Rabu, 02 Maret 2016

Belajar Menyenangkan dengan Program Baby Can Read tahap 1

Pertengahan bulan Januari merupakan tahap baru bagi Abraham untuk belajar menyenangkan dengan Program Baby Can Read (klik disini). Saya tidak menuntut dan memaksa Abraham dalam melakukan proses pembelajaran ini, karena besar harapan saya untuk menghadiahkan Abraham pengalaman akan belajar yang penuh dengan keceriaan. Mengawali dengan belajar Tahap 1 di bulan pertama dengan kemasan berwarna biru. Di dalamnya terdapat kata juga gambar yng nyata dan dapat dikenali serta dipahami baik oleh Abraham.


Pembelajaran Tahap 1 warna biru

jam 8 pagi saya memulai aktifitas kegiatan bersama Abraham dengan bermain juga bernyanyi. Setelah selesai saya mengajak Abraham untuk dapat menempati kursi yang ada. Bisa duduk manis di kursi?? bisa tentunya dalam durasi waktu kurang dari 10 detik. Hhaaahh... Bagaimana saya mau memberikan stimulasi kepada Abraham jika ia tidak bisa duduk dengan tenang?? saya masih terus belajar cara pendekatan yang tepat untuk Abraham, yang memang sangat aktif bergerak, belum paham akan duduk diam, selalu memiliki energi untuk bergerak, menelurusi isi rumah serta mencari benda yang bisa ia jadikan permainan, karena terus terang ia cenderung mudah bosan dengan mainan nya. Awalnya sulit sekali, kemudian saya mencoba memberikan makanan ringan yang ia suka, lalu saya kembali memintanya untuk duduk dengan baik di kursinya. Setelah ia melihat buku yang saya pegang, ternyata ia mulai tertarik dan mau memperhatikan saya.

Saya mencoba menggunakan Sliding Card dan yap, ia memperhatikan saya walaupun sesekali melihat kearah lain, saya mencoba menarik perhatiannya dengan ekspresi maksimal menirukan gambar yang ada juga tak lupa menerapkan tips yang ada di buku panduan dan dvd yang lengkap tersedia.

Sampai hari ketujuh saya mengulang kembali tahap 1 dengan kecenderungan Abraham yang belum bisa memiliki durasi yang aman untuk duduk diam. Saya juga berganti dengan menggunakan dvd, dan ia mulai mau menirukan gerakan yang muncul, serta menunjuk apa yang disebutkan, walaupun belum bisa mengucapkan kata tersebut. Dengan jari sesuai dengan petunjuk penggunaannya saya mengulang kembali kata per kata pada tahap pertama, berganti dengan buku, kartu juga dvd.

Di minggu berikutnya Abraham sudah mulai paham tiap kata, dan mau untuk memperhatikan dengan durasi yang lebih lama, sesekali ia mengambil kartu atau buku yang saya pegang, juga menirukan saya menunjuk dengan jari kecilnya untuk berganti mengajarkan saya. Wah seru sekali ternyata ikut terlibat belajar bersama Abraham dengan harapan ia mau memulai mengucapkan kata demi kata.

Abraham mulai tertarik dengan Program Baby Can Read


Walaupun sangat aktif, dan suka berlarian saat belajar saya menganggapnya itu cara Abraham untuk bereksplorasi, toh saya tidak memaksa nya dan tidak mengkotak - kotakan pemikirannya seperti apa yang saya mau, saya hanya ingin mendengar kata mulai keluar dengan jelas dari mulut mungilnya.

Abraham peka dengan kata

Setelah hampir 4 minggu sayang memberikan proses pembelajaran dengan program Baby Can Read, Abraham mulai terpancing untuk menyebutkan kata, yaitu : eyes dan hi. Akhhh Sungguh saya sangat bahagia di usia 2 tahun menjelang 3 tahun ia mengeluarkan kata eyes dan hi. Sekarang ia sangat sering menyapa setiap orang yang ia lewati atau yang ia kenal dengan kata Hiiiiiii... sambil mengoyangkan tangan kearah wajah yang ia temui tersebut. Besar harapan saya untuk memberikan pendidikan yang sesuai dengan karakter Abraham, berjibaku dengan berbagai pendekatan, berdiskuai sesama Ibu yang mengalami pengalaman yang sama memiliki anak yang terlambat bicara membuat saya semakin semangat juga termotivasi sehingga dampaknya akan terlihat juga pada Abraham. Sekarang mulai peka bila ia melihat dan bertemu dengan huruf, walaupun saya perlahan memberikan pengertian kepada Abraham untuk bisa mulai mengkontrol aktifitas geraknya.

Sungguh luar biasa bahagia jika anak yang kita sayangi memperlihatkan peningkatan kemampuannya, sekecil apapun kemajuan yang diperlihatkan Abraham memberikan kejutan yang menarik bagi saya, juga saya bisa lebih tertantang untuk mendalami dam memperlajari karakter Abraham dan bagaimana cara mendidiknya dengan langkah yang tepat. Dengan ada nya program Baby Can Read membuat Abraham lebih senang untuk berinteraksi, mempelajari tiap kata baru, juga mengasah kemampuan verbalnya untuk menunjukkan kemajuan yang baik.
Abraham mulai mau mengikuti intruksi dan mengenal anggota tubuh.

8 komentar:

  1. Abraham yaampun gemes mba... Belajar menyenangkan kadang suka kelupaan yaaah. Pasti seneng banget klo ada peningkatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah senang banget klo ada kemajuan mba..hehehe..happy emaknya

      Hapus
  2. Ayo semangat belajar terus Babam!
    Kayanya babam bakat jadi model ya Mak, photogenic banget soalnyaaaahhh. Babam aku ngefaaannns. Hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.makasihh mak, klo dipoto masih kabur-kaburan, nyoba jalan catlwalk guling guling mak,...mgkin nunggu anaknya mau sendiri n paham ..hahahaha...muakasiihh yah

      Hapus
  3. coba dari dulu tau beginian, pasti anak-anak maju banget dan cerdas seperti Babam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... terima kasih mak Tanti... Babam jadi senang

      Hapus
  4. Gantengnya Abraham. Semoga makin cerdas ya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ammiin..aaamiin..makasih mak Leyla, yuk belajar bareng-bareng hehe

      Hapus