Senin, 28 September 2015

Bermain Seru Bersama Pasir

Bocah laki-laki dengan badan nan altletis itu, panggil saja Babam, yang memiliki nama lengkap Abraham Satya Nabhan. sekarang mulai memasuki usia 2 tahnu sedang masa senang berekplorasi dan memilikirasa ingin tahu yang besar, sampai saya pun terkadang kehabisan ide untuk menyalurkan diri nya yang sungguh benar adanya aktif. Sebelum genap usia 1 tahun memang ia sudah mulai berjalan secara bertahap, dan ketika masa pembelajaran berjalan tersebut saya sempat membawanya untuk merasakan berbagai tekstur supaya kakinya terstimulus untuk mulai berjalan. Selain berjalan tanpa alass kaki dirumput hijau, di bebatuan halus, jalanan beraspal, serta laintai keramik dirumah, saya mencoba membawa nya ke pantai untuk mengenalkan tesktur pasir, terkadang saya juga mengaplikasikan sisir halus juga sedikir kasar untuk merangsang kaki nya berjalan.

Ternyata saat melihat, menggenggam, merasakan, sera menapakkan kakinya ke dalam pasir ia sangat antusia sekali. ia menghentakkan kakinya ke pasir, berlari kecil ditempat dengnan perlahan, serta mulai melangkah beberapa jejak mungil pun terbentuk dan ia sangan terheran-heran melihat tanda pijakkan kakinya. Akhirnya saya sering membawa babam untuk bermain pasir, karena setelah saya amati dapat membantu untuk menstimulus psikimotor, kognitif, juga sosialnya. Bermain pasir beruntungnya sekarang ini tak hanya tersedia dipantai saja, tetapi ada di beberapa tempat. setelah berkalikali bermain pasir bersama terlihatlah beberapa kemampuan yang ia dapati seiring bermain pasir secara rutin juga bersemangat, karena bermain sambil belajar salah satu metode ampuh untuk meningkatkan kemampuan, tumbuh kembang, sertaide kreatifnya.

Melatih psikomotor halus dan kasar, seperti latihan fisik untuk si kecil, karena kegiatan bermain pasir juga melatih keterampilan tangan untuk memindahkan pasir, melatih otot-otot dalam membawa atau mengangkat pasir, juga merangsang jari jemarinya untuk aktif meraba, merasakan pada saat membentuk benda-benda atau hewan dengan menggunakan pasir. selain itu si kecil juga menambah pengetahuan bahasa, dari dialog yang kita lakukan berdua, mengenal berbagai bentuk, menambah osa kata pasir, halus, kasar, butir dan sebagainya,  karena saya terus mengajak si kecil berbicara untuk mengembangkan kemampuan bahasanya. juga Babam bisa meningkatkan kemampuan berfikir atau kognitif membedakan pasir yang basah dan kering jika diberi air , atau mengenalkan adanya hukum gravitasi bila melakukan perpindahan pasir dari tempat tinngi ke tempat remdah. dalam hal kemampuan bekerja sama serta berbagi Babam juga semain paham dan mengerti untuk bermain bersama, tidak egois, karena di tempat umum tentunya banyak anakanak yang ikut bereksplorasi dan bermain dengan pasir tersebut.

Karena keterbatasan waktu untuk mengefisienkan dana saya memindahkan area bermain pasir untuk Babam, yapp karena bermain pasir tidak hanya bisa dilakukan di Pantai saja, beberapa kali saya mengunnjungi Mall dan pusat permainan anak yang tersedia permainan pasir nya. Seperti di Summarecon Mall Serpong, waktu ada event di Central Park Mall, juga di Jungle Land, Bogor. Selain itu saya juga memebeli beberapa perlengkapan bermain pasir, juga pasir itu sendiri yang sekarang tersedia dengan kualitias baik dan penuh warna di ELC. wahhh jadi si kecil tidak perlu jauh-jauh lagi untuk menupahkan keinginannya dan bereksplorasi dengan pasir. Sesekali di Sekolah juga diadakan kegiatan bermain pasir, memindahkan pasir dari satu tempat ketempat lain, membuat istana pasir ataupun jembatan yang dialiri air. waaww membayangkannya saja sudah seru apalagi kalau lanngsung diparaktekkan dengan si kecil yang sekaligus dapat meningkatkan bonding anata orang tua dan anak. selamatt bermainnnn!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar