Senin, 01 Februari 2016

Miao Mi Pelopor Hiburan dan Edukasi Anak Belajar Bahasa Mandarin

Saluran Anak Miao Mi untuk Anak Indonesia

Abraham suka menyaksikan program Miao Mi
Siapa yang dirumah buah hatinya menonton film kartun?? mungkin sebagian besar keluarga di Indonesia memberikan hiburan kepada anak untuk menonton televisi. Tayangan dan isi dari sajinnya juga harus di saring kembali loh oleh orang tua, agar dipastikan benar-benar ditujukan untuk anak dengan usia tertentu. Karena banyak film kartun yang membubuhkan adegan yang tidak baik untuk anak dalam masa perkembangannya, juga harus diperhatikan lagi dalam penggunaan bahasa yang baik, dalam mewaspadai hal tersebut hendaknya orang tua bisa mendampingi saat anak menyaksikan tayangan di televisi.

Demi menjawab kegelisahan para orang tua di Indonesia kini Celetial Tiger  Entertaiment (CTE) operator saluran televisi Asia terbesar dan PT MNC Sky Vision, mengumumkan peluncuran Saluran anak-anak Mandarin dari CTE yaitu Miao Mi. Sajiannya merupakan bentuk edukasi Bahasa Mandarin untuk anak yang dilengkapi hiburan juga berbagai pesan moral yang positif serta baik untuk menjadi pembelajaran bagi anak. Miao Mi merupakan pelopor tayangan untuk mempelajari Bahasa Mandari bagi anak, serta para orang tua yang mendampingi bisa ikut belajar Bahasa Mandarin. Executive Vice President, TV Networks, CTE Ofanny Choi mengatakan bahwa "Kami sangat senang atas peluncuran Miao Mi di Indonesia dengan PT MNC Sky Vision". Saluran Miao Mi akan berdampak dalam mendorong anak-anak untuk belajar Bahasa Mandarin. Yudha Wibawa, Deputy CEO, PT MNC Skyvision, Tbk menyambut gembira dengan kehadiran saluran Miao Mi, dengan harapan anak-anak Indonesia dapat belajar Bahasa Mandarin dengan cara yang menyenangkan dan menghibur.

Ibu Ofanny dan Bapak Yudha bersama anak-anak meyaksikan saluran Miao Mi
Mengapa harus belajar Bahasa Mandarin?? tentunya Bahasa Mandarin merupakan pilihan tepat untuk dipelajari setelah anak paham dengan kemampun bahasa di negara ia tinggal (Indonesia), serta bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Bangsa China merupakan penduduk yang terbesar, tak hanya di negaranya tetapi menyebar luar ke seluruh belahan dunia termasuk Indonesia sendiri. Kondisi ekonomi nya berkembang pesat dan bisnis yang dijalankan sudah bercabang di segala bidang. Bila kita melihat banyak sekali barang yang dipakai produk hasil buatan China, sehingga beberapa tahun kedepan industri dan perekonomian akan bisa menyaingi negara adi daya Amerika Serikat. Lantas agar nantinya anak-anak bisa bersaing juga banyak belajar serta berhubungan dengan orang-orang dari negara China, sudah sepantasnya anak-anak diperkenalkan dengan Bahasa Mandarin sejak dini agar ketika dewasa sudah terbiasa juga bisa mempelajari dengan lebih mudah.
Mengapa mulai dari usia dini, ?? karena di masa emas anak, mereka lebih mudah menyerap semua pembelajaran yang di berikan, terlebih jika pndekatan belajar anak dengan cara yang menyenangkan dan membuat anak ceria. Bahasa Mandarin juga merupakan bahasa yang kompleks, dan disinyalir butuh waktu yang lama agar paham akan pelafalan, tulisan, juga arti dari Bahasa Mandarin tersebut.

