Selasa, 03 Mei 2016

Merambah International Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC) ke-10 mendunia


Bertepatan dengan Hari Kartini  21 April 2016 lalu, digelar serangkaian acaranya untuk menandakan peluncran  Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contes (IWIC) ke-10 . Saya hanya mengikuti pemberitahan dari tahun sebelumnya padahal IWIC ini, sudah terselenggara di tahun yang ke 10 dan di gawangi dari tahun 2006. IWIC merupakan kompetisi aplikasi mobile pertama di Indonesia yang bermanfaat sebagai wadah untuk ide cemerlang juga pelopor minat generasi muda di dunia digital.

Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC) memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan talenta di Indonesia juga menjadi pionir guna merambah aplikasi online digital yang terus digusung juga menuangkan berbagai ide baru sehingga dapat dinikmati dan diberdayakan manfaatnya karena penggunaan aplikasi ini sedang ramai peminatnya.   Khusus untuk tahun 2016 ini di selenggarakan hal baru yang berbeda dari tahun sebelumnya, di tahun ke 10 ini IWIC Go Global mengambil tema #ChangeTheWorld yaitu pesertanya tidak hanya dicari dari Indonesia saja namunjuga merambah hingga ke luar negeri. Dengan dibuka kesempatan bersaing dengan pencipta juga para kreator dari mancanegara ini juga menunjukan bahwa Indonesia tidak hanya sebagai negara pengguna namun juga pembuat aplikasi mobile yang siap dan mampu sebagai kompetior di dunia Internasional.



IWIC sudah berjalan selama 10 th pada tahun 2006 peserta IWIC hanya 100 orang saja namun dengan berjalanya waktu tahun demi tahun peserta IWIC semakin bertambah .Kehadiran selama satu dekade secara konsisten dengan total  lebih dari 7000 ide dan aplikasi mobile yang inovatif. Pada saat launching IWIC ke 10th hadir juga Presiden Director & CEO , Alexander Rusli mengatakan bahwa "Indosat Ooredoo berkomitmen menjadi operator telekomunikasi terdepan di Indonesia dan bermanfaat bagi masyarakat".

Melalui IWIC,Indosat Ooredoo ingin mengajak pemuda Indonesia dan pemuda belahan dunia lainya untuk menciptakan ide dan aplikasi agar Indonesia bahkan dunia yang lebih baik.
Seperti yang kita ketahui saat ini teknologi berperan penting di berbagai bidang dan masyarakat dituntut untuk terus mengkuti kemajuannya agar tidak  menjadi masyaraat yang gagap teknologi

Kenyataan dilapangan ternyata pemuda Indonesia itu sangat banyak yang memiliki ide cemerlang di bidang teknologi. Kemarin juga di hadirkan seorang pemuda pemenang IWIC tahun 2008 , ia berbagi pengalamannya saat mengikui kegiatan IWIC. Aplikasi yang ia ciptakan saat ini sudah mencapai lebih dari 15ribu pengguna. Bicara soal reward, dengan mengikuti kegiatan ini, pemenang akan mendapatkan, smartphone, uang tunai, juga beasiswa guna meningkatkan semua idenya tersebut. Semua peserta yang diadu juga akan bertukar pengalaman, menjajal kemampuannya juga memiliki ilmu, dan kesempatan baru untuk menuangkan kreasi mutakhirnya dalam dunia teknologi digital.


Kategori yang dikelompokkan amat beragam jadi bisa menelusuri sampai kepelosok juga tingkat usia, dan keilmuan, IWIC ada berbagai kategori salah satunya Special categori for Women and Girl ,Disable Category .Indosat Ooredoo menghadirkan dunia digital bagi semua , tidak terkecuali masyarakat yang berkebutuhan khusus. Yang menarik ada juga kids,teens,University student and public,serta Developers Category yang dapat diikuti oleh peserta sesuai jenjang usia.Seluruh kategori akan berkompetisi untuk ide dan aplikasi di bidang communication, lifestyle & education,multimedia & games, Utility (tools,security ,ideas/apps for disable,tourism dan social innovation. Peserta dapat membuat ide dan aplikasi untuk diaplikasikan di aistem android ,apole,symbian,blackberry dan windows phone. 

Bila ada jalan yang dapat dilalui untuk pemuda Indonesia merambah dunia international bukan sesuatu hal yang mustahil Indonesia akan mendunia, dalam bidang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar