersama Babam, yap yap yap karena ia anak yang mudah bosan dan aktif saya selalu mencari ide baru agar ia belajar fokus terhadap berbagai hal yang diminatinya, termasuk mewarnai menggunakan pensil warna ataupun cat air, kebetulan Babam sangat suka bila membubuhkan air dengan kuas pada gambar yang sudah ia baurkan dengan pensil warna.

Kak Danesya dari Productive Mamas juga Kak Ashtra Moderator dari Halo Ibu membagi cara agar si kecil dapat bermain dengan kegiatan  yang bermanfaat juga melatih motorik halus agar siap saat memegang pensil dan jemarinya sudah mulai kuat teratur untuk menggambaar ataupun menulis. Dengan berlatih sambil bermain sejak dini akan membabntu sikecil dan merangsang motorik halusnya agar lebih baik. Biasanya menggunakan permainan sensory play yang dibuat dari bahan-bahan yang mudah ditemukan dan aman tentunya untuk anak-anak.




Untuk Babam sendiri ia senang menggambar ditembok, karena mungkin menurutnya ia akan mendapatkan hasil yang lebih besar dan bangga akan master piece yang di goreskan pada tembok rumah, walaupun sudah berulang kali ia tetap saja suka mengambar dan mewarnai di tembok, dan agar daya kreatifitasnya tidak terhambat saya memperbolehkan ia menggambar ditembok. 



Oia dengan pensil Staedtler yang berbentuk segitiga, anak akan lebih mudah untuk memegangnya serta melatih kekuatan jarinya, untuk itu selain pensil untuk menulis dan menggambar Staedtler juga mengeluarkan pensil warna berbentuk segitiga, anak yang belum maksimal motorik halusnya akan terbantu dan bisa termotivasi untuk terus semangat mengambar, mewarnai dan menulis. Disana juga di jelaskan pensil warna Staedtler terdiri dari banyak warna dengan gradasi yang bisa diaplikasikan pada kanvas, kertas, tas kain, agar anak dapat beragam juga tidak bosan dalam mewarnai. Dijelaskan pula cara mewarnai yang benar serta menggoreskan pensil warna pada media yang diberikan, saya sangat antusias sekali meskipun Babam belum dapat fokus untuk tenang mewarnai. Saya sangat nyaman melihat banyak orangtua yang dengan telaten mengarahkan anaknya untuk dapat mewarnai, sungguh pemandangan yang membuat saya kagum banyak orangtua yang begitu dekat, dan sayang kepada anaknya.


Acara seperti ini sangat bermanfaat sekali, dari segi kreatifitas, meningkatkan bonding antara orang tua dan anak, mengenalkan anak untuk sosialisasi dengan banyak kawan, mengajarkan anak berbagai hal baru yang sangat bermanfaat untuk  masa depan cerah mereka. Bersama Staedtler acara kali ini begitu membuat saya mengerti dan terus melatih kesabaran sebagai orangtua agar dapat mendidik anak sesuai dengan kebutuhan dan porsi yang dibutuhkan ditambah dengan pengalman berbagai orangtua yang memberikan masukan positif juga dukungan untuk menjadi keluarga yang bahagia dan menikmati berbagai kegiatan bersama seluruh anggota keluarga.

36 komentar:

  1. Tempatnya memang nyaman banget ya Maaak, buktinya babam betah banget kan berlari kesana-kemari. Hihihihiii. Babam aku gemes banger sama kamuuuu. Mudah-mudahan kita segera ketemu lagi ya di acara selanjutnyaaaa :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeayyy... semoga y mba..suka aku liat anak2 mu Una and Rirqi...

      Hapus
  2. Asyiik babam melukis, sini belajar sama om dirumah :)

    BalasHapus
  3. Wah menarik dan seru sepertinya acaranya ya..

    BalasHapus
  4. Keren ya acaranya, Hana pas pulang langsung mewarnai dan menggambar lagi tuh. Dia excited banget XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh Hana pasti bahagia yahh...memang seru acranya

      Hapus
  5. Saya ketinggalan di bagian awal. Tapi memang menyenangkan acaranya, ya. Anak saya juga suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngeliat Nai serius ya mewarnainya

      Hapus
  6. Wkwkwk jadi inget waktu kecil suka banget mewarnai :D hihihih

    BalasHapus
  7. Asik ya acaranya, kapan ya ada di Bandung pengen ngajak io beserta ikutan acara fun tapi juga belajar kaya gini

    BalasHapus
  8. Jadi ingat anak2 masih kecil xixixi. Mas Babam cakep, ibunya rajin menstimulasi perkembangannya. Salam kenal yaaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba Donna...makasihh yah

      Hapus
  9. babam.. cakep n lucu.. banget..
    betul mak... jangan cegah anak untuk berkreatifitas... coret dinding rumah...?? mamahnya mesti sabar dulu..hi2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dinding sudah tak ada empat yg bisa ia jangkau lg mba.. hehehe..Iya setiap orang tua kesabarannya ciamik..huhu

      Hapus
  10. ini sih dpt dipastikan anak2 suka dan betah :)

    BalasHapus
  11. acaranya seru banget yah Mba :)
    kapan yah saya bisa ikutan acara seperti ini? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru mba.. semoga ada lagi..hehehe..bermanfaat bangt soalny

      Hapus
  12. Acara yg pasti seru buat anak-anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahh mak suka ngeliat mereka eksplorasi

      Hapus
  13. Aduh senangnya jika si kecil mau berkarya... Saya masih susah meminta anak2 bermain warna sejak kecil. Makasih bagi infonya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga mengalami kesulitan yang sama, semangatttt

      Hapus
  14. Anakku juga suka banget coret-coret di dinding, mba. Tapi coretnya hanya di dinding kamar aja, mba. Skarang, dia rajin banget mewarna dan mearnai. Setiap ada halaman kosong, dia mulai menggambar dan mewarnai. Hihiii
    Makasih infonya ya mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahhh mba, seru klo melihat anak byk aktifitasnya

      Hapus
  15. Yeeee, dedek Babam sudah bisa membedakan warna hehe
    Lanjutkan, Dek, menggambar di temboknya #eh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tembok nya udah full mba,hahaha

      Hapus
  16. hai Babam ganteng...suka ya gambar di tembok..
    puas kali ya klo ditembok mbak...
    tembok rumah bersih mah bukan rumah dengana nak2...hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyahhh, mak skrg udah penuh dan lg stop menggambar ditembok, ganti media nya hahay

      Hapus
  17. Balasan
    1. iyahh kaka, terima kasih semangatnya

      Hapus
  18. menyenangkan banget ya mak, playdate mewarnai dengan anak-anak. saya juga sukaa..

    BalasHapus