Sabtu, 05 Maret 2016

Cara Membangun Kebiasan Baik melalui Sarapan Sempurna

Bersama para Ibu yang mulai berkomitmen untuk menyajikan sarapan sempurna
Mengawali bulan Maret 2016 banyak hal baru yang menanti keluarga saya untuk menorehkan aktifitas bersama, yaitu sarapan sempurna bersama anggota keluarga, yang jarang saya lakukan sehingga saya baru tersadar hal tersebut merupakan kesalahan yang harus kami perbaiki untuk diubah. Beruntung saya menghadiri bagaimana cara menyajikan menu sarapan sempurna yang tidak hanya sehat, tetapi tentunya bermanfaat untuk memulai hari mnjadi lebih semangat, dengan sarapan sempurna akan menjadi bekal semangat pagimu untuk menjajal setiap aktifitas sepanjang hari.

Kegiatan kami saat srapan sempurna di pagi hari
Pada kesempatan baik, Dr Samuel Oetoro, MS, SpGK membagikan agar keluarga dapat menyuguhkan kombinasi makanan yang seimbang untuk dikonsumsi pagi hari, juga kita belajar menyadari kandungan pada setiap makanan yang diolah, ditambah selalu perhatikan setiap asupan yang di proses dalam tubuh. Sarapan smpurna diperlu kan tubuh karena dalam fakta yang megejutkan temuan mengenai kebiasaan sarapan anak Indonesia yang disampaikan Southeast Asian Nutition Survey (SEANUTS), mengadakan studi multisenter digusung oleh FrieslandCampina meneliti 4 negara salah satunya Indonesia yang bekerja sama dengan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), merangkan bahwa "hanya 1 dari 10 anak Indonesia usia 2-12 tahun yang mempunyai kuantitas sarapan yang cukup dengan kualitas yang baik" . Isu minimnya kuantitas dan kualitas sarapan masyarakat Indonesia menginspirasi Frisian Flag untuk menggelar kampanyale "Bulan Sarapan Sempurna".

Frisian Flag membagikan inspirasi sarapan sempurna yang lezat dan dapat diikuti dengan mudah serta terdapat panduan, untuk menyusun kebutuhan energi setiap harinya melalui sarapan sempurna. sesorang dewasa setiap harinya memerlukan 2100-2500 asupan kalori, sarapan sempurna juga ideal sebaiknya mampu memberikan 25% - 30% dari kebutuhan harian seseorang. Asupan yang yang dibutuhkan tentu harus memiliki kombinasi di setiap makanan yang berupa karbohidrat, serat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Contoh kombinasi sarapan sempurna bisa berupa 2 potong roti tawar/gandum (175 cal), 1 butir telur (95),dengan irisan tomat(20cal), 1 buah apel (80cal), dilengkapi satu gelas susu kental manis Frisian Flag (130cal) akan memenuhi standar gizi sarapan sempurna untuk menunjang aktifitas serta menjadi bekal semangat pagimu.

Abraham mulai menikmati Sarapan Sempurna bersama keluarga
Mudah bukan untuk menjadikan sarapan sempurna yang memiliki kandungan energi juga giizi yang baik. Jadi mulai sekarang saya bisa berkomitmen untuk memberikan asupan yang lengkap untuk keluarga, karena setiap hari suami bekerja dengan perjalanan yang ditempuh sekitar 30km mengendarai sepeda motor, berjumpa dengan macet dan disapa dengan debu serta polusi, tentunya membutuhkan energi yang sehat untuk membuat setiap perjalanan menjadi penuh semangat serta saat bekerja dikantor tetap berkonsenterasi dengan baik. Selain suami juga ada buah hati saya yaitu Abraham menginjak usia 3 tahun bulan maret ini yang sedang memiliki tingkat aktifitas yang tinggi. guna memenuhi gizi dan nutrisinya tentu di imbangi dengan sarapan sempurna setiap pagi hari ikut menkmati bersama kami sekeluarga. Karena Abraham sangat aktif bergerak juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan bereksplorasi dengan lingkungan sekitar, terlebih saat musim hujan seperti bulan ini ia sangat gemar untuk bermain mandi hujan, bila tidakdi lengkapi dayatahan tubuh yang baik, salah satu nya dari asupan gizi makanan yang lengkap, Abraham akan mudah jatuh sakit. Karena saya tidak mau menghalangi masa emas untuk ia eksplorasi saya hanya memfasilitasi kebutuhan untuk menunjang kegiatannya, salah satunya dari sarapan sempurna.

Kombinasi sarapan sempurna mencakup kebutuhan pagi hari
Saat menggelar kampanye bulan sarapan sempurna, Frisian Flag juga membagikan tips mengenai membangun kualitas suasana pada saat sarapan dipagi hari. Psikolog Keluarga Roslina Verauli, MPsi. Psi mengemukakan "Kebersamaan keluarga adalah sumber kekuatan anggotanya. Kegiatan di pagi hari merupakan awal aktifitas sepanjang hari, ditengah kehidupan yang sangat sibuk, Ayah bekerja, Ibu menyiapkan segala keperluan, ada  juga Ibu bekerja yang selalu aktif, serta kegiatan buah hati yang tidak kalah padatnya. Saat pagi hari dapat menjadi pilihan untuk melakukan kegiatan bonding bersama seluruh anggota keluarga, dapat melakukan obrol singkat yang berkualitas, saling berbagi rencana kegiatan sepanjang hari, juga membahas rangkuman aktifitas sebelumnya. Menyiapkan sarapan yang sempurna dapat memastikan anak juga suami ataupun anggota keluarga yang lain, memenuhi kebutuhan kualitas dan kuantitas sarapan dipagi hari, diselingi berbagai obrolan yang menghangatkan suasana dan membangun ikatan antar keluarga semakin dekat.

Di sampaikan pula dengan simulasi nyata bersama para hadirin yang datang pada saat acara sosialisasi bulan sarapan sempurna yang begitu menggertak hati saya. dicontohkan perasaan anak yang tertekan, terintimidasi bila menghadapi makanan di depan matanya,saya mengingat seperti Abraham yang langsung saja menolak tanpa saya mengerti alasannya, mungkin ia merasa di tuntut seorang diri untuk menghabiskan makanan tanpa dibangun suasana yang ceria, tanpa ditemani, tanpa di dampingi, tanpa adanya keterikatan juga tanpa adanya kebersamaan, karena jujur saja memang kebiasan sarapan dipagi hari menjadi hal yang sering terlewatkan. Saya menyadari Abraham menjadi tertekan, merasa terpaksa untuk menghabiskan makanannya, serta melupakan arti kata syukur. Karena masalah tersebut pula saya terinspirasi untuk membangun kegiatan sarapan sempurna dipagi hari bersama seluruh keluarga. Setelah dicoba selama 7 hari ternyata Abraham mulai terbiasa bangun lebih awal dari sebelumnya, selalu ceria, juga mulai mandiri untuk makan dengan sikap yang baik serta yang saya sangat terkejut adalah ia bisa membantu saya untuk membuat segelas susu kental manis Fisian Flag. Itu merupakan poin bonus untuk saya yang merasakan begitu kuat dampak positif sarapan sempurna dipagi hari bersama keluarga. Hanya tentu perlu adanya komitmen untuk membangun "ritual" secara rutin tanpa terlewat. Bila ada salah satu keluarga yang tidak ada dirumah atau berada di tempat lain, saya juga mengusahakan agar saling berkomunikasi melalui telepon untuk bisa memastikan anggota keluarga sudah mendapati sarapan sempurna.

Abraham saat membantu menyiapkan segelas Susu Kental Manis Frisian Flag
Bulan maret merupakan bulan istimewa untuk keluarga kecil kami, selain ada moment indah pernikahan kami, juga menjadi hadiah kami saat Abraham lahir didunia. 17 maret merupakan moment pernikahan kami yang akan menjadi tahun ke 4 bulan ini, dan 18 maret adalah hari Abraham menjadi hadiah indah kami dan menginjak usia 3 tahun. Kampanye Bulan Sarapan Sempurna jga di gelar pada bulan maret mulai tanggal 1-31 Maret 2016. Kampanye positif yang berdampak baik pada keluarga saya, juga mengajak masyarakat untuk membiasakan sarapan sempurna guna menunjang aktifitasnya serta meningkatkan ikatan hubungan keluarga menjadi lebih hangat. Dilengkapi dengan segelas Susu Kental Manis frisian Flag tentunya asupan sempurna dan bernutrisi jadi lebih mudah untuk didapatkan. Susu Kental Manis Frisian Flag mengandung 9 vitamin dan 5 mineral yang melengkapi berbagai variasi menu sarapan sempurna dirumah anda. Sudah lebih dari 93 tahun Susu Knetal Manis Frisian Flag dipilih dan dipercaya seluruh keluarga Indonesia dan secara turun temurun tiap generasi. Dikesempatan yang baik pula Bulan Sarapan Sempurna akan memberikan informasi menarik, tips, serangkaian variasi, juga yang paling ditunggu yaitu hadiah menarik berupa voucher belanja tiap harinya, 7 set meja makan tiap minggunya serta hadiah utama mengajak 3 keluarga Indonesia untuk merasakan sensasi sarapan sempurna tak terlupakan di tempat yang tak terbayangkan. Para keluarga di Indonesia hanya cukup berbagi moment sarapan sempurna dan dapat bergabung di facebook Frisian Flag Indonesia Twitter Susu Frisian Flag juga instagram Susu Frisian Flag . Jangan lupa agar bisa bergabung membuat diary yang akan mengejutkan anda jjika beruntung menjadi pemenang harian, mingguan, bahkan hadiah utama, bisa langsung bagikan momen anda di bulan sarapan sempurna jangan lupa untuk selalu meyertakan tagar #sarapansempurna. Selamat berbagi dan selamat untuk merasakan kejutan sensasi dampak positif sarapan sempurna bersama keluarga.

Diary saya di bulan sarapan sempurna


12 komentar:

  1. Mari semangat menyajikan sarapan sempurna untuk keluarga kita ya Maaaaak. Salam juga untuk Babam, Mak.. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangatttt... salamm cium dari Babam

      Hapus
  2. Balasan
    1. terima kasih mak..harus byk belajar nih dari yang lain :D

      Hapus
  3. Wah bulan sarapan sempurna juga bulan istemewa ya mak.. Sama kayak aku dan suami hehehe... Happy anniversary mak... Happy birthday Abraham...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hoo oohh istimewahhh... Alhamdulillah..makasihhh mak ucapannya..

      Hapus
  4. bagus banget fotonya yaaa ^^ senang lihat Abraham bikin susu sendiri!

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mak tantii..yeay dapet pocer..hehehe

      Hapus
  5. Jadi makin semangat sarapan

    BalasHapus