Abraham menirukan gerak dan lagu dalam saluran Miao Mi

Untuk itu Miao Mi hadir di tengah keluarga Indonesia agar tak hanya anak saja yang belajar, tetapi ketika orang tua mendampingi anak menonton Miao Mi, bisa ikut belajar juga berinteraksi bersama anak, wah seru donk. Tayangan Miao Mi pun beragam juga di sesuaikan dengan tahapan usia anak. Tayangan yang di hadirkan juga mencerminkan budaya Asia dengan prilaku yang santun, menghormati orang tua, belajar berbagi kepada sesama, juga mencintai hewan dan lingkungan. Karakter yang dibentuk akan memberikan hal positif yang dapat ditiru oleh anak untuk selalu berbuat kebaikan juga hidup dalam kasih sayang dalam keceriaan.
Melissa Karim bersama Jazz
Selain ada Karakter yang menarik, pesan moral yang bermanfaat, Miao Mi juga memberikan sajian anak untuk berinteraksi dalam gerak dan lagu, juga mempelajari Bahasa Mandarin dimulai dari hal yang sederhana, seperti anggota tubuh, kata salam dan sapaan, nama benda, juga nama buah yang nanti akan bisa dipelajari dengan menyenangkan bersama seluruh keluarga. Hadir pula artis serba bisa Melisa Karim yang membagi tips dalam memilih tayangan untuk buah hatinya yaitu Jazz. Karena Melisa Karim tidak memiliki baby sitter, saat ia tidak bisa mendampingi anaknya dirumah, ia menitipkan Jazz bersama Oma nya dan berpesan untuk selalu memberikan tayangan hiburan yang memiliki edukasi bagi anak yaitu Miao Mi.

Program acara yang ditayangan untuk anak usia 3 sampai 6 tahun yang terbagi dalam beberapa program acara. Seperti Star Babbies merupakan serial animasi pemenang penghargaan, di produksi khusus untuk anak usia prasekolah, Bellbug Popo merupakan animasi yang lucu mengajarkan anak untuk mencintai lingkungan. Karakter yang berjuang untuk melindungi planet dari perkelahian dapat di temukan dalam program Happy Friends, ada juga Pleasant Goat & Big Big Wolf menceritakan komunitas lucu dri domba dan srigala, ada juga program yang merupakan favorit anak saya Abraham yaitu Secret Y, yang memiliki rasa ingin tahu yang besar juga mengenalkan anak terhadap berbagai ilmu pengetahuan secara interaktif  dan program Rubi yang menceritakan berbagai petualangan dalam perjalanan untuk bereksplorasi dengan alam, wahh cocok sekali tayangannya untuk disuguhkan dan sangat bermanfaat untuk saya dan Abraham, seluruh program sudah disulihsuarakan dalam Bahasa Indonesia yang baik. Bersama dengan Abraham saya juga bisa belajar Basaha Mandarin dalam Miao Mi Classroom yang tayang setiap 20 menit menghadirkan gerak dan lagu sederhana berbahasa Mandarin juga mengenalkan kata sederhana dalam Bahasa Mandarin, melalui flash card menarik.


Abraham menunjuk "kepala" belajar Bahasa Mandari dalam program Mini Classroom
Berbagai program yang menghibur dan bermanfaat tadi sudah menjawab kebutuhan akan tayangan untuk anak yang eukatif, berisi pesan positf, interaktif juga memberikan ilmu baru bagi keluarga dalam memberikan pendidikan serta belajar Bahasa Mandarin. Salah satu cara saya dalam mendampingi si kecil menyaksikan Miao Mi dengan mengajaknya berinteraksi dan bertanya kepada si kecil kata apa yang sudah ia dapatkan, bercerita kembali dengan si kecil akan menambah bonding saya dengan Abraham, juga memberikan ide untuk saya memberikan kegiatan yang baik untuk Abraham. Dalam keseluruhan saluran Miao Mi sudah dirancang agar anak terstimulasi dalam mengembangkan berbagai aspek kemampuan, yaitu kognitif, budaya & nilai Asia, motorik, berbahasa, sosialisasi , juga belajar nilai kehidupan. Miao Mi sudah dapat dinikmati keluarga Indonesia di Indovision (Ch. 38), Okevision (Ch. 66), dan Play Media (Ch. 38)

6 komentar:

  1. Hi Babam...udah bisa Mandarinnya? :D

    BalasHapus
  2. tontonannya Miao Mi sekarang, Mamih nya dulu sekalian belajar..hahahaha

    BalasHapus
  3. Keereennn ih babammm klo tante amel cuma tau wo ai ni aja #ehh haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moduss itu mah.. #eaaa #eaaa...
      hahaha

      Hapus
  4. Lucu banget sih Mbak anaknya :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin..
      hehe makasihh mba.. Mamihnya lucu juga koq

      Hapus